Marketplace Adalah

By Dosen Ekonomi #& skovgaard (2002), #5 bisnis online, #5 contoh marketplace, #5 keunggulan aplikasi google my business, #admin marketplace adalah, #algoritma marketplace facebook, #apa beda marketplace dan e commerce, #apa itu e-market, #apa itu market price, #apa itu market space, #apa keuntungan bagi penjual dan pembeli, #apa syarat untuk menjalankan bisnis online, #apakah e commerce e-dagang, #aplikasi jual barang ke luar negeri, #aplikasi marketplace, #artikel marketplace, #aturan jualan di facebook, #batas posting di marketplace, #belanja di e commerce, #berikut adalah keuntungan dalam jualan online di marketplace kecuali, #brunn, #buku marketplace facebook, #cara belanja di marketplace facebook, #cara daftar marketplace, #cara kerja marketplace, #cara kerja marketplace di facebook, #cod di marketplace facebook, #contoh aplikasi e commerce buatan indonesia, #contoh e -commerce dan marketplace, #contoh e- commerce internasional, #Contoh E-Commerce, #contoh marketplace, #contoh marketplace di indonesia, #contoh marketplace vertikal, #contoh marketspace, #contoh online shop, #crm merupakan salah satu perusahaan untuk, #data statistik e-commerce indonesia 2019, #definisi iklan online, #definisi marketplace, #download marketplace, #e commerce asli indonesia, #e marketplace pdf, #e marketplaces crafting a winning strategy, #ebook pengertian marketplace, #elevenia adalah, #facebook marketplace, #facebook marketplace indonesia, #fakultatif kbbi, #fitur marketplace fb, #fungsi marketplace, #gambaran umum e commerce di indonesia, #grup jual beli online terlaris, #industri online shop, #jangan jualan di marketplace, #jelaskan pengertian unicorn, #jelaskan penggunaan youtube untuk bisnis, #jelaskan tahap-tahap evolusi e-dagang b2b., #jensen, #jurnal marketplace, #karakteristik marketplace, #kelebihan berjualan di tokopedia, #kelebihan dan kekurangan marketplace, #kelebihan dan kekurangan marketplace dan marketspace, #kelebihan dan kekurangan marketplace shopee, #kelebihan dan kekurangan pangsa pasar baru, #kelebihan dan kekurangan ralali, #kelebihan dan kekurangan shopee, #kelebihan dan kekurangan sponsorship, #kelebihan dan kekurangan tokopedia 2019, #kelebihan dan kekurangan tokotalk, #kelebihan jualan online, #kelebihan marketplace, #kelebihan marketplace facebook, #kelebihan online shop, #kelemahan website builder, #kenapa harus jualan di marketplace, #kendala dalam bisnis marketplace, #kerugian tokopedia, #keuntungan dalam jualan online di marketplace, #keuntungan dan kerugian marketplace, #keuntungan marketplace bagi pembeli, #keuntungan tokopedia bagi pelanggan, #konsep dari erp market place, #makalah marketplace, #manfaat dari market test, #manfaat e marketplace, #manfaat market test, #manfaat marketplace, #manfaat marketplace bagi konsumen, #manfaat marketplace bagi masyarakat, #manfaat marketplace bagi pengusaha, #manfaat pelaku bisnis menggunakan marketplace, #market space adalah, #marketing affiliate, #marketplace adalah, #marketplace buatan indonesia, #marketplace bukalapak, #marketplace di indonesia, #marketplace facebook, #marketplace facebook adalah, #marketplace global, #marketplace grosir, #marketplace indonesia, #marketplace indonesia 2019, #marketplace indonesia 2020, #marketplace kbbi, #marketplace menurut buku, #marketplace menurut para ahli, #marketplace paper, #marketplace pdf, #marketplace ppt, #marketplace terbaik 2020, #marketplace terbaik di dunia, #marketplace terlaris 2020, #marketplace tokopedia, #marketspace adalah, #materi marketplace, #model bisnis marketplace adalah, #online business adalah, #online marketplace, #online store adalah, #opiida 2014, #peluang marketplace, #pengertian instagram, #pengertian market space, #pengertian market test, #pengertian marketplace, #pengertian marketplace buku, #pengertian marketplace dan contohnya, #pengertian marketplace dan marketspace, #pengertian marketplace menurut para ahli, #pengertian online retail, #perkembangan e-commerce di indonesia, #perkembangan marketplace di indonesia, #place market, #platform e commerce indonesia, #platform online adalah, #proposal marketplace, #radius marketplace, #review aplikasi tokopedia, #salah satu kelebihan pasar daring adalah, #sebutkan 3 marketplace yang kalian ketahui, #sebutkan kelebihan bisnis online, #sejarah e- commerce pdf, #sejarah marketplace, #situs belanja online termurah dan terpercaya, #situs jual beli online terbesar di indonesia, #skripsi e-marketplace, #skripsi marketplace, #tipe marketplace, #tipe tipe e-marketplace, #toko online cod, #toko online terbaik di dunia, #toko online terbaik di indonesia, #top e-commerce indonesia 2020, #tujuan testimoni, #website online shop, #yulibu marketplace
Marketplace

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Marketplace. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Marketplace


Pengertian Marketplace

Marketplace adalah suatu aplikasi atau website yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya, sekaligus bertindak sebagai pihak ketiga yang tidak hanya menyediakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli tetapi juga transaksi pembayaran.


Pengertian Marketplace Menurut Para Ahli

1. Menurut Strauss (2001)
Marketplace adalah penggunaan data elektronik dan aplikasi untuk perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, distribusi dan harga sebuah ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.


2. Menurut Smith dkk (2005)
Marketplace didefinisikan sebagai mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan teknologi digital.


3. Menurut Opiida (2014)
Marketplace adalah salah satu penyedia media online berbasis internet (web based) yang tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan, sehingga memperoleh sesuai harga pasar.


Jenis – Jenis Marketplace

  • Marketplace Horizontal

Marketplace horizontal adalah marketplace yang dapat memperjual-belikan beberapa jenis produk yang masih saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Umumnya, horizontal marketplace dapat menampilkan dirinya sebagai toko serba ada sehingga mampu mengangkat kenyamanan sebagai selling pointnya.

Contohnya pada sebuah marketplace yang dapat menjual produk komputer dan aseseorisnya. Didalam media marketplace tersebut tidak hanya menjual berbagai merek komputer tetapi juga marketplace tersebut menjual asesoris pendukung, sparepart komputer dan lain-lain.

  • Marketplace Vertikal

Marketplace vertikal adalah sebuah media marketplace yang dapat memperjual-belikan satu jenis produk yang didapatkan dari berbagai sumber. Dengan kata lain, produk yang dijual berasal dari banyak supplier namun jenis produknya harus satu jenis.

Contohnya sebuah marketplace yang hanya menjual produk mobil dari yang bekas hingga mobil baru.

  • Marketplace Global

Marketplace global adalah sebuah media marketplace yang dapat memperjual-belikan beragam jenis produk yang berbeda dan didapatkan dari banyak sumber. Barang yang dijual tidak harus berhubungan satu dengan lainnya. Contohnya Bukalapak, Tokopedia, Shoppe dan OLX.

  • Marketplace Konsinyasi

Marketplace konsinyasi adalah jenis marketplace dimana penjual hanya menyerahkan hal-hal penting kepada marketplace seperti detail produk dan informasi lainnya kepada pihak marketplace.

  • Marketplace Murni

Marketplace murni adalah marketplace yang hanya berfungsi sebagai penyedia tempat bagi penjual untuk mempromosikan produknya sekaligus memberikan fasilitas pembayaran.  Contohnya Amazon, BliBli, Dll.


Manfaat Marketplace

  1. Jangkauan yang lebih luas
  2. Memiliki banyak relasi antarpedagang
  3. Merupakan tempat berkumpulnya para pembeli
  4. Ongkir gratis
  5. Promosi tidak dipungut biaya
  6. Dapat bertukar informasi & strategi


Kelebihan Marketplace

  • Potensi market jauh lebih besar dan luas
  • Lebih dapat meyakinkan pembeli
  • Tidak memerlukan strategi pemasaran
  • Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang lebih untuk dapat menjual maupun membeli barang
  • Situs marketplace pengelolaannya jauh lebih mudah.
  • Sistem telah tersedia


Kekurangan Marketplace

  • Brand awareness yang lemah
  • Feature pencarian yang tidak tertarget
  • Persaingan yang ketat
  • Kontrol marketplace yang lemah
  • Pasar Terbatas

Contoh Produk Marketpalce

  • Lazada Indonesia

Lazada Indonesia adalah salah satu situs belanja online yang dapat menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari mainan anak , elektronik, buku dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, serta perlengkapan traveling dan olahraga.

  • Blibli.com

Blibli.com adalah salah satu situs web yang memperdagangkan elektronik di Indonesia. Blibli juga termasuk produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak dari perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010.

  • Shoppe

Shopee adalah salah satu platform perdagangan elektronik yang berkerja pada pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li.

  • Buka Lapak

Bukalapak adalah salah satu pusat perbelanjaan daring (online marketplace) di Indonesia yang biasanya dikenal juga dengan jaringan toko (daring) yang dapat dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak.

  • Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Marketplace : Pengertian, Jenis, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :

/* */