√ Evaluasi: Definisi, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Tahapan Evaluasi [ TERLENGKAP ]

Diposting pada
√ Evaluasi: Definisi, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Tahapan Evaluasi [ TERLENGKAP ]
5 (100%) 10 votes

√ Evaluasi : Definisi, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Tahapan Evaluasi [ TERLENGKAP ] – Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel ini. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai definisi evaluasi beserta tujuannya, ruang lingkup evaluasi, tahapan evaluasi dan jenis-jenis evaluasi.

Pembahasan mengenai definisi evaluasi dan sebagainya ini semoga dapat menjadi refrensi bagi pelaku manajemen ataupun pelajar dalam memahami dan menerapkan fungsi evaluasi.

 

√ Evaluasi : Definisi, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Tahapan Evaluasi [ TERLENGKAP ]
√ Evaluasi : Definisi, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Tahapan Evaluasi [ TERLENGKAP ]

Definisi Evaluasi

Evaluasi ialah suatu proses identifikasi untuk mengukur atau menilai apakah suatu kegiatan atau suatu program yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan atau tujuan yang ingin dicapai.

Evaluasi juga sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan manusia sehingga meningkatkan efektivitas dan produktivitas, baik dalam lingkup individu, kelompok, ataupun lingkungan kerja.

Adapun beberapa informasi yang didapatkan dari sebuah proses evaluasi ialah sebagai berikut :

  • Tingkat kemajuan suatu aktivitas.
  • Tingkat pencapaian suatu aktivitas sesuai dengan tujuannya.
  • Hal-hal yang harus dapat dilakukan di masa yang akan datang.

 

 

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu evaluasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli yakni :

1. Anne Anastasi

Evaluasi ialah suatu proses sistematis untuk menentukan sejauh mana tujuan instruksional dicapai oleh seseorang. Evaluasi ini juga merupakan suatu kegiatan untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematik, dan terarah berdasarkan tujuan yang jelas.

 

2. Sajekti Rusi

Evaluasi yaitu suatu proses menilai sesuatu, yang mencakup deskripsi tingkah laku siswa baik secara kuantitatif (pengukuran) maupun kualitatif (penilaian).

 

3. Suharsimi Arikunto

Evaluasi merupakan suatu serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.

 

4. A.D Rooijakkers

Evaluasi yaitu sebuah usaha atau proses dalam menentukan nilai-nilai. Secara khusus evaluasi atau penilaian juga dapat diartikan sebagai suatu proses pemberian nilai berdasarkan data kuantitatif hasil pengukuran untuk keperluan pengambilan keputusan.

 

5. Norman E. Gronlund

Evaluasi ialah suatu proses yang sistematis untuk bisa menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai siswa

 

6. Abdul Basir

Evaluasi merupakan suatu proses pengumpulan data yang deskriptif, informative, prediktif, dilaksanakan secara sistematik dan bertahap untuk menentukan kebijaksanaan dalam usaha memperbaiki pendidikan.

 

7. William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann

Evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan sebuah informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan.

 

 

Tujuan Evaluasi

Evaluasi dapat dilakukan bukan tanpa tujuan, tetapi ada hal-hal yang ingin dicapai melalui kegiatan ini. Secara khusus, adapun beberapa tujuan evaluasi ialah sebagai berikut :

  • Untuk dapat mengetahui seberapa baik tingkat penguasaan seseorang terhadap suatu kompetensi yang telah ditetapkan.
  • Untuk bisa mengetahui apa saja kesulitan yang telah dialami seseorang dalam suatu kegiatannya sehingga dapat dilakukan diagnosis dan kemungkinan memberikan remedia teaching.
  • Untuk dapat mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas suatu metode, media, dan sumber daya lainnya dalam melaksanakan suatu kegiatan.
  • Sebagai umpan balik dan suatu informasi penting bagi para pelaksana evaluasi untuk memperbaiki kekurangan yang  dimana hal tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengambil keputusan di masa yang akan datang.

Tujuan evaluasi telah dikemukakan oleh beberapa sumber dari para ahli. Berikut tujuan-tujuan evaluasi dari berbagai sumber diantaranya :

  • Suprihanto

Menurut Suprihanto terdapat 3 tujuan evaluasi pada organisasi diantaranya :

  1. Sebagai alat dalam perbaikan dan perencanaan suatu kegiatan.
  2. Memperbaiki penggunaan dan penyediaan berbagai sumber daya, sumber dana, dan manajemen di masa yang akan datang.
  3. Memperbaiki sebuah proses pelaksanaan dan segala faktor yang berpengaruh.
  4. Merencanakan ulang suatu porgam dengan mengontrol keterkaitan pada perubahan yang telah terjadi pada program sebelumnya.
  5. Mengukur suatu progress yang telah direncanakan.

 

  • Terry

Terry menyebutkan tujuan evaluasi pada manajemen organisasi yakni sebagai berikut :

  1. Sebagai alat dalam memperbaiki suatu kebijakan terkait kegiatan dan rencana yang telah ada.
  2. Memperbaiki pengalokasian suatu sumber daya.
  3. Mengkontrol dan memperbaiki suatu kegiatan yang tengah berjalan.
  4. Merencanakan ulang dengan lebih baik akan sebuah program.

 

  • Arikunto

Menurut Arikunto evaluasi memiliki dua tujuan yakni secara umum dan khusus. Tujuan secara umum menitikberatkan pada suatu program secara menyeluruh. Tujuan secara khusus fokus pada setiap komponen dalam manajemen suatu organisasi.

Terdapat 4 kebijakan yang dapat diterapkan yang didasarkan dari hasil evaluasi yaitu sebagai berikut :

  • Penghentian suatu program dengan pertimbangan bahwa suatu program tersebut tidak memiliki manfaat maupun tidak sesuai rencana awal.
  • Melakukan revisi terhadap suatu program apabila terdapat bagian yang tidak sesuai dengan perencanaan.
  • Melanjutkan suatu program jika suatu progam berjalan sesuai dengan perencanaan dan menghasilkan manfaat.
  • Menduplikasi suatu program dengan menjalankan progran di berbagai tempat atau mengulangi suatu program di waktu yang berbeda karena program sebelumnya dianggap berhasil.

 

 

Fungsi Evaluasi

Aktivitas evaluasi juga memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat bagi para pihak yang melakukan evaluasi.

Adapun beberapa fungsi evaluasi ialah sebagai berikut :

1. Fungsi Selektif

Fungsi selektif ialah fungsi yang bisa menyeleksi seseorang apakah memiliki komptensi yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Contohnya saja dapat menentukan seseorang diterima kerja atau tidak, menentukan seseorang naik jabatan atau tidak, dan lainnya.

 

2. Fungsi Diagnosa

Fungsi diagnosa ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan seseorang di dalam bidang kompetensi tertentu. Contohnya saja untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan seorang siswa dalam bidang studi yang didapatkannya di sekolah.

 

3. Fungsi Penempatan

Fungsi penempatan ini bertujuan untuk mengetahui di mana posisi terbaik seseorang dalam suatu bidang tertentu. Contohnya saja untuk mengetahui posisi terbaik seorang karyawan sesuai dengan bidangnya di dalam suatu perusahaan.

 

4. Fungsi Pengukuran Keberhasilan

Dalam hal ini, evaluasi ini dapat berfungsi untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program, termasuk metode yang dipakai, penggunaan sarana, dan pencapaian tujuan.

 

 

Jenis – Jenis Evaluasi

Menurut Waktu Pelaksanaan evaluasi dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Evaluasi Formatif ialah evaluasi yang dijalankan saat pelaksanaan dan fokus pada program prioritas melalui perbaikan tujuan pelaksanaan. Hasil evaluasi ini biasanya meliputi permasalahan dalam pelaksanaan.
  2. Summatif  yaitu evaluasi yang diterapkan saat pelaksanaan dan fokus terhadap suatu program prioritas telah usai dilakukan. Evaluasi ini juga memiliki tujuan dalam penilaian hasil pelaksanaan. Hasil evaluasi summatif ini meliputi pencapaian prioritas dari pelaksanaan/kegiatan prioritas.

 

Berdasarkan Tujuannya maka evaluasi dibagai menjadi 4 jenis diantaranya :

  1. Evaluasi Formulasi yaitu evaluasi yang dapat dilakukan dengan mengkaji kembali formulasi apakah formulasi terkait dengan penyusunan kebijakan maupun kegiatan telah disusun dengan metode yang sesuai.
  2. Jenis Evaluasi Proses ialah evaluasi yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan prioritas sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
  3. Kegiatan Evaluasi Biaya adalah evaluasi yang ditujukan untuk mengetahui apakah biaya prioritas dalam rangka pencapaian tujuan telah ditetapkan.
  4. Evaluasi Dampak merupakan suatu evaluasi yang dapat mengkaji terkait pengaruh dan kebermanfaatan yang diberikan dari program prioritas yang telah disepakati sebelumnya.

 

 

Tahapan Evaluasi

Dalam suatu kegiatan evaluasi terdapat beberapa tahapan penting yang saling mendukung satu sama lainnya. Tahapan-tahapan evaluasi tersebut ialah sebagai berikut :

  1. Menentukan topik evaluasi yakni suatu kegiatan penentuan topik yang akan dievaluasi. Contohnya : evaluasi hasil kerja, atau evaluasi rencana kerja.
  2. Merancang kegiatan evaluasi adalah suatu kegiatan mendesain sebuah proses evaluasi sehingga dalam pelaksanaannya tidak melewatkan hal-hal yang penting.
  3. Pengumpulan data yakni suatu kegiatan mengumpulkan dan mencatat setiap informasi sesuai dengan perencanaan berdasarkan kaidah-kaidah ilmiahnya.
  4. Pengolahan dan analisis data adalah suatu kegiatan mengolah informasi dengan cara mengelompokkan data supaya lebih mudah dalam melakukan analisis, serta menentukan tolak ukur waktu sebagai hasil evaluasi.
  5. Pelaporan hasil evaluasi adalah sesuatu hal dalam membuat laporan hasil evaluasi agar diketahui oleh para pihak-pihak yang berkepentingan.

 

Demikianlah penjelasan singkat tentang √ Evaluasi : Definisi, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Tahapan Evaluasi [ TERLENGKAP ]. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu serta wawasan bagi para pembaca. Terima kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Analisis : Pengertian, Jenis, dan Contoh Terlengkap
Baca Juga :  √ Manajemen Bisnis : Pengertian, Fungsi, Kompenan, dan Perencanaannya Lengkap
Baca Juga :  √ Manajemen Kas : Pengertian, Tujuan, Sumber, Aspek, Motif Dan Faktornya Lengkap
Baca Juga :  √ Pajak : Pengertian, Jenis, Manfaat, Fungsi Dan Unsur-Unsur Pajak Terlengkap Berdasarkan Undang-Undang