SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Marketplace. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.
Pengertian Marketplace
Marketplace adalah suatu aplikasi atau website yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya, sekaligus bertindak sebagai pihak ketiga yang tidak hanya menyediakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli tetapi juga transaksi pembayaran.
Pengertian Marketplace Menurut Para Ahli
1. Menurut Strauss (2001)
Marketplace adalah penggunaan data elektronik dan aplikasi untuk perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, distribusi dan harga sebuah ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
2. Menurut Smith dkk (2005)
Marketplace didefinisikan sebagai mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan teknologi digital.
3. Menurut Opiida (2014)
Marketplace adalah salah satu penyedia media online berbasis internet (web based) yang tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan, sehingga memperoleh sesuai harga pasar.
Jenis – Jenis Marketplace
- Marketplace Horizontal
Marketplace horizontal adalah marketplace yang dapat memperjual-belikan beberapa jenis produk yang masih saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Umumnya, horizontal marketplace dapat menampilkan dirinya sebagai toko serba ada sehingga mampu mengangkat kenyamanan sebagai selling pointnya.
Contohnya pada sebuah marketplace yang dapat menjual produk komputer dan aseseorisnya. Didalam media marketplace tersebut tidak hanya menjual berbagai merek komputer tetapi juga marketplace tersebut menjual asesoris pendukung, sparepart komputer dan lain-lain.
- Marketplace Vertikal
Marketplace vertikal adalah sebuah media marketplace yang dapat memperjual-belikan satu jenis produk yang didapatkan dari berbagai sumber. Dengan kata lain, produk yang dijual berasal dari banyak supplier namun jenis produknya harus satu jenis.
Contohnya sebuah marketplace yang hanya menjual produk mobil dari yang bekas hingga mobil baru.
- Marketplace Global
Marketplace global adalah sebuah media marketplace yang dapat memperjual-belikan beragam jenis produk yang berbeda dan didapatkan dari banyak sumber. Barang yang dijual tidak harus berhubungan satu dengan lainnya. Contohnya Bukalapak, Tokopedia, Shoppe dan OLX.
- Marketplace Konsinyasi
Marketplace konsinyasi adalah jenis marketplace dimana penjual hanya menyerahkan hal-hal penting kepada marketplace seperti detail produk dan informasi lainnya kepada pihak marketplace.
- Marketplace Murni
Marketplace murni adalah marketplace yang hanya berfungsi sebagai penyedia tempat bagi penjual untuk mempromosikan produknya sekaligus memberikan fasilitas pembayaran. Contohnya Amazon, BliBli, Dll.
Manfaat Marketplace
- Jangkauan yang lebih luas
- Memiliki banyak relasi antarpedagang
- Merupakan tempat berkumpulnya para pembeli
- Ongkir gratis
- Promosi tidak dipungut biaya
- Dapat bertukar informasi & strategi
Kelebihan Marketplace
- Potensi market jauh lebih besar dan luas
- Lebih dapat meyakinkan pembeli
- Tidak memerlukan strategi pemasaran
- Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang lebih untuk dapat menjual maupun membeli barang
- Situs marketplace pengelolaannya jauh lebih mudah.
- Sistem telah tersedia
Kekurangan Marketplace
- Brand awareness yang lemah
- Feature pencarian yang tidak tertarget
- Persaingan yang ketat
- Kontrol marketplace yang lemah
- Pasar Terbatas
Contoh Produk Marketpalce
- Lazada Indonesia
Lazada Indonesia adalah salah satu situs belanja online yang dapat menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari mainan anak , elektronik, buku dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, serta perlengkapan traveling dan olahraga.
- Blibli.com
Blibli.com adalah salah satu situs web yang memperdagangkan elektronik di Indonesia. Blibli juga termasuk produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak dari perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010.
- Shoppe
Shopee adalah salah satu platform perdagangan elektronik yang berkerja pada pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li.
- Buka Lapak
Bukalapak adalah salah satu pusat perbelanjaan daring (online marketplace) di Indonesia yang biasanya dikenal juga dengan jaringan toko (daring) yang dapat dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak.
- Tokopedia
Tokopedia adalah salah satu perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital.
Demikianlah pembahasan mengenai √ Marketplace : Pengertian, Jenis, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.
Baca Juga Artikel :