SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Loyalitas Karyawan. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.
Pengertian Loyalitas Karyawan
Loyalitas karyawan adalah suatu tindakan yang menunjukkan dukungan, kesetiaan, kepatuhan yang konstan kepada perusahaan tempatnya bekerja terhadap profesinya di perusahaan.
Loyalitas Karyawan Menurut Para Ahli
1. Menurut Desseler (2000)
Loyalitas karyawan adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaannya.
2. Menurut Hasibuan (2007)
Loyalitas karyawan adalah sebuah arti kesetiaan yang dicerminkan terhadap kesediaan karyawan dalam menjaga dan membela organisasi di dalam maupun di luar pekerjaan dari dorongan orang yang tidak bertanggungjawab.
3. Menurut Jusuf (2010)
Loyalitas karyawan adalah suatu sikap yang timbul sebagai akibat keinginan untuk setia dan berbakti baik pada pekerjaannya.
Ciri-Ciri Loyalitas Karyawan
1. Memuji Rekan Kerjanya
selalu memberikan apresiasi ketika rekan kerja lainnya melakukan hal yang jauh lebih baik. Itu berarti perusahaan telah menggenapi misinya kepada karyawan.
2. Menyukai apa yang dikerjakan
Karyawan loyal menyukai pekerjaannya dan tidak melihat pekerjaan tersebut sebagai suatu hal yang rutinitas. Loyalitas karyawan juga dapat menjadi sebuah jaminan bahwa karyawan dapat dan siap bekerja secara optimal demi suatu kemajuan untuk perusahaan.
3. Berani Mengutarakan Ketidaksetujuan
kondisi dimana karyawan dapat mengutarakan pendapat masing-masing sehingga perusahaan mampu menciptakan suasana debat dalam internal-nya.
4. Mendukung Secara Positif Keputusan Pemimpin
Disaat pemimpin mereka melakukan hal yang salah, karyawan loyal tetap akan memberitahu dengan jujur kesalahan pemimpin mereka.
5. Bekerja dengan Integritas
Sesungguhnya karyawan yang loyal mampu dilihat dari seberapa besar karyawan dapat memperlihatkan integritas yang dimiliki mereka saat bekerja.
Aspek-Aspek Loyalitas Karyawan
1. Kemauan untuk bekerja sama
Bekerja sama dengan orangorang dalam suatu kelompok akan memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuan yang tidak mungkin dicapai oleh orangorang secara invidual.
2. Taat pada peraturan
Kedisiplinan yang menguntungkan organisasi baik intern maupun ekstern.
3. Hubungan antar pribadi
Hubungan sosial diantara karyawan, hubungan yang harmonis antara atasan dan karyawan, situasi kerja dan sugesti dari teman kerja
4. Tanggung jawab pada perusahaan/organisasi.
Kesanggupan karyawan untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan kesadaran akan setiap resiko pelaksanaan tugasnya
5. Kesukaan terhadap pekerjaan
Untuk bekerjasama sebagai manusia seutuhnya dalam hal melakukan pekerjaan yang akan dilakukan dengan senang hati
6. Rasa memiliki
Sikap untuk ikut menjaga dan bertanggung jawab terhadap organisasi perusahaan sehingga pada akhirnya akan menimbulkan loyalitas demi tercapainya tujuan perusahaan dala membentuk suatu organisasi
Faktor – Faktor yang mempengaruhi tingkat Loyalitas Karyawan
1. Faktor Tantangan
Faktor tantangan meliputi kejelasan jenjang karir yang dapat dirasakan oleh karyawan
2. Faktor Keamanan
Faktor keamanan meliputi masa jabatan seorang karyawan, kecukupan gaji, keselamatankerja, dan jaminan.
3. Faktor Kenyamanan
Faktor kenyamanan meliputi kondisi lingkungan kerja yang baik, hubungan pertemananyang ramah, fasilitas yang memadai, sistem kerja manusiawi, dan kepemimpinan yang dapatmemotivasi
Indikator-Indikator dalam mengidentifikasi Loyalitas Karyawan
- Menjaga rahasia bisnis perusahaan
- Tetap bertahan dalam organisasi
- Ikut berkontribusi dalam kegiatan social organisasi.
- Mau mengikuti arahan atau instruksi.
- Mau bekerja sama dan membantu rekan kerja
- Menawarkan saran-saran untuk perbaikan.
Penyebab Turunnya Loyalitas Karyawan
1. Faktor Kepribadian
Faktor – faktor kepribadian yang dapat menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan adalah sebuah sifat yang cepat bosan dan ketidakselarasan antara karyawan dengan budaya kerja di suatu perusahaan.
2. Faktor Rasional
Faktor – faktor rasional yang menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan ada beberapa sebab antara lainnya adalah gaji, bonus, jenjang karir, dan fasilitas – fasilitas yang dapat diberikan perusahaan kepada karyawan.
3. Faktor Emosional
Faktor-faktor emosional yang menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan yaitu ketidakcocokan karyawan dengan pemimipin, lingkungan kerja yang tidak kondusif dan urangnya penghargaan perusahaan terhadap prestasi kerja karyawan.
Upaya Meningkatkan Loyalitas Karyawan
- Menempatkan karyawan pada posisi yang tepat
- Mengusahakan karyawan untuk mempunyai loyalitas.
- Mengajak karyawan berunding
- Memberikan kebutuhan rohani
- Memberikan Hak-Hak Karyawan
- Memberikan fasilitas yang menyenangkan
- Memberikan kesempatan pada karyawan untuk maju
- Bekerjasama sebagai manusia seutuhnya dalam hal
- Memberikan jenjang karir yang jelas
Demikianlah pembahasan mengenai √ Loyalitas Karyawan : Pengertian, Ciri, Aspek, Indikator, Faktor, Penyebab & Upayanya Lengkap, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.
Baca Juga Artikel Lainnya :