Dividend Payout Ratio

Dividend Payout Ratio (DPR)

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Dividend Payout Ratio (DPR). Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Dividend Payout Ratio


Pengertian Dividend Payout Ratio (DPR)

Dividend payout ratio atau dalam bahasa indonesianya dikenal sebagai Rasio Pembayaran Dividend adalah rasio keuangan yang digunakan untuk mengukur persentase laba bersih yang dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen untuk periode waktu tertentu (biasanya dalam 1 tahun).

Dengan kata lain, Rasio ini menunjukan seberapa tinggi porsi keuntungan yang diberikan kepada pemegang saham (investor) dan porsi keuntungan yang digunakan untuk mendanai kelangsungan operasional perusahaan.

 


Pengertian Dividend Payout Ratio Menurut Para Ahli

1. Menurut Jogiyanto (2008: 89)
Dividend payout ratio dapat diukur sebagai dividen yang dibayarkan dibagi dengan laba yang tersedia untuk para pemegang saham umum.


2. Menurut Darmadji dan Fakhruddin (2012:159)
Dividend payout ratio merupakan perbandingan dividen dengan laba bersih yang diperoleh


3. Menurut Gitman dan Zutter (2012:570)
Dividend payout ratio adalah indicates percentage of each dollar earned that is distributed to the owners in the form of cash, it is calculated by dividing the firm’s cash dividend pershare by its earning pershare.

Baca Juga :  Badan USaha Milik Negara (BUMN)

 


Tujuan Perhitungan Dividend Payout Ratio (DPR)

  • Untuk mengetahui besaran dividen yang dibagi dari pendapatan bersih yang diperoleh perusahaan.
  • Untuk mengetahui bahwa perusahaan bersangkutan akan membagikan dividen sekian persen dari total labanya.

 


Rumus Dividen Payout Ratio (DPR) :

Total Dividen / Total Laba Bersih

Keterangan
Total Dividen : Dividen Interim + Dividen Full

 


Cara Menghitung Dividend Payout Ratio (DPR)

PT Fajar Memperoleh Laba Bersih Tahun Buku 2017 Sebesar Rp28,56 Triliun. Pada Desember PT Fajar membagikan dividen Rp2,46 Triliun (Dividen Interim) dan Pada April Membagikan Dividen Rp11,22 Triliun (Dividen Full). Maka Berapa DPR nya?

(Rp2,46 Triliun + Rp11,22 Triliun) / Rp28,56 Triliun = 47,90 %

Besar kecilnya persentase dividen yang akan dibagikan dari laba bersih tergantung dari kebijakan perusahaan maupun kebiajakan permintaan dari pemegang saham terutama para pemegang saham utama dan harus disetujui dalam RUPS.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Dividend Payout Ratio : Pengertian, Tujuan, Rumus & Cara Menghitungnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :

Send this to a friend