Contoh Surat Permohonan

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Pada setiap orang pasti akan memiliki suatu masalah yang harus dapat diselesaikan. Masalah tersebut bisa datang secara mendadak atau tidak. Hal tersebut akan mengakibatkan seseorang untuk dapat menyelesaikannya terlebih dahulu permasalahan yang sedang di hadapi. Tetapi sebagai orang makhluk sosial  tentunya sangat membutuhkan bantuan orang lain agar kehidupan manusia dapat selalu memiliki hubungan timbal balik secara baik.

Jika sifat saling membutuhkan satu sama lain tersebut dapat diterapkan pada saat kondisi pada kehidupan manusia dalam keseharian, maka tentu dapat dilakukan dengan cara menunjukkan suatu perilaku atau tindakan memohon. Permohonan itu biasanya akan dilakukan pada saat cara berbicara secara langsung dengan nada yang sopan santun atau secara formal adalah menggunakan surat permohonan izin.

Permohonan secara formal ini dapat dilakukan oleh individu yang telah bekerja atau berada pada sebuah instansi khusus. Apabila individu karyawan di sebuah kantor sedang tidak bisa masuk untuk bekerja maka karyawan di wajibkan untuk membuat surat permohonan. Bentuk dari permohonan tersebut biasanya akan meminta untuk berupa cuti dari pekerjaannya. Pada proses pengajuan izin tersebut jelas tidak boleh hanya melakukan secara lisan saja. Karyawan tersebut harus memberikan surat permohonan dengan isi yang disesuaikan dengan tujuan keperluan.

Sebenarnya bukan hanya di bagian instansi saja dalam serta perkantoran saja namun juga seperti di kampus maupun di sekolah. pada mahasiswa tingkat akhir yang ingin melaksanakan suatu magang di suatu perusahaan tertentu juga diwajibkan untuk dapat membuat surat permohonan. Surat permohonan mempunyai beberapa manfaat yaitu untuk mengajukan suatu surat rekomendasi kerja atau mendapatkan beasiswa, meminta bantuan, hingga pengajuan dana. Mempelajari dan membuat surat permohonan juga dapat memudahkan kamu jika suatu saat akan membutuhkannya.

Contoh Surat Permohonan Serta Formatnya yang Baik dan Benar


Pengertian Surat Permohonan

Surat permohonan adalah surat yang diciptakan oleh perseorangan, organisasi, dan badan usaha untuk memohon suatu hal kepada pihak terkait lain atau suatu instansi lain. Ketika kamu dalam keadaan sangat membutuhkan bantuan orang lain, akan tetapi hal ini terjadi di dalam suatu ruang lingkup secara formal seperti di dalam lembaga pendidikan, untuk semua perusahaan maka Kamu akan membutuhkan surat permohonan. Dalam membuat surat permohonan tentu ada suatu tujuan yang tertentu sehingga ingin diraih atau disampaikan secara formal serta secara resmi. Oleh karena itu, format dalam tulisan dalam pembuatan surat permohonan harus bersifat formal serta mengikuti aturan format umum yang biasa digunakan oleh kebanyakan individu atau instansi resmi.

Surat permohonan telah mempunyai ciri dan karakteristik yang secara detail sehingga pada susunan format di dalam teksnya bisa dikelompokan sebagai surat resmi. Dengan format sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan secara formal, sehingga Anda bisa menemui contoh surat yang memiliki format dalam penulisan yang berbeda antar lembaga resmi, secara umum yang boleh dilihat sebagai ciri khususnya yaitu pada bagian isi yang bertujuan untuk meminta bantuan, serta urutan pada bagian dari teks surat.


Tujuan dan Fungsi Surat Permohonan

Bahwa tujuan dalam surat permohonan yaitu untuk meminta surat permohonan untuk permintaan terhadap suatu hal kepada pihak yang memiliki wewenang dengan lembaga formal. surat permohonan ini juga mempunyai manfaat untuk dijadikan sebagai alat bukti secara tertulis tentang sutu perihal yang akan kita laksanakan supaya mendapatkan pertolongan atau support dari pihak penerima surat.

pada surat permohonan memiliki fungsi yang sangat penting, seperti ketika orang yang mengirim atau si pemohon yang telah bersangkutan mempunyai suatu kepentingan untuk memperoleh masa depan yang akan diharapkan. Serta berdasarkan tujuannya pula, ada banyak dari jenis surat permohonan yang bisa kamu tulis sesuai dengan kebutuhan permohonan kamu dalam membuat surat keputusan.


Jenis-Jenis Surat Permohonan

Surat permohonan mempunyai beberapa jenis yang dapat digunakan. Dari jenis-jenis surat permohonan tersebut kamu dapat menyeleksi salah satu jenis yang menurut kamu tepat sesuai dengan kebutuhan kamu. Menyeleksinya harus benar-benar tepat dengan keperluian kamu, karena format pada penulisannya juga mengikuti aturan dan tujuan. Berikut ini jenis-jenis surat permohonan adalah sebagai berikut :

1. Surat Permohonan Izin Cuti

Sesuai dengan nama dari judul untuk mengatakan surat permohonan ini, harusnya ditulis dengan tujuan untuk meminta izin cuti kepada pihak yang memiliki wewenang atau jabatan yang lebih tinggi di suatu instansi, di dalam perusahaan. Biasanya akan dituliskan dengan karyawan atas kondisi yang benar-benar sangat membutuhkan pertolongan dan memilih untuk untuk meminta izin cuti, bisa dalam waktu secara singkat atau berkepanjangan. Selain karyawan, pada surat permohonan izin cuti juga dapat dituliskan oleh sebagai pihak terkait yang memiliki keterlibatan kerja atau masa di sebuah instansi resmi, contohnya seorang karyawan yang memiliki kepentingan tertentu untuk cuti selama beberapa waktu masa pekerjaan. untuk dapat menyelesaikan masalah yang di dapat. Selengkapnya, kamu bisa lihat beberapa contoh surat cuti yang bisa kamu gunakan untuk permohonan cuti kerja ke perusahaan.


2. Surat Permohonan Beasiswa

Jenis surat permohonan selanjutnya ditulis dengan suatu tujuan untuk meminta pertolongan dengan tujuan mendapatkan beasiswa dalam program pendidikan. Sesuai dengan kebutuhannya, tentu saja surat ini ditulis oleh para pelajar atau akademisi yang ingin meneruskan suatu pendidikan tidak menggunakan biaya sehingga akan mengajukan bantuan dana pendidikan, bisa kepada pemerintah atau perusahaan terkait. akan tetapi surat permohonan beasiswa ini mempunyai format yang diperoleh secara langsung oleh pihak perusahaan atau lembaga instansi untuk memberi beasiswa kepada para mahasiswa, dan para calon yang mengharapkan beasiswa tersebut hanya diharuskan mengisi form yang telah diberikan sesuai dengan susunan format yang diberikan.


3. Surat Permohonan Izin Acara

Surat ini memiliki tujuan untuk mendapatkan manfaat agar dapat digunakan sebagai barang bukti yang resmi dan kuat soal terkait permohonan perizinan dalam melaksanakan kegiatan atau acara. Sifatnya bersifat penting supaya acara yang akan direncanakan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan, serta tidak ada soal permasalahan hal lain. Surat ini diterbitkan oleh penyelenggara acara, yang biasanya menyangkut dari pihak kepentingan misalnya seminar, pentas seni, dan sebagainya. Selain itu, surat permohonan izin acara juga sangat bermanfaat bagi kamu yang pada waktunya ingin menyebarkan suatu undangan acara kepada publik yang dipilih sebagai audiens di acara yang hendak akan dilaksanakan.


4. Surat Permohonan Sponsor

Surat permohonan sponsor ini dibuat dengan maksud untuk meminta bantuan kepada para donasi yang berasal dari sponsor iklan atau produk. Dibuat atas keinginan seseorang yang akan melaksanakan sebuah acara, baik acara resmi maupun acara tidak resmi. Semakin besar dan banyak pihak yang mendapatkan sponsor, maka acara bisa menjadi semakin megah dan menarik, sangat strategis untuk dipergunakan sebagai penarik minat penonton yang akan diundang dalam sebuah acara.

Di dalam surat permohonan ini para sponsor iklan atau produk harus ditulis dengan sangat jelas, dengani pihak yang pemohon untuk mendapatkan donasi atau sponsor dalam sebuah acara yang akan berlangsung, kemudian tujuan dicarinya suatu sponsor di dalam sebuah acara. dengan pernyataan secara optimis untuk kelancaran sebuah acara jika dibantu oleh berbagai pihak yang memberikan sponsor. Pastikan acara tersebut memiliki skala cakupan yang sangat luas asupaya dapat menguntungkan pada pihak yang telah memberi sponsor. Jangan sampai salah dalam menggunakan sponsor jika acara dengan berskala kecil.


5. Surat Permohonan Kerjasama

Terakhir adalah surat permohonan untuk kerjasama, biasanya diciptakan untuk kedua belah pihak yang terhubung atau sedang melaksanakan perjanjian kerjasama untuk memperkuat hubungan kerja sama antar perusahaan supaya dapat memberikan keuntungan yang seimbang. Surat ini juga dapat diajukan ketika para pemohon sedang mengalami masalah atau kekurangan yang tidak bisa dihadapi dan  diatasi secara pribadi sehingga harus memerlukan bantuan dari pihak lain untuk mendorong serta menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Tetapi Anda perlu memperhatikan dengan sangat baik, bahwa pada surat permohonan kerjasama ini ditulis dengan menyebutkan hasil yang akan di dapat oleh para pemohon supaya keuntungan juga bisa didapatkan oleh para pemberi bantuan. Jadi, pastikan bahwa kamu dapat menuliskan tujuan dengan baik dan benar.


Syarat-Syarat Penulisan Surat Permohonan

Surat permohonan ini tergolong surat yang resmi dan kuat serta dalam penulisannya harus menggunakan format dan syarat-syarat ketentuannya dari pihak terkait. Hal tersebut dikarenakan bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas kepada si penerima surat permohonan. Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan saat akan menulis surat permohonan sesuai dengan kepentingan kamu.

1. Identitas

Mencantumkan suatu identitas merupakan hal yang sangat wajib ada dan dilaksanakan ketika hendak menulis surat permohonan. Identitas si pemohon dan penerima harus ditulis secara lengkap dan jelas sesuai dengan tanda pengenal seperti KTP, paspor dan lainnya. Penulisan data identitas ini supaya surat yang akan dikirim tepat sesuai dengan sasaran dan sipenerima memahami maksud serta tujuan dari si pengirim surat permohonan. kamu harus dapat memastikan bahwa pada penulisan identitas harus lengkap dan di tulis dengan benar. Kelengkapan pada penulisan berupa identitas ini merangkup nama penulis, alamat, tempat tanggal lahir dan hal lain yang bersifat sangat penting supaya penerima yakin dengan pemohon. Hal ini juga akan berlaku pada identitas si penerima surat permohonan baik sebagai lembaga atau di organisasi resmi.


2. Tata Letak

Surat permohonan masuk ke dalam surat resmi seperti pengaturan tata letak tulisan yang harus benar-benar kamu diperhatikan. pada pengaturan tata letak ini meliputi sub-sub yang harus dituliskan secara terurut dan sesuai dengan format kebutuhan, seperti kepala surat, salam untuk pembuka, identitas dan sebagainya. kamu akan menyesuaikan tata letak yang tepat dengan kategori beserta contoh surat permohonan yang ingin Anda buat. Misalnya pada penulisan perihal surat, harusnya diletakkan pada posisi atas pada tepat di bawah kop surat, dan berada di bagian sisi kiri teks surat, begitu juga dengan bagian lainnya yang harus dituliskan sesuai dengan urutan yang telah ditetapkan secara resmi.


3. Tulisan Yang Rapi

Format pada penulisan yang berurutan sangat penting dan kamu juga dapat menggunakan font pada tulisan atau model tulisan yang bagus serta rapi. kamu pastikan bahwa format tulisan antar kalimat dan paragraf bisa terbaca dengan jelas dan tidak boleh disingkat, tidak buram atau terlalu rumit dalam penulisan jika hendak di baca. Kerapian pada tulisan juga dapat dipengaruhi oleh susunan format kalimat yang dapat disesuaikan dengan bahasa tata EYD, serta dengan bahasa yang baku serta socok untuk bisa digunakan di surat-surat  yang resmi pada umumnya. Kini dengan menggunakan media atau perangkat digital seperti PC atau laptop tentunya akan lebih mempermudah kamu untuk merapikan dalam tulisan untuk surat permohonan yang baik. Namun, jika surat ditulis secara manual menggunakan tangan, maka kamu dapat memiliki tulisan tangan yang bagus dan menarik supaya isinya bisa terbaca dengan sangat jelas.


4. Tujuan surat

Tujuan setiap surat permohonan tentu sangat berbeda, hal tersebut karena pada setiap isi surat permohonan yang dibuat pasti menurut kategori kebutuhan setiap masing-masing. Dalam surat permohonan, tujuan untuk menjadi unsur utama sebab yang hanya membedakan dalam surat permohonan dengan surat lainnya yaitu bagian terletak pada bagian tujuannya. Secara ringkas tujuan surat dapat ditulis pada perihal surat, kemudian akan diterangkan secara lebih rinci pada isi surat.


5. Dateline surat

Hal penting lainnya adalah untuk menentukan waktu dateline pada surat. Dateline surat yang tujukan yaitu waktu penulisan surat serta penentu batas waktu untuk mendapatkan respon atau balasan pada bagian surat. kamu harus menggunakan isi format hari, tanggal, tahun dan tempat supaya penulisan waktu lebih jelas. Dateline surat dibuat supaya penerima surat mengerti kapan kamu membuat surat permohonan ini dan kapan batas waktu membalasnya. Ini akan mempersingkat untuk pemberian respon dengan cepat dari si penerima surat dan bisa meminimalisir surat permohonan yang diabaikan.


Format Surat Permohonan

Dikarenakan surat permohonan ini termasuk surat secara resmi maka harus terdapat format pada surat permohonan. Terdapat beberapa format yang harus ada bagiannya dalam pembuatan surat permohonan. Format ini harus ditulis secara berurut serta lengkap dengan jelas. Dibawah ini terdapat format susunan surat permohonan :

1. Kop / Kepala Surat

Untuk penempatan judul isi pada surat. Pertama dan yang terpenting dalam isi surat permohonan adalah kepala surat atau kop surat, dengan letaknya berada di bagian paling atas surat dengan menggunakan format rata tengah. Tetapi jika pengirim bukan berasal dari lembaga resmi kepala surat dapat diganti menjadi judul surat. Dalam kop surat terdapat nama dalam instansi atau suatu lembaga secara resmi yang berkaitan dengan si pengirim surat dan disertakan berupa logo sekaligus serta alamat lengkap.


2. Waktu Surat

Pengertiannya adalah tentang waktu terhadap penulisan sekaligus penentuan batas waktu dengan respon surat. Bagian tersebut biasanya akan diberikan di posisi awal setelah bagian kop surat, tepatnya di bagian poisi kanan. Namun, dapat juga dituliskan pada bagian akhir surat setelah salam penutup dan sebelum penulisan tanda tangan beserta nama terang yang terkait.


3. Nomor Surat

Surat resmi juga mempunyai bagian nomor surat, yang berfungsi untuk tujuan memberikan urutan ditulisnya sebuah surat permohonan. Biasanya terletak pada bagian awal setelah bagian kop surat, tepat di bagian posisi kiri bawah, serta sebelum atau tepat di atas lampiran nomor surat.


4. Perihal dan Lampiran

Anda bisa menuliskan lampiran jika terdapat berkas-berkas penting selain surat yang bisa mendukung pernyataan isi di dalamnya. Lampiran juga bisa tidak dituliskan jika tidak ada berkas lain yang perlu dinyatakan sebagai pendukung surat.


5. Salam Pembuka dan Penutup

Setiap jenis surat, baik itu surat dinas atau resmi, serta surat pribadi tentunya harus memiliki salam pembuka dan penutup. Seperti yang Anda ketahui secara umum, bahwa letak salam pada pembuka berada di awal pembukaan sebelum isi surat, dan setelah isi perihal. Sementara pada bagian salam penutup berada di akhir surat, tepatnya setelah isi surat serta sebelum penulisan nama terang dan tanda tangan si pengirim surat.


6. Identitas pengirim dan penerima

Hal penting lainnya dalam surat permohonan adalah identitas kepada si pemohon dan penerima  surat. Identitas dapat memberikan tentang informasi berupa kejelasan mengenai tujuan yang akan ditulisnya surat pada kedua pihak yang bersangkutan. Identitas pada pengirim dan penerima dapat diletakkan pada awal atau di akhir surat, tergantung dengan kepentingan pengirim surat.


7. Isi surat

Isi surat tentu dapat dituliskan pada bagian tengah surat. Pada bagian ini kamu sebagai pengirim surat dapat menuliskan segala hal yang diperuntuka secara rinci yang terkait dengan tujuan dari permohonan surat yang kamu buat. Biasanya isi surat terdiri dari satu sampai dua paragraf yang ditulis dengan singkat, padat dan jelas.


8. Tanda Tangan dan Nama Terang

Bagian terakhir yang paling penting adalah tanda tangan sekaligus nama lengkap. Identitas dari pemilik nama sekaligus tanda tangan tersebut adalah kepada pengirim surat atau pemohon. Tulis tanda tangan menggunakan bollpoint dengan tinta berwarna hitam, dan kamu tidak perlu untuk memberikan materai walaupun surat ini termasuk ke dalam kategori surat yang resmi.


Contoh Surat Permohonan Izin

Kami akan memberi beberapa contoh yang akan menjadi pemahaman kamu dalam pembuatan surat resmi, sehingga kamu dapat lebih paham dan mengerti cara pembuatan surat resmi yang baik dan benar. antara contoh tersebut antara lain adalah sebagai berikut :


1. Contoh Surat Permohonan Izin

PT. Kencana Makmur Group
Pusat Grosir Blok ABC No. 14 Jl. Waringin Km. 3,8 Jakarta 670112
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 089768986659
Website: www.kencanamakmur.com Email: [email protected]

Jakarta, 27 April 2019

No : 019/PTSAA/09/2019
Hal : Permohonan Izin Mendirikan Bangunan
Lampiran : 1 (satu) berkas

Yth.
Kepala Badan Peayanan Perizinan Terpadu
Jalan Kota Sepang 2 Raya No. 23 – 27
Kota Jakarta

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama             : Guntur Andara
Jenis Kelamin : Laki – Laki
No. KTP          : 34587899
Alamat           : Jl. Penogoro No. 12 Jakarta

Dengan ini mengajukan permohonan izin mendirikan bangunan (IMB) untuk keperluan Tempat untuk Kantor yang berlokasi di Jalan Melati Putih Gg. Mawar No. 10B RT. 02 RW. 05 Kelurahan Melodi Indah, Kecamatan Musik Kaler Kota Jakarta 32989. Dengan spesifikasi bangunan adalah memiliki luas tanah 1000 meter persegi dan luas bangunan 600 meter persegi dengan memiliki 2 (dua) tingkat lantai.

Untuk melengkapi permohonan izin ini, bersama surat ini juga kami lampirkan surat – surat yang diperlukan.

Demikian surat ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak Ibu, kami ucapkan terima kasih dan harap maklum.

Pemohon,

Angga Jatmoko


2. Contoh Surat Permohonan Izin Sponsor Bantuan

Kelompok Kuliah Kerja Nyata 123

Universitas Glora Merdeka

Telp. 08571110109; email: [email protected]

Bekasi, 11 Desember 2016

No           : 17/SP/V/2016

Lampiran : 1 bendel proposal

Hal           : Permohonan Sponsor

Yth.

Direktur PT. Bukit Alam

di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang dilaksanakan di Desa Jatimulyo, Bekasi, pada bulan Desember Januari 2016, kami selaku kelompok KKN 123 akan mengadakan berbagai kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat setempat. Tema yang kami angkat adalah “Kemandirian Desa Demi Kesejahteraan Bersama”. Salah satu kegiatan yang akan kami laksanakan adalah pengadaan alat-alat pertanian untuk membantu petani setempat meningkatkan hasil panen.

Oleh karena itu, kami bermaksud mengajukan permohonan sponsor kepada perusahaan Bapak/Ibu. Adapun rincian kegiatan serta anggaran terlampir dalam proposal yang kami sertakan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, Bapak/Ibu dapat menghubungi kontak yang tertera.

Demikian surat permohonan sponsor ini kami sampaikan. Besar harapan kami perusahaan Bapak/Ibu dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Koordinator Mahasiswa

Alena Agadra


3. Contoh Surat Permohonan Izin Mengisi Acara

Kelompok Posyandu Sayang Ibu

Sekretariat: Gg. Swanliong No. 188, Kalimantan

Telp. 085790768933

Surakarta, 14 Juni 2019

Yth. dr. Alda Cintia, Sp. OG

di tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, kami bermaksud mengadakan penyuluhan untuk kelompok ibu-ibu yang tergabung dalam posyandu kami pada:

Hari, tanggal : Sabtu, 7 Juni 2019

Waktu           : pukul 09.00-13.00

Tempat         : Lapangan Keliling, Kalimantan

Sehubungan dengan acara tersebut, kami mohon kesediaan Dokter Ida untuk bisa menjadi narasumber dan berbagi pengetahuan mengenai tema “Kanker Serviks pada Wanita Usia Produktif”.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Atas kesediaan dan perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ketua Panitia

Wayan Ni Puta


4. Contoh Surat Permohonan Izin Pindah Kerja

Palangkaraya, 11 Juli 2019

Yth. Direktur PT Tiga Saudara Kembar

di tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama   : Antonia Sutta

NIP       : 890999

Jabatan : Supervisor Gudang

Mengajukan permohonan pindah kerja ke kantor cabang Palangkaraya dengan alasan pengembangan karier. Saya lampirkan pula berkas-berkas yang diperlukan sebagai syarat kepindahan.

Demikian surat permohonan ini saya buat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Antonia Sutta


5. Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Bogor, 29 April 2020

Kepada Yth
Direktur PT. Karya Sentosa
Jl. Perjuangan No. 15
Bogor

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama   : Kellan
NIP       : 34587888
Jabatan : Staff Produksi

Mengajukan permohonan izin tidak dapat bekerja disebabkan ada suatu keperluan keluarga yakni menghadiri pemakaman saudara yang berdomisili di Jawa Timur. Adapun pengajuan izin yang saya ajukan selama 3 hari, mulai dari tanggal 23 April 2019 sampai dengan 21 Mei 2020.

Demikian Surat permohonan ini saya buat berharap agar Bapak berkenan memberikan izin, atas pemberian izin Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Judan Hambali


6. Contoh Surat Permohonan Izin Keramaian

Setiap kegiatan tentu akan menyebabkan keramaian di tempat diselenggarakannya kegiatan tersebut. Untuk meminimalisir keadaan yang tidak diinginkan, makan pihak peyelenggara kegiatan bisa meminta izin dari pihak kepolisian. Jadi, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, pihak kepolisian akan ikut menjaga keamanan agar tetap kondusif.
=============

MASJID RAYA TANGERANG
Tangerang, 27 Maret 2021

No. : I/II/III/Maret/2021
Hal : Surat Permohonan Izin

Kepada Yth.
Bpk. KAPOLRES TANGERANG KOTA
Di Tempat.

Assalamualaikum Wr.Wb

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya acara kami Dalam rangka peringatan Haflatul Imtihan Santri Ponpes Miftahussalam serta Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW. Kami selaku Panitia Penyelenggara Memohonan Izin keramaian kepada Bapak dalam pelaksanaan pengajian tersebut yang akan di selenggarakan pada :
Hari/Tanggal : Senin/27 Maret 2021
Waktu            : 09.00 – Selesai
Acara             : Haflatul Imtihan dan Isro’ Mi’roj
Tempat          : Halaman Masjid Raya Tangerang
Penceramah   : Ustadz. Zuldan

Demikian surat pemberitahuan ini kami buat, atas perhatian dan izinnya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Hormat Kami,
Ketua Panitia,

Juniawan


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Contoh Surat Permohonan Serta Formatnya yang Baik dan Benar. semoga teman-teman yang telah membaca  mendapat wawasan tambahan dan Belajar cara membuat surat permohonan izin yang baik dan benar, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :