√ Market Share : Pengertian, Tujuan, Cara Meningkatkan, Segmentasi dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Market Share : Pengertian, Tujuan, Cara Meningkatkan, Segmentasi dan Contoh Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Market Share. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Market Share : Pengertian, Tujuan, Cara Meningkatkan, Segmentasi dan Contoh Terlengkap
√ Market Share : Pengertian, Tujuan, Cara Meningkatkan, Segmentasi dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Market Share

Market Share merupakan salah satu bagian dari semua permintaan untuk barang yang mencerminkan kelas konsumen berdasarkan segmen pasarnya.

Market share ini juga sering disebut sebagai Pangsa Pasar. Yang juga memiliki arti sebagai persentase total penjualan suatu perusahaan dari seluruh sumber dengan total penjualan produk (barang dan jasa) dalam suatu industri tertentu.

 


Tujuan Market Share

  • Pasar lebih mudah dibedakan.
  • Pelayanan kepada pembeli lebih baik.
  • Strategi pemasaran yang lebih mengarah.

 


Cara Meningkatkan Market Share

  • Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak dijalankan perusahaan lain.
  • Memiliki keyakinan bahwa perusahaan tersebut akan berhasil di bisnis yang dijalankan.
  • Menentukan visi dan misi perusahaan mengenai target bisnis di masa depan.
  • Memperhitungkan kekuatan para pesaing atau kompetitor di industri yang sama.
  • Memperhatikan pergerakan harga di industri yang dibidik dan menentukan harga yang paling sesuai.
  • Menciptakan dan membangun jaringan pasar sehingga bisnis menjadi lebih besar.

 


Segmentasi Market Share

 

1. Segmentasi Geografis

Baca Juga :  √ KAS : Pengertian, Katagori, Jenis dan Karakteristik Terlengkap

Pemasar juga biasanya menggunakan segmentasi geografis untuk melakukan analisa terhadap konsumen pada sebuah wilayah yang cenderung menggunakan produk tertentu berdasarkan wilayahnya.

Misalkan wilayah atau daerah yang memiliki curah hujan tinggi maka sasaran yang tepat adalah berjualan payung, jasa hujan atau yang sangat berfungsi ketika hujan.

Dan pemasar didaerah yang panas menjual barang seperti kipas angin, Pendingin ruangan dan lain lain, seperti itulah kira-kira definisi dari segmentasi geografis.

 

2. Segmentasi Demografis

Segmentasi yang berdasarkan pada usia, gender, agama, suku bisa juga berdasarkan manfaat dari layanan ataupun produk yang diberikan manfaat nya juga akan berbeda sesuai dengan klasifikasi dari konsumen nya.

Segementasi ini memungkinkan membagi pasar sesuai dengan tahap kehidupan yang ada.

 

3. Segmentasi Psikografis

Segmentasi yang sanagt berpengaruh dalam kegiatan pangsa pasar karena berkaitan dengan gaya hidup, di zaman saat ini ketika suatu barang menjadi trending maka akan diikuti oleh semua kalangan. didalam perkembanganya media sosial yang paling berpengaruh pada segmentasi ini.

 

4. Segmentasi oleh Manfaat

Segementasi ini juga bisa berjalan sesuai dengan manfaat yang diinginkan oleh pengguna atau costumer.

 

5. Segementasi Sesekali

Segmentasi ini tidak akan mempertimbangkan kelas pelanggan baik bawah, menengah maupun atas misal dengan memberikan minuman bersoda didalam pesta sederhana.

 

6. Segmentasi Budaya

segmentasi budaya ini biasanya digunakan untuk dapat mengklasifikasikan pangsa pasar berdasarkan budaya karena budaya adalah hal yang sangat kuat dari sebuah prilaku pelanggan dan dipakai untuk meningkatakan pengetahuan konsumen dengan model prediksi.

Segmentasi budaya dapat digunakan sebagai cara yang baik untuk membuat komunitas berdasarkan adat atau budaya tertentu.

 

7. Segmentasi Prilaku

Baca Juga :  √ Riset Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Metode dan Objek Terlengkap

Sekmentasi yang satu ini juga dapat mengukur dengan tingkah laku pelanggan, dan diukur dari satus loyalitas dan pengetahuan, sikap ataupun tanggapan mengenai sebuah produk banyak pemasar yang menggunakan metode ini karna prilaku atau sikap adalah langkah pertama dalam membangun pangsa pasar.

 


Contoh Makter Share

Market Share yang biasa kita dengar adalah sebuah indikator yang di pakai oleh perusahaan dalam mengukur tingkat keberhasilan dengan kompetitor perusahaan yang ada.

Kita ambil contohnya adalah dalam sebuah pangsa pasar sebuah perusahaan penjualan gadget menargetkan penjualan mencapai 70 % dari produk yang ada pada perusahaan tersebut dilihat dari pesaing atau kompetitor yang ada pada tahun berjalan dan ternyata pada tahun berikutnya target tercapai yakni 75%.

Berarti pangsa pasar dari perusahaan tersebut sukses dan berjalan dengan baik, sebaliknya apabila tidak mencapai target maka perusahaan harus mengevaluasi lagi metode pangsa pasar yang digunakan.

 


Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Untuk mengetahui dan menetapkan ukuran pasar dan market share-nya, diperlukan riset pasar yang cukup mendalam.

Oleh karena itu, pengusaha harus dapat mendefinisikan pasar yang akan dibidik sehingga dapat melihat potensi pasar tersebut.

Selanjutnya, setelah mengetahui ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar yang dibidik, maka langkah berikutnya adalah mempelajari siapa pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai oleh mereka.

Perusahaan yang membuat perencanaan strategi harus mengembangkan strategi bauran pemasaran, dan mempersempit segmentasi produk sehingga promosi tepat sasaran.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Market Share : Pengertian, Tujuan, Cara Meningkatkan, Segmentasi dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

Baca Juga :  √ 5 Pengertian Market Share Menurut Para Ahli, Cara Mengukur dan Strategi Terlengkap

 

Baca Juga Artikel :