√ 21 Pengertian Koordinasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada
√ 21 Pengertian Koordinasi Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (100%) 11 votes

√ 21 Pengertian Koordinasi Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Koordinasi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 21 Pengertian Koordinasi Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 21 Pengertian Koordinasi Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Koordinasi Menurut Para Ahli

 

1. Secara Khusus

Koordinasi ialah keahlian untuk saling bekerjasama yang dilaksanakan oleh sebuah organisasi untuk meraih tujuan.

 

2. Secara Umum

Koordinasi yakni proses mensinergikan dan menyeimbangkan segala aktivitas dalam pekerjaan antara satu pihak dengan pihak lainnya untuk meraih tujuan tiap-tiap pihak sekaligus tujuan bersama.

 

3. Terry

Koordinasi mencakup 3 hal yaitu:

  • Jumlah perjuangan baik secara kuantitatif, maupun secara kualitatif.
  • Waktu yang pas berasal dari usaha-usaha tersebut.
  • Directing atau penentuan arah perjuangan tersebut.

 

4. James A.F Stoner dan Charles Wankel

Koordinasi yaitu suatu proses untuk dapat mengintegrasikan beraneka obyek dan berbagai kegiatan dalam satuan yang tidak serupa (departemen maupun divisi fungsional) terhadap suatu organisasi peranan capai obyek organisasi seefisien mungkin.

 

5. Sondang P. Siagian, M.P.A Ph.D

Koordinasi ialah pengaturan keterkaitan terhadap perjuangan bersama dengan dalam rangka capai keseragaman tindakan untuk capai obyek bersama.

 

6. Ateng Syafrudin, S.H

Koordinasi yaitu proses kronologis kegiatan menghubungi yang memiliki obyek menyelaraskan tiap-tiap tindakan dan kegiatan organisasi biar memncapai gerak cepat dalam rangka peraihan obyek yang telah ditentukan.

 

7. Mc. Farland

Koordinasi merupakan suatu proses di mana pimpinan membuatkan contoh perjuangan group secara tertata di antara bawahannya dan menanggung kesatuan tindakan di dalam capai obyek bersama.

Baca Juga :  √ Jenis Kredit : Berdasarkan Kegunaan, Waktu, Pemberian, Perekonomian & Jaminannya Lengkap

 

8. Handoko

Koordinasi yaitu salah satu proses pengintegrasian tujuan-tujuan dan berbagai kegiatan-kegiatan terhadap satuan-satuan yang terpisah (departemen atau bidang-bidang fungsional) suatu organisasi untuk dapat mencapai sebuah obyek organisasi secara efisien.

 

9. G.R. Terry

Koordinasi yakni suatu perjuangan yang sinkron dan tertata untuk menyediakan jumlah dan pas yang tepat, dan mengarahkan pelaksanaan untuk menghasilkan suatu tindakan yang seragam dan serasi terhadap target yang telah ditentukan.

 

10. E.F.L. Brech

Koordinasi yaitu mengimbangi dan menjalankan tim bersama dengan memberi pelengkap wilayah kegiatan pekerjaan yang cocok bersama dengan tiap-tiap dan merawat biar kegiatan itu dilakukan bersama dengan kecocokan yang semestinya di antara para bab itu sendiri.

 

11. David R. Hampton

Koordiansi supaya dalam pelaksanaan penugasan berhasil maka organisasi perlu menyatukan sumbangan yang berasal dari tiap unit khusus untuk meraih tujuan bersama.

 

12. Ricky W. Griffin

Koordinasi ialah proses yang mengkoneksikan aktivitas-aktivitas yang berasal dari berbagai macam bagian dalam organisasi.

 

13. Money

Koordinasi yakni pengaturan kelompok orang secara teratur untuk mencapai kesatuan tindakan dalam mengusahakan tercapainya maksud bersama.

 

14. Sutarto

Koordinasi adalah meningkat bersama, menyatukan serta, menyeleraskan semua kegiatan dan usaha.

 

15. Ndraha

Koordinasi yaitu proses kesepakatan bersama yang mengikat di berbagai aktivitas atau unsur yang berbeda dengan sedemikian rupa.

Sehingga seluruh kegiatan dan unsur tersebut dapat terarah pada pencapaian satu tujuan yang telah ditetapkan dan di sisi lainnya keberhasilan yang satu tidak merusak keberhasilan lainnya.

 

16. Wursanto

Koordinasi ialah kegiatan pengaturan sekelompok orang dengan terarah dan teratur untuk menciptakan kesatuan tindakan dalam upaya mencapai tujuan.

Baca Juga :  √ Pasar Persaingan Sempurna : Pengertian, Ciri, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

 

17. Handyaningrat

Koordinasi yaitu usaha penyesuaian dari bagian-bagian yang berbeda agar aktivitas dari setiap bagian tersebut dapat diselesaikan tepat pada waktunya sehingga masing-masing anggota dapat memberikan sumbangan usahanya secara maksimal agar diperoleh hasil secara keseluruhan.

 

18. Usman

Koordinasi yakni proses mengintegrasikan, menyinkronisasikan serta menyederhanakan pelaksaaan tugas yang terpisah secara terus menerus untuk mencapai tujuan.

 

19. Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan

Koordinasi adalah berbagai kegiatan yang dapat mengarahkan, mengintergasikan dan juga mengkooridnasikan unsur-unsur manajemen (6M) dan pekerjaan-pekerjaan para bawahan dalam mencapai suatu tujuan organisasi.

 

20. Dr. Awaluddin Djamin

Koordinasi ialah suatu usaha dari kerja sama antara badan, instansi, unit dalam pelaksanaan berbagai tugas-tugas tertentu sedemikian rupa, sehingga terdapat saling mengisi, saling membantu, dan saling melengkapi.

 

21. James G March dan Herben A Simon

Koordinasi ialah sebuah proses atau kegiatan demi mencapai satu kesatuan antara berbagai macam pihak dalam mencapai tujuan bersama.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 21 Pengertian Koordinasi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :