Cash Dividend

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Cash Dividend. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Cash Dividend


Pengertian Cash Dividend

Cash dividend adalah suatu bentuk dividen yang dapat dibayarkan dalam bentuk uang tunai. Pada mulanya cash dividend lebih banyak disukai oleh para pemegang saham dan lebih sering digunakan oleh perseroan jika dibandingkan dengan jenis dividen yang lain.


Prosedur Pembayaran Cash Dividend

  •  Memutuskan jumlah nominal divien yang akan dibayar
  • Mengevaluasi kondisi posisi keuangan pada periode sebelumnya
  • Menentukan posisi periode mendatang dalam membayar dividen
  • Menentukan waktu tanggal-tanggal yang tepat agar dapat berhubungan dengan pembayaran dividen secara tunai

Waktu Pembayaran Cash Dividend

  • Tanggal ex-dividend

Tanggal ex-dividend adalah tanggal perdagangan saham yang sudah tidak melekat lagi hak untuk memperoleh dividen. Jadi apabila investor membeli saham pada tanggal ini atau sesudahnya, maka investor tersebut tidak lagi dapat mendaftarkan namanya untuk memperoleh dividen.


  • Tanggal pencatatan (date of record)

Tanggal ini perusahaan melakukan pencatatan nama-nama pemegang saham. Para pemilik saham yang terdaftar pada daftar pemegang saham tersebut memperoleh hak, sedangkan pemegang saham yang tidak terdaftar pada tanggal pencatatan tidak dapat memperoleh hak untuk mendapatkan dividen.


  • Tanggal cum-dividend

Tanggal cum-dividend adalah tanggal dimana hari terakhir perdagangan saham yang masih melekat hak untuk memperoleh hak atas dividen baik dividen tunai maupun dividen saham.

Baca Juga :  Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

  • Tanggal pembayaran (payment date)

Tanggal pembayaran adalah saat dimana pembayaran dividen oleh perusahaan kepada para pemegang saham yang telah memiliki hak atas dividen. Jadi pada tanggal tersebut, para investor sudah dapat memperoleh dividen sesuai dengan bentuk dividen yang telah diumumkan atau disepakati oleh emiten (dividen tunai, dividen saham).


  • Tanggal pengumuman (declaration date)

Tanggal pengumuman adalah tanggal yang mana secara resmi diumumkan oleh emiten tentang bentuk dan besarnya serta jadwal pembayaran dividen yang akan dilakukan. Pengumuman ini biasanya untuk pembagian dividen regular.


Tujuan Cash dividend

Pemberian cash dividend adalah bertujuan untuk dapat memacu kinerja salam di bursa efek yang juga merupakan return dari pemegang saham dibandingkan dengna deviden saham.


Rumus Perhitungan Cash Dividend

Devidend Payout Ratio (DPR) = Devidend per Share (DPS) / Earning per Share (EPS).


Contoh Kasus Cash Dividend

Perusahaan mengumumkan 2% cash dividend dari harga saham maka pemegang saham akan melihat harga sahamnya akan turun 2% juga hal ini dikarenakan adanya transfer nilai ekonomis. Cash dividend yang diterima dikenakan pajak perorangan sehingga pajak yang harus dibayar ini akan mengecilkan nilai riil yang diterima pemegang saham. Tetapi tidak masalah dengan pemegang saham karena mereka juga mengharapkan capital gain dari sahamnya.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Cash Dividend : Pengertian, Tujuan, Rumus Perhitungan, Prosedur Pembayaran, Waktu Pembayaran & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :