Staff Collection : Pengertian, Ciri, Fungsi, Peran, Tugas, Kualifikasi & Tanggung Jawabnya Lengkap

SarjanaEkonomi.Co.Id – Staff pada bagian penagihan atau sering disebut dengan Collection adalah salah satu bagian yang cukup penting di dalam sebuah perusahaan khususnya pada perusahaan perkreditan. Desk collection atau yang disingkat dengan deskcoll adalah dengan profesi serta tugas dan fungsi utama untuk memberitahukan, mengingatkan, serta menagih kewajiban kepada nasabah dengan melalui media telepon.

Atau secara lebih singkat sebagai desk collection atau admin collection dapat diartikan dengan bagian dari sebuah perusahaan yang bekerja untuk menjalanjakan proses pada penagihan atau membuat surat penagihan kepada pihak yang membayar piutang usaha kepada perusahaan.

Jika kamu belum paham sepenuhnya tentang Staff Collection, maka saya akan memberikamu penjelasan secara lengkap tentang staff collection, agar kamu dapat memahaminya lebih dalam lagi, selamat membaca.

Staff Collection : Pengertian, Ciri, Fungsi, Peran, Tugas, Kualifikasi & Tanggung Jawabnya Lengkap


Pengertian Staff Collection

Staff Collection merupakan tugas dalam pengelolaan terkait dengan piutang atau Account Receivable sebagai dampak dengan adanya suatu perjanjian pada pembiayaan. Piutang atau Account Receivable itu sendiri sebenarnya adalah asset milik perusahaan yang ada dan tersebar di pihak lain (secara debitur), oleh karena itu harus dikelola secara baik.


Fungsi Staff Collection

Adapun fungsi yang dimiliki oleh staff collection merupakan hal yang sangat penting dalam suatu kepentingan dalam menjalankan suatu bisnis untuk perusahaan, sehingga fungsi dalam staff collection adalah sebagai berikut ini :

  • Mengedepankan supaya proses pada pembayaran dari konsumen sesuai dengan tanggal pada jatuh tempo
  • Mengoptimalkan pada laba, segala sesuatu yang merupakan hak bagi perusahaan berupa uang yang wajib diterima dengan lebih
  • Cepat (pada sesuai dengan jadwal) supaya uang tersebut dapat di pergunakan dengan lebih produktif,
  • Mengecilakn atas kerugian pada angsuran yang telah tertunggak, sebab dengan membayar dengan kecepatan pembayaran collection dapat Menurunkan bahkan meniadakan potensi piutang akan macet.
  • Menjaga pada kestabilan dan kesehatan pada keuangan perusahaan
  • Menjalankan hak kepada perusahaan yang berkaitan dengan term & condition yang telah di sepakati dalam perjanjian, seperti dalam penarikan, pengenaan denda, penalty, dll.


Peran Collection

Collection mempunyai peran dalam menjalankan suau tugas untuk dapat memenuhi kewajibannya dalam bertugas, sehingga pihak perusahaan pada staff collection untuk menjalankan tugas yang diberikan, dan tugas collection adalah sebagai berikut :

  • Membuat account supaya menjadi normal atau lancar dengan usaha, collection secara efektif.
  • Melakukan pada follow up dengan cepat, baik melalui telpon, surat, maupun berupa suatu kunjungan.
  • .Membina hubungan secara baik dengan Account.

Tugas Collection

Sebagaimana tugas dalam staff collection juga dapat bertugas untuk melaksanakan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pada pengolahan informasi dan penagihan secara langsung terhadap perusahaan lain yang mempunyai utang kepada pihak perusahaan tempat dia bekerja. Secara spesifik dapat dijabarkan sebagai berikut ini:

1. Pengecekan Invoice

klien yang akan mendekati pada jatuh tempo atau sudah jatuh tempo dari tanggal yang telah ditentukan dalam perjanjian bersama. Seorang collection mempunyai tugas yang sangat penting dalam melaksanakan berupa pengecekan invoice yang sudah diberikan kepada seorang klien dan melakukan pada penagihan dengan aturan yang sudah ditetapkan secara bersama jika memang klien tersebut telah telat untuk membayar maka dalam melakukan proses pembayaran. Biasanya ada estimasi pada waktu tertentu yang menjadi suatu kebijakan pada masing-masing perusahaan yang terkait dengan transaksi keterlambatan pembayaran invoice.


2. Menyiapkan data Piutang Klien Yang Telah Bayar

Selanjutnya seorang Collection juga diwajibkan melakukan secara update data di dalam komputer dengan mengacu pada data pituang yang sudah dibayarkan oleh klien terkait. Kemudian seorang collection juga diwajibkan dapat membuat sebuah laporan akan pemotongan pada piutang tersebut supaya data-data yang ada tetap menjadi seimbang dan tidak salah perhitungan.


3. Melakukan Penagihan Kepada Klien Yang Telah Menunggak

Seorang Collection juga mempunyai tugas dalam melaksanakan pada penagihan kepada seorang klien yang memang mempunyai suatu tunggakan dalam pembayaran dan sudah melebihi batas jatuh tempo tanggal yang telah disepakati. Biasanya akan ada standar pada penagihan yang sudah ditetapkan oleh pihak perusahaan. kamu dapat mengikuti standar ini supaya tidak terjadi masalah dalam tata krama di kedepannya. Seorang penagih yang baik selalu mengutamakan dalam etika dibanding pada kesuksesan penagihannya.


4. Mengumpulkan Dan Mengelompokkan Invoice

Pada setiap harinya seorang Collection juga diwajibkan untuk dapat menjalankan proses dalam pengolahan data-data klien yang akan mendekati proses penagihan dan sudah sampai pada jatuh tempo. Klien yang sudah menyepakati sebuah janji dalam pembayaran juga masuk ke dalam kategori ini. kamu dapat menjalankan proses dalam pengolahan data dengan sangat cemat agar tidak ada kesalahan dalam proses pada penagihan yang dapat merusak citra pada perusahaan tempat kamu bekerja.


5. Membuat laporan secara berkala kepada manajemen

Seorang Collection juga Diwajibkan dalam membuat laporan secara bertahap kepada manajemen dimana kamu bekerja dan memastikan pada sebuah laporan yang kamu buat dengan benar benar pada hasil data terbaru. Pada dasarnya, collection dibagi menjadi beberapa bagian seperti:

  • Desk Collector
  • Juru Tagih (Field Collector)
  • Rhenium/ Remedial (RE)
  • Repossession /Repurchase Agreement (REPO)
  • Juru Sita (Remedial Collector)

Tanggung Jawab Staff Collection

Untuk menjadi seorang collection officer yang sukses, dibutuhkan pada ketekunan, dan tanggung jawab yang sangat besar. Selain itu juga harus melakukan beberapa hal dibawah ini:

1. Membangun Citra Collection Officer

Mayoritas masyarakat telah menilai bahwa petugas kolektor itu sangat menakutkan dan berperilaku dengan kasar. Pada saat seperti ini, citra dalam collection officer harus dibutuhkan guna untuk mengubah serta membangun pandangan persepsi masyarakat bahwa petugas kolektor adalah pihak yang dapat dijadikan sebagai konsultan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang didapat. Setelah yakin pada waktu yang tepat untuk berbicara tentang masalah pada sebuah angsuran itulah saatnya untuk berbicara dengan lebih serius dan dengan secara santai. Sehingga nasabah dan kita merasa nyaman dengan obrolan yang singkat itu.


2. Membina Hubungan Dengan Nasabah

Membangun padda suatu hubungan bersama nasabah bukan hanya pada kewajiban yang mutlak dari seorang marketing dan sales. Tetapi dengan menjalin hubungan yang baik dengan nasabah dapat juga dibangun oleh kolektor. Sebelum terlalu larut tentu kita dapat memahami dahulu apa saja tugas dan fungsi kita. Artinya, bagaimana kita akan menjadi seoarng konsultan jika kita tidak dapat memahami seluk beluk dan prosedur yang ada di dalam perusahaan.


3. Kemampuan Teknis

Untuk teknis di lapangan kita dapat menghubungkan dengan senior atau kepala collector, karena senior dan kepala collector adalah orang-orang yang mempunyai pengalaman di dunia tagih-menagih. Tentu saja mereka mempunyai cara secara jitu dalam melakukan cara menagih yang secara efektif.


4. Kejujuran

Semua dalam berbagai pekerjaan adalah kunci dari kejujuran, termasuk dalam melaksankan proses dalam menagih. Banyak nasabah yang akan menitipkan berupa pembayaran kepada pihak collection officer, sehingga collection officer harus mempunyai suatu kejujuran dan rasa penuh dengan tanggung jawab akan suatu pekerjaan nya. dan membayarkan angsuran nasabah yang dititipkan kepada perusahaan.


5. Tidak Terbebani Dengan Target

Hal yang terpenting menjadi seorang collector adalah harus bekerja secara semaksimal mungkin. Jadikan sebuah target dari perusahaan sebagai pemicu adrenalin dalam memotivasi kamu untuk bekerja.


Kualifikasi Staff Collection

Seorang Staff Collection biasanya mempunyai kuallifikasi sendiri dalam melakukan perekrutan karyawan baru, jika kamu tertarik ingin bekerja dengan posisi sebagai Staff Collection  maka kamu diharapkan memiliki kriteria sebagai berikut ini :

1. Memiliki ketelitian yang sangat luar biasa
2. Memiliki kemampuan dalam negosiasi yang baik
3. Memiliki kemampuan dalam berkomunikasi secara jelas dan baik
4. Mampu bekerja di bawah tekanan
5. Bersedia bekerja dengan target yang telah ditentukan
6. Mampu mengejar Deadline perusahaan
7. Pendidikan minimal D3 semua jurusan dengan pengalaman di bidang yang berkaitan minimal satu tahun.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Staff Collection : Pengertian, Ciri, Fungsi, Peran, Tugas, Kualifikasi & Tanggung Jawabnya Lengkap, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang telah membaca dan sudah memahami tentang profesi dari Staff Collection, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */