Visi dan Misi

By Guru Ekonomi #analisis 9 komponen misi perusahaan, #apa itu visi keilmuan, #apakah visi dan misi harus sinkron, #arti kata misi, #arti logo unila, #bondan pristiwandana, #call center/ danareksa, #Cara Membuat Misi, #cara membuat renstra, #Cara Membuat Visi, #cara membuat visi dan misi, #cara membuat visi dan misi perusahaan, #cara membuat visi dan misi pmr, #cara membuat visi dan misi pramuka, #cara membuat visi dan misi pribadi, #cara membuat visi dan misi sekolah, #cara membuat visi misi untuk diri sendiri, #cara merumuskan visi misi paud, #cara merumuskan visi yang baik, #cara perumusan misi, #Contoh Misi, #contoh perumusan visi, #contoh review visi misi, #contoh rumusan visi, #Contoh Visi, #contoh visi dan misi keagamaan, #contoh visi dan misi kepala desa, #contoh visi dan misi kewirausahaan, #contoh visi dan misi manajemen, #contoh visi dan misi organisasi, #contoh visi dan misi organisasi mahasiswa, #contoh visi dan misi osis, #contoh visi dan misi perusahaan, #contoh visi dan misi perusahaan yang baik, #contoh visi dan misi pribadi, #contoh visi dan misi sekolah, #contoh visi dan misi squad, #contoh visi misi dan tujuan perusahaan, #contoh visi misi dan tujuan sekolah, #contoh visi misi hidup, #contoh visi misi kepala desa, #contoh visi misi ketua osis, #contoh visi misi komunitas motor, #contoh visi misi lomba, #contoh visi misi organisasi mahasiswa, #contoh visi misi organisasi pemuda islam, #contoh visi misi osis, #contoh visi misi perusahaan, #contoh visi misi perusahaan baju, #contoh visi misi perusahaan jasa, #contoh visi misi pribadi, #contoh visi misi sekolah, #contoh visi misi sma, #contoh visi misi untuk masa depan, #contoh visi misi usaha, #contoh visi misi usaha makanan, #danareksa research institute, #definisi misi, #draft visi, #filosofi logo uny, #fungsi misi sekolah, #ilmu sejarah uny, #indikator visi kreatif, #jelaskan 4 pendekatan perencanaan, #jelaskan keuntungan perumusan misi yang baik, #jelaskan visi iptek indonesia brainly, #kapan visi dan misi perusahaan diubah, #karakter misi, #Karakter Visi, #kerugian misi yang tidak efektif, #kerugian perumusan misi yang tidak efektif, #kesimpulan dari visi dan misi, #keuntungan perumusan misi yang baik, #komisaris danareksa, #komponen misi perusahaan, #langkah-langkah untuk mencapai visi dan misi, #latar belakang universitas negeri yogyakarta, #lima komponen penting dalam pernyataan visi, #logo universitas lampung, #Manfaat Misi, #manfaat perumusan visi pada organisasi, #Manfaat Visi, #manfaat visi dan misi, #manfaat visi dan misi dalam organisasi, #mekanisme penyusunan visi dan misi fakultas, #menciptakan visi, #menghubungkan visi, #misi, #misi dan nilai, #misi dan strategi perusahaan, #misi dan tujuan smk, #misi dengan nilai inti, #misi perguruan tinggi, #misi sekolah, #misi sekolah kurikulum 2013, #misi tujuan dan sasaran, #misi uny 2019, #motto osis, #orang yang menentukan konsep utama, #organisasi kemenristek brin, #Pengertian Misi, #Pengertian Misi Menurut Para Ahli, #pengertian sasaran, #pengertian tujuan brainly, #pengertian tujuan menurut para ahli pdf, #pengertian tujuan secara umum, #Pengertian Visi, #Pengertian Visi dan Misi, #pengertian visi dan misi hidup, #pengertian visi dan misi kewirausahaan, #pengertian visi dan misi menurut para ahli, #pengertian visi dan misi pendidikan, #pengertian visi dan misi sekolah, #Pengertian Visi Menurut Para Ahli, #pengertian visi misi dan nilai, #pengertian visi misi dan tujuan, #pengertian visi misi tujuan dan sasaran, #pengertian visi secara etimologi, #peran perumusan visi, #Perbedaan Visi dan Misi, #pernyataan visi dan misi yang baik, #perumusan visi, #sasaran operasional perusahaan, #sebutkan visi dan misi ascc, #sejak kapan visi dan misi itu ditetapkan oleh perusahaan, #sejarah fkip unila, #sejarah unila, #Syarat Misi, #syarat syarat misi, #Syarat Untuk Membuat Visi, #teknik membuat visi misi, #tujuan dan sasaran sekolah, #Tujuan Eksternal Visi dan Misi, #Tujuan Internal Visi dan Misi, #tujuan organisasi, #tujuan penetapan visi, #tujuan visi, #Tujuan Visi dan Misi, #tujuan visi dan misi kepala desa, #tujuan visi dan misi perusahaan, #visi, #visi dan misi organisasi, #visi dan misi osis, #visi dan misi pernikahan, #visi dan misi perusahaan nasional, #visi dan misi sekolah, #visi misi calon ketua mpk, #visi misi dan tujuan organisasi, #visi misi diri sendiri, #visi misi diri sendiri untuk masa depan, #visi misi family hago, #visi misi feb unila, #visi misi hidup, #visi misi kita, #visi misi kreatif, #visi misi mahasiswa, #visi misi menikah, #visi misi menjadi korlap, #visi misi modeling, #visi misi organisasi islam, #visi misi organisasi pecinta alam, #visi misi organisasi pemuda, #visi misi osis, #visi misi osis brainly, #visi misi pasus, #visi misi pecinta alam, #visi misi perusahaan internasional, #visi misi perusahaan samsung, #visi misi produk makanan, #visi misi proposal usaha kerajinan, #visi misi sekolah, #visi misi sekolah ramah anak, #visi misi sekolah smp, #visi misi team leader, #visi misi team leader call center, #visi misi unila, #visi misi universitas
√ Visi dan Misi : Pengertian, Tujuan, Perbedaan, Contoh dan Manfaat Terlengkap
√ Visi dan Misi : Pengertian, Tujuan, Perbedaan, Contoh dan Manfaat Terlengkap

Sarjana EkonomiHai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Visi dan Misi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Visi dan Misi : Pengertian, Tujuan, Perbedaan, Contoh dan Manfaat Terlengkap


Pengertian Visi

Pengertian Visi adalah pandangan jauh sebuah perusahaan atau instansi (sekolah atau yang lain).

Visi juga dapat diartikan sebagai tujuan dari suatu lembaga dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.

Gambaran situasi atau krakteristik tentang apa yang ingin di capai dalam sebuah organisasi, lembaga atau perusahaan dalam suatu waktu kedepan.

Visi ini merupakan cara pandang jauh kedepan mengenai arah organisasi, lembaga, atau sebuah perusahaan mampu eksis, antisipasif dan inovatif.

Visi juga dalam bahasa inggris yakni “what be believe we can be”.


Syarat Untuk Membuat Visi

  • Berorientasi terhadap masa depan.
  • Dilakukan dengan perencanaan yang matang dan terstuktur dengan baik.
  • Tidak disesuaikan berdasarkan kondisi yang ada pada saat sekarang ini.
  • Mengekspresikan melalui kreativitas yang dimiliki.
  • Berdasarkan kepada prinsip dan nilai yang mengandung penghargaan untuk masyarakatnya.
  • Perencanaan dibuat tahapan-tahapannya hingga tahapan terakhir yaitu tujuan yang ingin diraihnya.
  • Tujuan haruslah tertarget dengan jelas ketika membuat perencanaannya untuk meningkatkan keyakinan, jika terjadi perobahan terhadap visi yang sudah dibuat hal itu bisa diluruskan belakangan seiring bertambahnya ilmu.

Cara Membuat Visi

  • Apa yang perlu di ubah ? (masalah umum yang terjadi dan yang anda anggap perlu di ubah)
  • Kenapa masalah itu harus di atasi atau di ubah ?
  • Power dan aset apa yang dimiliki ?
  • Apa tujuan dari organisasi yang anda jalankan ?
  • Bagaimana gambaran sukses dari organisasi yang ingin anda jalankan.

Manfaat Visi

  • Menjembatani keadaan perusahaan masa sekarang dan masa depan.
  • Menumbuhkan rasa kebermaknaan. Salah satu tempat para karyawan mencari makna kehidupan yakni pada lingkungan pekerjaannya.
  • Menumbuhkan standar kerja yang prima. Jika seorang karyawan dapat memahami dia bekerja untuk suatu tujuan yang sangat mulia, dia akan terus bekerja penuh semangat dan meletakkan standar prima untuk setiap pekerjaannya.
  • Menumbuhkan komitmen dan semangat kerja karyawan. Para karyawan tidak akan bekerja dengan penuh antusias jika dia tidak mengetahui untuk apa dia bekerja. Namun, jika dia tahu apa saja kontribusi suatu perusahaan pada masyarakat dia akan termotivasi bahwa dia akan bekerja bukan hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk masyarakat.
  • Menumbuhkan standar kerja yang prima. Apabila seorang karyawan memahami bahwa dia bekerja untuk suatu tujuan yang sangat mulia, ia akan bekerja penuh semangat dan meletakkan standar prima untuk setiap pekerjaannya.

Karakter Visi

  • Dapat dibayangkan (imagible)
  • Menarik (desirable)
  • Realistis dan dapat dicapai (feasible)
  • Mudah dipahami (flexible)

Contoh Visi

  • Menjadi perusahaan terkemuka dalam bidang Asuransi dengan mengutamakan penyelenggaraan program Asuransi Sosial dan
  • Asuransi Wajib sejalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  • Mewujudkan sekolah yang menghasilkan bibit-bibit insan yang cerdas secara akademik maupun non akademik serta akhlak yang mulia mengembangkan budaya bangsa tanah air Indonesia.
  • Menjadi seseorang yang berkepribadian tangguh yang mampu membawa diri sendiri beserta keluarga ke dalam kehidupan yang bahagia di dunia maupun di akhirat, dan juga kehidupan yang mempunyai nilai manfaat bagi orang lain.

Pengertian Misi

Misi yakni What be believe we can do yang artinya suatu langkah yang dilakukan agar sebuah visi yang telah dibuat dapat terwujud.

Misi harus dibuat sesuai atau sikron dengan visi. Misi merupakan suatu yang harus dilakukan oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.

Misi merupakan sebuah pernyataan yang digunakan sebagai cara untuk mengomunikasikan tujuan dari sebuah organisasi.

Walaupun ini sering tidak berubah dalam jangka waktu yang lama, sebuah organisasi juga tidak lazim memperbarui pernyataan misi mereka dan umumnya terjadi ketika sebuah organisasi berkembang.

Pernyataan suatu misi biasanya sangat ringkas dan pernyataan sederhana yang menunjukkan ikhtisar apa tujuan dari suatu organisasi tersebut dan di sektor manakah organisasi tersebut akan bekerja.


Manfaat Misi

  • Untuk memastikan tujuan dasar dari suatu lembaga atau perusahaan
  • Mencipatakan kondisi perusahaan yang umum
  • Sebagai landasan perencanaan bisnis yang akan dikembangkan
  • Membantu anggota bekerja sama dalam suatu kegiatan
  • Menjadi titik utama bagi anggota dalam mengidentifikasi tujuan dan arah suatu lembaga atau perusahaan.

Cara Membuat Misi

  • Pernyataan harus jelas dan simple.
  • Hindari penggunaan kata-kata yang rumit.
  • Mudah untuk di jelaskan ke orang lain.
  • Tidak membingungkan dan tidak melenceng dari pernyataan visi.
  • Dapat mengenalkan diri anda.

Syarat Misi

  • Harus segera dilakukan.
  • Bersifat detail atau khusus.

Contoh Misi

  • Bakti kepada Masyarakat, dengan mengutamakan perlindungan dasar dan pelayanan prima sejalan dengan kebutuhan masyarakat.
  • Bakti kepada Lingkungan, dengan memberdayakan potensi sumber daya bagi keseimbangan dan kelestarian lingkungan.
  • Bakti kepada Negara, dengan mewujudkan kinerja terbaik sebagai penyelenggara Program Asuransi Sosial dan Asuransi Wajib, serta
  • Badan Usaha Milik Negara.
  • Bakti kepada Perusahaan, dengan mewujudkan keseimbangan kepentingan agar produktivitas dapat tercapai secara optimal demi kesinambungan Perusahaan.
  • Meningkatkan dan mengembangkan pelayanan pembelajaran berkarakter
  • Meningkatkan dan menumbuhkembangkan pembelajaran dengan basis Teknologi Informasi Komunikasi agar para siswa tidak gaptek.
  • Melakukan berbagai kegiatan manajemen layanan pendidikan yang handal dan pandai.
  • Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang berkualitas dan bermutu tinggi.
  • Meningkatkan dan mengembangkan terlaksananya pendidikan lingkungan hidup dan sehat bebas sampah.
  • Bekerja dengan giat, serta mempelajari ilmu yang mungkin dibutuhkan untuk memulai berwirausaha.
  • Selalu menggali ilmu-ilmu baru (yang berkaitan dengan pengembangan sebuah kemampuan).
  • Membangun jaringan koneksi atau kemitraan.
  • Membentuk sebuah karakter diri dengan selalu memperhatikan dan mengarahkan prilaku diri ke arah yang lebih baik.
  • Membuat sebuah perencanaan terhadap segala hal yang akan dilakukan.
  • Menerapkan berbagai kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memulai untuk dapat merintis usaha dan mencoba untuk terus mengembangkannya agar dapat menampung pekerja.

Perbedaan Visi dan Misi

VISI

  • Visi merupakan tujuan jangka panjang dan berorientasi pada masa depan.
  • Visi adalah cita-cita, tujuan utama yang ingin dicapai suatu organisasi di masa depan.
  • Pada umumnya visi sifatnya permanen dan sangat berkaitan dengan kredibilitas dan konsistensi suatu organisasi.
  • Pada umumnya visi dibuat dalam deretan kalimat yang singkat, padat, jelas, serta dapat mewakili semua hal.
  • Visi mengandung pernyataan-pernyataan yang sifatnya umum.

MISI

  • Misi yakni penjabaran tentang strategi, tindakan, dan tahapan dalam upaya merealisasikan visi.
  • Misi merupakan tujuan jangka pendek dan berorientasi pada masa kini.
  • Misi dapat diubah sesuai dengan situasi dan kondisi namun tetap mengacu pada visi.
  • Misi dibuat dalam bentuk kalimat yang lebih panjang dan dijabarkan lebih panjang dibandingkan visi.
  • Misi ini juga mengandung pernyataan-pernyataan yang sifatnya khusus dan juga lebih terperinci.

Tujuan Visi dan Misi

Tujuan Internal Visi dan Misi

  • Membimbing sebuah pemikiran menajemen pada isu-isu strategis, terutama pada saat perubahan signifikan.
  • Bantuan menentukan standar kinerja.
  • Menginspirasi para karyawan untuk bekerja lebih produktif dengan memberikan fokus dan umum tujuan.
  • Panduan pengambilan sebuah keputusan karyawan.
  • Membantu untuk membentuk kerangka kerja untuk perilaku etis.

Tujuan Eksternal Visi dan Misi

  • Mintalah dukungan eksternal.
  • Menciptakan hubungan lebih dekat dan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan, pemasok dan mitra aliansi.
  • Berfungsi sebagai alat hubungan masyarakat.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Visi dan Misi : Pengertian, Syarat, Tujuan, Manfaat, Perbedaan, Cara Membuat & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */