√ 32 Pengertian Dividen Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 32 Pengertian Dividen Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda. Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Dividen. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 32 Pengertian Dividen Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 32 Pengertian Dividen Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Dividen Menurut Para Ahli

 

Secara Umum, Dividen merupakan sebuah pembagian laba dari suatu perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham sesuai dengan persentase kepemilikannya (besarnya saham yang dimiliki para pemegang saham).

 

1. Paul D. Kimmel, Jerry J. Weygandt, dan Donald E. Kieso

Dividen ialah suatu kegiatan distribusi yang dapat dilakukan perusahaan kepada para pemegang saham secara proporsional sesuai kepemilikan saham.

Dengan kata lain, para investor ini hanya menerima laba sesuai dengan persentase investasinya pada perusahaan tersebut.

 

2. Baridwan

Dividen merupakan salah satu bagian dari laba yang dapat dibagikan kepada para pemegang saham yang besarnya sesuai dengan jumlah lembar saham yang sudah dimiliki oleh para pemegang saham tersebut.

Besar dividen yang didapatkan oleh para pemegang saham bisa mengalami perubahan dari tahun sebelum, sesuai dengan besar laba di tahun berikutnya.

 

3. Scott Besley dan Eugene F. Brigham

Dividen yaitu sebuah pembagian uang tunai yang dapat dilakukan oleh para pemegang saham atas keuntungan perusahaan, baik itu laba yang didapatkan dari suatu periode yang sedang berjalan ataupun laba dari periode sebelumnya.

 

4. Jamie Pratt

Dividen yakni sebuah kegiatan distribusi uang tunai, properti, atau saham kepada para pemegang saham sebuah perusahaan.

Dividen ini juga dapat dinyatakan oleh resolusi resmi dari dewan direksi korporasi setiap triwulan, dan besarnya diumumkan berdasarkan basis per lembar saham.

 

5. Nikiforos K. Laopodis

Dividen ialah suatu kegiatan dalam pembayaran tunai yang dapat dilakukan oleh perseroan kepada para pemegang saham. Dividen tersebut juga dapat merepresentasikan para pemegang saham terhadap penerimaan langsung atau tak langsung atas suatu investasi mereka di perusahaan.

 

6. Tangkilisan dan Hassel

Dividen yakni suatu bagian dari keuntungan atau laba bersih yang kemudian dapat dibagikan kepada para pemegang saham.

 

7. Stice

Dividen merupakan sebuah pembagian laba kepada para pemegang saham pada suatu perusahaan yang sebanding dengan jumlah saham yang dipegang oleh masing-masing pemilik saham.

 

8. Reeve dkk

Dividen merupakan sebuah aliran dana kas yang dapat diberikan kepada para pemegang saham.

 

9. Skousen et al

Dividen yakni sebuah laba yang sudah didistribusikan secara proporsional kepada para pemegang saham. Artinya mereka akan mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang mereka miliki.

 

10. Rusdin

Dividen merupakan suatu bagian keuntungan yang pada bagian kepada para pemegang saham.

 

11. Rimsky K. Judisseno

Dividen yakni kegiiatan dari pembagian keuntungan suatu perusahaan dengan nama dan dalam bentuk apapun karena dalam praktek yang sering dijumpai pada pembagian atau pembayaran dividen secara terselubung.

Misalnya pada pengalihan harta perusahaan kepada para pemegang saham atau peserta penggantian harta dibawah harga pasar.

Sehingga akan mengakibatkan suatu selisih antara harga pasat dan harga yang akan dibayar oleh para pemegang saham yang secara tidak langsung yakni pada pembayaran dividen secara terselubung.

 

12. Adler Haymans Manurung

Kebijakan dividen ini menyangkut tentang sebuah masalah penggunaan laba yang akan menjadi hak pemegang saham. Pada dasarnya, laba tersebut bisa dibagi sebagai dividen atau juga ditahan untuk dapat diinvestasikan kembali.

 

13. Prasetiono

Dividen ialah suatu pembagian dividen yang tergantung pada keputusan rapat umum pemegang saham. Dividen yang akan dibagikan oleh suatu perusahaan bisa tetap (tidak akan mengalami perubahan) dan juga bisa mengalami perubahan (ada kenaikan atau penurunan) dari suatu dividen yang dibagikan sebelumnya.

Salah satu informasi yang dapat dipandang cukup penting bagi nvestor yaitu suatu informasi tentang naik turunya dividen tunai yang akan dibagikan perusahaan karena informasi tersebut akan mengandung muatan suatu informasi yang berkenaan dengan suatu prospek keuntungan yang akan diperoleh para investor atau calon investor dalam melakukan penilaian pada suatu perusahaan.

 

14. Riyanto

Dividen ialah suatu kebijakan yang bersangkutan dengan sebuah penentuan pembagian pendapatan (earning) antara pengguna pendapatan untuk dapat dibayarkan kepada para pemegang saham sebagai dividen atau untuk digunakan dalam sebuah perusahaan, yang berarti pendapatan tersebut juga harus ditanam di dalam perusahaan.

 

15. Sartono

Dividen yakni sebuah keputusan apakah laba yang akan diperoleh perusahaan akan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen atau juga akan ditahan dalam bentuk laba ditahan guna pembiayaan suatu investasi di masa datang.

 

16. Sudana

Dividen yaitu suatu bagian dari sebuah keputusan pembelanjaan perusahaan, khususnya berkaitan dengan pembelanjaan internal pada suatu perusahaan.

Hal ini karena besar kecilnya suatu dividen yang dibagikan akan mempengaruhi besar kecilnya laba yang ditahan.

 

17. Sutrisno

Dividen merupakan sebuah kebijakan yang berhubungan dengan pembayaran dividen oleh para pihak perusahaan, berupa penentuan besarnya dividen yang akan bisa dibagikan dan besarnya saldo laba yang ditahan untuk sebuah kepentingan perusahaan.

 

18. Rudianto

Dividen yakni salah satu bagian laba usaha yang diperoleh suatu perusahaan dan diberikan oleh perusahaan kepada pemegang sahamnya sebagai suatu imbalan atas kesediaan mereka menanamkan hartanya dalam perusahaan.

 

19. Black’s Law Dictionary

Dividen ialah sebuah pembagian keuntungan yang akan diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan.

 

20. Jefferson P. Jones et al

Dividen merupakan sebuah jumlah yang dibayar secara berkala oleh suatu perusahaan untuk para pemegang saham sebagai pengembalian modal yang diinvestasikan. Dividen ini juga merupakan sebuah pembagian laba bersih yang diakumulasikan.

 

21. Rini Andari

Dividen yakni salah satu keputusan penting untuk dapat memaksimumkan nilai suatu perusahaan disamping keputusan investasi dan struktur modal (keputusan pemenuhan dana).

 

22. Peter Moles, Robert Parrino dan David S. Kidwell

Dividen yaitu sesuatu yang juga bernilai didistribusikan ke para pemegang saham perusahaan secara pro rata yaitu, sebanding dengan presentase saham suatu perusahaan yang dimiliki.

 

23. Tatang Ary Gumanty

Dividen merupakan salah satu bagian dari suatu keuntungan yang dibagikan kepada pemegang saham yang dapat berupa dividen tunai atau juga dividen saham.

 

24. Warsono

Dividen ialah sebuah bagian dari laba yang tersedia bagi para pemegang saham biasa (earning available for common stakeholders) yang akan dibagikan kepada para pemegang saham biasa dalam suatu bentuk tunai.

 

25. Ridwan S. Sundjaja dan Inge Barlian

Dividen yakni salah satu pembagian keuntungan yang diberikan suatu perusahan penerbit saham atas keuntungan yang dapat dihasilkan perusahaan.

 

26. Campbell R. Harvey

Dividen ialah sebuah dividen yang harus dibayar secara tunai (cash) kepada para pemegang saham perusahaan. Jumlahnya tersebut biasanya dapat didasarkan pada tingkat profitabilitas perusahaan.

27. Brealey, Myers, dan Marcus

Dividen merupakan suatu pembayaran tunai oleh sebuah perusahaan kepada para pemegang sahamnya.

 

28. Steven M. Sheffrin

Dividen yaitu suatu bentuk pembayaran dividen yang paling umum yaitu dapat dibayarkan dalam bentuk mata uang (currency), biasanya melalui suatu transfer dana elektronik (transfer bank) ataupun melalui kertas cek.

 

29. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dividen ialah salah satu bagian laba atau pendapatan perusahaan yang besarnya sudah  ditetapkan oleh direksi serta disahkan oleh rapat pemegang saham untuk dapat dibagikan kepada para pemegang saham, sejumlah uang yang berasal dari suatu hasil keuntungan yang dibayarkan kepada pemegang saham sebuah perseroan.

 

30. Wild et al

Dividen merupakan sebuah kegiatan dari distribusi kas kepada para pemegang saham.

 

31. Parthington

Dividen yaitu salah satu sebagian dari keuntungan perusahaan publik yang dapat diperdagangkan atau kendaraan investasi lain yang juga dapat didistribusikan ke masing-masing pemegang saham dalam sebuah bentuk tunai secara proporsional dengan presentase pada kepemilikan masing-masing pemegang saham.

Yang akan dapat mempengaruhi pembayaran dividen tunai yakni profitablitias, likuiditas, dan cash flor, stabilitas dividen dan earnings, serta investasi dan pembiayaan.

 

32. Gitman

Dividen ialah salah satu dividen yang dibayarkan dalam suatu bentuk tunai atau juga kontan. Dividen ini pada umumnya dapat dibagikan secara berkala seperti tahunan atau juga enam bulanan (interim).

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 32 Pengertian Dividen Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Akuisisi : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Faktornya Terlengkap

Baca Juga :  √ Demokrasi Terpimpin : Pengertian, Ciri, Tujuan, Dampak & Sejarahnya Lengkap

Baca Juga :  √ Surat Pemberitahuan Tahunan (STP) : Pengertian, Fungsi, Jenis, Batas Waktu dan Perpanjangan Waktu Terlengkap

Baca Juga :  √ 31 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli Terlengkap