√ Amortisasi : Pengertian, Perbedaan dan Contoh Soal Terlengkap

Diposting pada

√ Amortisasi : Pengertian, Perbedaan dan Contoh Soal Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Amortisasi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Amortisasi : Pengertian, Perbedaan dan Contoh Soal Terlengkap
√ Amortisasi : Pengertian, Perbedaan dan Contoh Soal Terlengkap


Pengertian Amortisasi

Amortisasi merupakan salah satu prosedur akuntansi yang dengan cara bertahap akan mengurangi nilai biaya dan aset (aktiva tak berwujud), dengan umur ekonomis yang terbatas melalui pembebanan secara berkala ke pendapatan.

Perusahaan melakukan penghapusan untuk aset tak berwujud melalui amortisasi seperti Goodwill.

Sering juga dilakukan amortisasi terhadap setiap nilai yang dibayar di atas nilai pembelian preferen atau obligasi.

Sedangkan Dana Amortisasi (Amortization Fund) merupakan pengumpulan dana secara berkala untuk membayar beban amortisasi tersebut. Tujuan dari amortisasi adalah untuk mencerminkan nilai penjualan kembali.


Perbedaan Depresiasi dan Deplesi

  • Depresiasi ialah suatu alokasi biaya penyusutan terhadap aset tetap selama masa manfaatnya (umur ekonomis) aset tersebut.
  • Deplesi merupakan salah satu penyusutan pada bidang sumberdaya pertambangan.


Contoh Soal Amortisasi

  • Perusahaan Maju Bersama memiliki pinjaman sebesar Rp.1.000.000, dan setiap tahun diansur sebesar Rp.50.000 pertahun. Maka dalam hal ini perusahaan telah mengamortisasi pinjaman sebesar Rp.50.000 setiap tahunnya.
  • Sebuah perusahaan industri memiliki sebuah hak paten atas sebuah mesin selama 10 tahun. Apabila industri tersebut menghabiskan dana sebesar Rp.100.000.000, untuk mengembangkan produk maka akan diakui dan dicatat sebesar Rp.10.000.000/tahun selama 10 tahun sebgai biaya amortisasi.
Baca Juga :  √ Reksadana : Pengertian, Jenis, Unsur, Macam, Karakteristik, Manfaat, dan Resiko Secara Lengkap

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Amortisasi : Pengertian, Perbedaan dan Contoh Soal Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

Baca Juga Artikel :