Reseller Adalah

Diposting pada

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Reseller. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Reseller : Pengertian, Syarat, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap


Pengertian Reseller

Reseller merupakan salah satu kegiatan perdagangan dimana seseorang atau perusahaan membeli barang atau jasa bukan untuk dikonsumsi sendiri melainkan dijual kembali ke end user untuk mendapatkan sejumlah keuntungan dari selisih harga beli dan jual.


Cara Kerja Reseller

1. Menentukan Produk Apa yang Akan Dijual

Tidak semua jenis produk cocok dijual oleh pelaku reseller. Umumnya para reseller memilih produk (barang atau jasa) yang banyak digunakan orang secara rutin dan umurnya singkat atau cepat berganti.

Misalnya seperti produk makanan, minuman, herbal, aksesoris gadget dan lain sebagainya. Produk yang digunakan secara rutin dan umurnya singkat akan membuat konsumen melakukan pembelian ulang secara terus menerus.

Baca Juga Secara Lengkap : Produk


2. Mempersiapkan Modal dan Tempat

Reseller harus menyiapkan modal untuk membeli produk dari produsen atau distributor sebelum menjual kembali produk tersebut ke konsumen akhir.

Selain itu, produk tersebut juga harus disimpan di tempat yang baik sehingga dibutuhkan tempat khusus sebagai gudang untuk menyimpan stok barang.


3. Bekerjasama Dengan Produsen atau Distributor

Salah satu kunci keberhasilan bisnis reseller yaitu menemukan produsen yang bisa diandalkan.

Untuk itu menjalin kerjasama dengan produsen yang tepat merupakan langkah penting dan krusial bagi pelaku reseller.

Baca Juga Secara Lengkap : Produsen dan Distribusi


4. Melakukan Pemasaran dan Penjualan

Pemasaran produk bisa dilakukan dengan banyak cara., salah satu cara pemasaran yang sangat efektif yaitu melalui internet, misalnya dengan Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, marketplace, blog, dan lain sebagainya.


5. Membangun Hubungan Baik Dengan Konsumen

Suatu pemasaran bisa dikatakan berhasil jika pelaku reseller bisa membangun hubungan baik dengan konsumen mereka.

Hubungan baik tersebut bisa dilakukan melalui komunikasi via chat, email, dan juga menjaga kualitas komunikasi tersebut.


Syarat Menjadi Reseller

  • Niat.
  • Modal uang, pengetahuan seputar dunia jual-beli, dsb.
  • Koneksi hubungan sosial, misalnya koneksi dengan supplier, relasi, teman, dsb, begitu juga dengan koneksi internet.
  • Teknik pemasaran.
  • Doa

Kelebihan Reseller

  • Dapat mengelola stok barang karena telah membelinya terlebih dahulu dari produsen.
  • Lebih mudah untuk mengembangkan bisnis karena tidak tergantung pada satu produsen saja.
  • Dapat menyesuaikan sendiri besarnya keuntungan yang diambil dari setiap produk yang dijual.
  • Kemudahan dalam mengontrol branding bisnis karena tidak tergantung pada produsen untuk packing dan pengiriman barang.
  • Memiliki ikatan yang kuat dengan konsumen sehingga kemungkinan terjadinya pembelian ulang akan semakin besar.

Kekurangan Reseller

  • Membutuhkan modal awal yang cukup besar untuk membeli barang yang akan dijual.
  • Harus menyiapkan tempat atau gudang untuk menyimpan stok barang.
  • Ketika barang kurang laku atau rusak dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar.
  • Mengerjakan banyak hal, mulai pemasaran, melayani konsumen, pengemasan, pengiriman, dan menerima komplain.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Reseller : Pengertian, Syarat, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :