Balanced Scorecard

By Guru Ekonomi #4 perspektif manajer, #4 ukuran kinerja pemasaran, #7 faktor keberhasilan ukuran non finansial, #analisis bsc pada perusahaan, #apa tujuan dari balanced scorecard, #apa yang dihasilkan bsc, #artikel Balanced Scorecard, #bab ii balance scorecard, #balance scorecard adalah, #balance scorecard kementerian keuangan, #balance scorecard manajemen strategi, #balance scorecard pada perusahaan dagang, #balance scorecard pdf, #balance scorecard perusahaan gojek, #balance scorecard perusahaan samsung, #balance scorecard perusahaan unilever, #balance scorecard ppt, #balance scorecard pt xl, #balance scorecard pt. telkom, #balance scorecard wiki, #Balanced Scorecard, #Balanced Scorecard adalah, #balanced scorecard artinya, #balanced scorecard dalam pemerintahan, #balanced scorecard pada sektor publik, #balanced scorecard pdf, #balanced scorecard perusahaan, #benscoin, #Bentuk - Bentuk Balanced Scorecard, #bogart shark classic, #bsc manajemen strategi, #bsc pada perusahaan, #buku balanced scorecard mulyadi pdf, #cara mengatasi kelemahan balance scorecard, #cara mengatasi kelemahan balanced scorecard, #cara menghitung balance scorecard, #Ciri - Ciri Balanced Scorecard, #ciri ciri bsc, #contoh 4 perspektif balance scorecard, #contoh analisis bsc, #contoh balance scorecard, #contoh balance scorecard hotel, #contoh balance scorecard perusahaan makanan, #contoh balance scorecard perusahaan manufaktur, #contoh balance scorecard pt indofood, #contoh balance scorecard rumah sakit, #contoh balance scorecard sederhana, #Contoh Balanced Scorecard, #contoh balanced scorecard pendidikan, #contoh balanced scorecard perusahaan, #contoh bsc rumah sakit, #contoh framework balanced scorecard, #contoh inisiatif strategis, #contoh kartu skor berimbang, #contoh kasus balance scorecard, #contoh kpi sekolah, #contoh penerapan balance scorecard, #contoh pengisian balance scorecard, #contoh perspektif pelanggan, #contoh soal balance scorecard, #contoh soal perhitungan balance scorecard, #contoh strategi map perusahaan, #definisi proses bisnis internal secara umum, #ebook balanced scorecard pdf, #faktor pendukung kinerja balanced scorecard, #Faktor yang Mempengaruhi Balanced Scorecard, #fungsi balance scorecard, #Fungsi Balanced Scorecard, #gambar balanced scorecard, #hambatan balance scorecard, #hasil kinerja balanced scorecard, #hubungan balanced scorecard dengan strategi perusahaan, #hubungan sebab akibat balanced scorecard, #implementasi balanced scorecard, #indikator evaluasi strategi, #it balanced scorecard digunakan sebagai, #jelaskan bsc sebagai sebuah sistem manajemen, #jelaskan fungsi scorecard, #jelaskan penerapan balanced scorecard, #Jenis - Jenis Balanced Scorecard, #jurnal balance scorecard pdf, #jurnal balanced scorecard, #jurnal perspektif pelanggan, #karakteristik balance scorecard, #Karakteristik Balanced Scorecard, #kegagalan balance scorecard, #kegunaan balance scorecard, #Kekurangan Balanced Scorecard, #Kelebihan Balanced Scorecard, #kelemahan balance scorecard, #Kelemahan Balanced Scorecard, #kelemahan kartu skor berimbang, #kelemahan sistem pengukuran tradisional, #kendala balance scorecard, #kerangka balanced scorecard, #kerangka pengembangan kinerja, #keunggulan balance scorecard, #Keunggulan Balanced Scorecard, #keunggulan balanced scorecard dibanding ukuran kinerja konvensional, #keunggulan balanced scorecard pdf, #keunggulan konsep balance scorecard, #key performance indicator, #konsep balance scorecard, #konsep balanced scorecard, #Konsep Keseimbangan Balanced Scorecard, #konsep key performance indicator, #landasan teori balanced scorecard, #langkah-langkah balanced scorecard, #langkah-langkah penyusunan balance scorecard, #lead and lag, #Macam - Macam Balanced Scorecard, #makalah akuntansi manajemen balance scorecard, #makalah balance scorecard, #makalah Balanced Scorecard, #makalah balanced scorecard pada perusahaan, #maksud dari penentuan jati diri bsc!, #manfaat balance scorecard, #manfaat balance scorecard menurut para ahli, #Manfaat Balanced Scorecard, #manfaat bsc bagi perusahaan, #market share menurut kaplan, #materi balance scorecard, #materi balance scorecard pdf, #materi Balanced Scorecard, #materi spm balanced scorecard, #mengapa balanced scorecard dibutuhkan, #mengapa organisasi perlu balanced scorecard, #mengapa perspektif non keuangan penting, #modul balance scorecard, #penerapan balance scorecard, #penerapan balance scorecard pada perusahaan, #penerapan bsc dalam perusahaan, #pengertian balance scorecard dan contohnya, #pengertian balance scorecard menurut para ahli, #Pengertian Balanced Scorecard, #Pengertian Balanced Scorecard Menurut Para Ahli, #pengertian bsc dalam kebidanan, #pengertian dan implementasi hr scorecard, #pengukuran kinerja, #pengukuran lead dan lag, #pentingnya balance scorecard bagi perusahaan, #pentingnya bsc bagi perusahaan, #perangkat pengukuran kinerja perusahaan, #perencanaan kapasitas perusahaan jasa, #perspektif balance scorecard, #Perspektif Balanced Scorecard, #perspektif dalam benchmarking, #pertanyaan kinerja keuangan, #pertanyaan tentang balance scorecard, #pertanyaan tentang balanced scorecard, #pertanyaan tentang bsc, #pertanyaan tentang pengendalian keuangan, #prinsip dasar balance scorecard, #ruang lingkup balanced scorecard, #rumah sakit, #rumus perspektif pelanggan, #sebutkan 4 ukuran kinerja non keuangan, #sebutkan dan jelaskan keunggulan konsep bsc, #sebutkan dan jelaskan manfaat dari bsc, #sebutkan keunggulan konsep balance scorecard, #sebutkan tahapan penyusunan bsc, #sejarah balance scorecard, #siapa yang menggunakan balanced scorecard, #soal uas balance scorecard, #tahap tahap implementasi balanced scorecard, #teori bsc, #teori pengukuran kinerja, #Tujuan Balance Scorecard, #tujuan balanced scorecard, #tujuan penerapan balance scorecard, #ukuran ukuran kinerja
√ Balanced Scorecard : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Kelemahan Terlengkap
√ Balanced Scorecard : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Kelemahan Terlengkap

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Balanced Scorecard. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Balanced Scorecard : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Kelemahan Terlengkap

 


Pengertian Balanced Scorecard

Kartu skor berimbang atau yang sering disebut dengan Balanced Scorecard merupakan salah satu sistem manajemen untuk mengukur kinerja perusahaan secara lebih komprehensif.

Balanced Scorecard diciptakan untuk mengatasi problem tentang kelemahan sistem pengukuran kinerja eksekutif yang hanya berfokus pada perspektif keuangan saja dan cenderung mengabaikan perspektif non keuangan.

Balance Scorecard ini dikembangkan oleh Drs. Robert Kaplan (Harvard Business School) and David Norton pada awal tahun 1990.

 


Pengertian Balanced Scorecard Menurut Para Ahli

 

1. Kaplan dan Norton

Balanced scorecard yaitu sebuah metode alternatif yang digunakan perusahaan untuk mengukur kinerja perusahaan secara lebih komprehensif, tidak hanya terbatas pada kinerja keuangan, namun meluas ke kinerja non keuangan, seperti perspektif pelanggan, Proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan.


2. Mulyadi

Balance scorecard terdiri dari dua kata yaitu Balanced dan scorecard. Scorecard diartikan sebagai kartu skor, maksudnya adalah kartu skor yang akan digunakan untuk merencanakan skor yang diwujudkan di masa yang akan datang.

Sedangkan Balanced artinya berimbang, untuk mengukur kinerja eksekutif secara berimbang dari berbagi dimensi yaitu keuangan dan non keuangan jangka pendek dan jangka panjang, intern dan ekstern.


3. Tunggal

Balanced scorecard ialah suatu laporan akuntansi yang di dalamnya terdapat empat faktor dari perusahaan agar perusahaan itu sukses yang pertama adalah kinerja finansial, kepuasan pelanggan, proses bisnis internal, inovasi dan pembelajaran.


4. Luis dan Biromo

Balanced scorecard yakni semua alat manajemen kinerja yang dapat membantu organisasi untuk menerjemahkan visi dan strategi ke dalam aksi dengan memanfaatkan sekumpulan indikator finansial, non finansial yang kesemuanya terjalin dalam suatu hubungan sebab akibat.

 


Karakteristik Balanced Scorecard

 

1. Komprehensif

Balanced Scorecard ini dapat memperluas perspektif yang dicakup dalam pengukuran kinerja, dari yang sebelumnya hanya terbatas pada perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Perluasan perspektif ini menghasilkan manfaat bagi perusahaan diantaranya yaitu menjanjikan kinerja keuangan yang berlipat ganda dan berjangka panjang, serta membantu perusahaan memasuki lingkungan bisnis yang kompleks.


2. Koheren

Balanced Scorecard yang mewajibkan tiap personel untuk membangun hubungan sebab akibat dari berbagai sasaran strategis yang dihasilkan dalam perencanaan strategis.

Setiap sasaran yang ditetapkan dalam perspektif non keuangan harus mempunyai hubungan kausal dengan sasaran keuangan, baik secara langsung maupun tidak langsung.


3. Seimbang

Keseimbangan antara keempat perspektif balanced scorecard yang bisa dihasilkan oleh sebuah sistem perencanaan strategis, sangat penting untuk menghasilkan kinerja keuangan berjangka panjang.

Bobot keempat perspektif dalam Balanced Scorecard seimbang, dimana perspektif yang satu tidak melebihi perspektif yang lain.


4. Terukur

Balanced Scorecard dapat mengukur sasaran strategis yang sulit diukur. Sasaran strategik di perspektif pelanggan, proses bisnis internal dan juga pembelajaran dan pertumbuhan merupakan sasaran yang tidak mudah terukur.

Tetapi dalam balanced scorecard ketiga perspektif non keuangan tersebut ditentukan ukurannya sehingga bisa diwujudkan untuk mengukur kinerja perusahaan.

 


Kelemahan Balanced Scorecard

  • Hubungan antara pengukuran dan hasil non finansial yang relative sedikit.
  • Tidak adanya mekanisme untuk melakukan perbaikan.
  • Pengukurannya tidak up-to-date.
  • Terlalu banyak kriteria pengukur.
  • Kesulitan dalam menetapkan trade-off antara pengukuran finansial dan non finansial.

 


Tujuan Balance Scorecard

  • Untuk dapat menyeimbangkan berbagai usaha dan perhatian eksekutif kekinerja keuangan dan nonkeuangan, serta kinerja jangka pendek dan jangka panjang.

 


Konsep Keseimbangan Balanced Scorecard

  • Keseimbangan antara suatu indikator keberhasilan finansial dan non finansial.
  • Keseimbangan antara berbagai konstituen internal dan eksternal dari organisasi.
  • Keseimbangan antara sebuah indikator performa lag dan lead.

 


Perspektif Balanced Scorecard

  • Perspektif Keuangan
  • Perspektif Pelanggan
  • Perspektif Proses Bisnis Internal
  • Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Balanced Scorecard : Pengertian, Konsep, Tujuan, Karakteristik, Prespektif & Kelemahannya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */