Dividend Yield

Dividend Yield

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Dividend Yield. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Dividend Yield


Pengertian Dividend Yield

Dividend yield adalah salah satu termasuk dividend yang jumlah deviden saham tahunannya berasal dari suatu perusahaan yang telah dinyatakan dalam persentase dari harga pasar terakhir dari saham perusahaan tersebut. Dividend yield yang tinggi akan mampu memperlihatkan adanya suatu potensi passive income yang sangat menarik dari saham yang dimiliki oleh investor.


Tujuan Perhitungan Dividend Yield

  • Untuk menunjukan bagaimana investasi mereka menghasilkan arus kas dalam bentuk dividen atau kenaikan nilai aset oleh apresiasi saham.
  • Untuk menunjukkan berapa banyak penghasilan yang dapat dihasilkan oleh setiap Rupiah yang diinvestasikan ke dalam saham suatu perusahaan.

Rumus Perhitungan Dividend Yield

Dividend Yield = (Dividend per Share / Market Value per Share) x 100


Cara Menghitung Dividend Yield

Per tanggal 10 November 2019, Harga per lembar Saham PT. Kusuma Karya Indonesia Tbk yang diperdagangkan adalah sebesar Rp. 16.200,-, sedangkan Dividen per lembar Saham Tahunan yang dibagikan pada tahun 2019 adalah sebesar Rp. 428. Berapakah Divident Yield PT. Kusuma Karya Indonesia Tbk ?

Dividend Yield = (Dividen per lembar Saham Tahunan / Nilai Pasar per lembar Saham) x 100
Dividend Yield = (Rp. 428 / Rp. 16.200) x 100
Dividend Yield = 2,64%

Baca Juga :  Property Dividend

Jadi Dividen Yield PT. Kusuma Karya Indonesia Tbk adalah sebesar 2,64%.


Perusahaan Saham Dividend Yield Terbesar

  1. Indo Tambangraya Megah
  2. Sinar Mas Agro Resources & Technology
  3. Plaza Indonesia Realty
  4. Asuransi Jasa Tania
  5. Hexindo Adiperkasa
  6. Tambang Batubara Bukit Asam
  7. Trans Power Marine
  8. Total Bangun Persada
  9. Bisi International
  10. Lippo General Insurance

Demikianlah pembahasan mengenai √ Dividend Yield : Pengertian, Tujuan, Rumus, Cara Menghitung & Perusahaannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :

Send this to a friend