Quality Assurance

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Quality Assurance. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Quality Assurance


Pengertian Quality Assurance


Quality assurance adalah sebuah bentuk jaminan yang digunakan untuk memberikan keamanan dan kepercayaan terhadap produk yang telah dibuat oleh sebuah perusahaan.


Pengertian Quality Assurance Menurut Para Ahli


1. JIS (2003)
Quality assurance adalah kegiatan-kegiatan yang sistematis yang dijalankan oleh produsen untuk menjamin bahwa kualitas yang dibutuhkan oleh knsumen sepenuhnya memuaskan.


2. Damrong (2003)
Quality assurance adalah upaya untuk memastikan bahwa sistem, proses dan prosedur sesuai dengan standar, harapan, atau rencana yang dijanjikan.


3. J.M. Juran (2000)
Quality assurance adalah aktivitas yang menyediakan bukti-bukti yang diperlukan untuk memberikan kepercayaan, bahwa semua aktivitas yang berhubungan dengan kualitas menunjukkan performansi yang efektif.


4. ANSI (2003)
Quality assurance adalah adalah tindakan-tindakan sistematis yang dibutuhkan untuk meningkatkan derajat kecukupan yang akan memuaskan kebutuhan-kebutuhan yang diberikan oleh produk dan pelayanannya.


5. Quality Assurance Guidebook (2000)
Quality Assurance adalah suatu tindakan untuk memastikan bahwa produk dapat dibeli oleh konsumen tanpa ada rasa khawatir dan menggunakannya dalam waktu yang lama dengan rasa kepuasan.


Macam – Macam Quality Assurance


1. Total Quality Assurance
Total quality assurance adalah jaminan atau penjamin mutu atau kualitas perusahaan secaar lebih menyeluruh atau total. Penjaminan total terhadap kualitas suatu perusahaan beserta produk-produk yang diproduksi di dalamnya memang sangatlah sentral karena berkaitan dengan target jangka pendek maupun jangka panjang yang telah dipatok oleh perusahaan.

Baca Juga :  Remunerasi Adalah

2. Hospitality Quality Assurance
Hospitality quality assurance adalah jaminan atau penjamin mutu untuk sebuah produk yang ditawarkan oleh industri hospitality semacam hotel atau hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata.


3. Software Quality Assurance
software quality assurance adalah jaminan atau penjamin mutu untuk sebuah produk yang dihasilkan oleh perusahaan teknologi yang berbasis perangkat lunak yang memastikan bahwa produk perangkat lunak yang perusahaan tawarkan adalah produk yang layak digunakan dan memuaskan pelanggan.


Metode Quality Assurance


  • Total quality management (TQM)

Metode ini menggambarkan pendekatan manajerial pada sukses jangka panjang berdasarkan kepuasaan konsumen.

  • Pengujian kegagalan (failure testing)

Metode dimana perusahaan melakukan pengujian terus-menerus kepada produknya untuk menentukan apakah terjadi kegagalan atau kerusakana.

  • Statistical process control (SPC)

Metodologi yang dikembangkan oleh Walter Shewhart dari Werstern Electric Company dan Bell Telephone Laboratories, dimana metodologi ini melakukan pengelolaan dan pengendalian produksi produk menggunakan metode statistik.


Tugas Quality Assurance


  1. Mengelola dan memeriksa kegiatan manajemen risiko
  2. Mengevaluasi kecukupan standar jaminan kualitas
  3. Memantau dan mengadakan suatu pengujian, inspeksi bahan dan produk terhadap guna memastikan kualitas dari produk jadi
  4. Merancang sampel prosedur dan petunjuk untuk mencatat dan melaporkan data berkualitas
  5. Mengumpulkan dan menyusun data kualitas statistik
  6. Bertanggung jawab untuk sistem manajemen dokumen
  7. Menganalisis suatu data untuk dapat mengidentifikasi sebagian area untuk perbaikan dalam sistem mutu
  8. Menyelidiki keluhan pelanggan dan masalah ketidaksesuaian

Tujuan Quality Assurance


Untuk menjamin kualitas produk yang dihasilkan dan memastikan proses pembuatan produk tersebut sesuai dengan standar dan persyaratan yang telah ditentukan.


Manfaat Quality Assurance


  • Mampu untuk meningkatkan efisiensi operasional
  • Sangat membantu untuk memotivasi semua anggota agar dapat bekerja lebih baik dengan memberikan mutu yang tinggi
  • Dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi
  • Dapat meningkatkan rasa kepercayaan para konsumennya
  • Meminimalkan terjadinya pengerjaan ulang yang dapat merusak perusahaan secara finansial seiring berjalannya waktu
  • Berguna untuk menghindari terjadinya pemborosan
Baca Juga :  Quality Control

Demikianlah pembahasan mengenai √ Quality Assurance : Pengertian, Macam, Metode, Tugas, Tujuan & Manfaatnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :