Pelanggan Adalah

By Guru Ekonomi #4 tipe customer, #4 tipe perilaku konsumen, #8 tipe konsumen, #9 tipe pelanggan, #analisis kesenjangan kualitas jasa, #apa itu custom, #apa pengertian customer satisfaction, #apa pengertian dari customer service, #apa saja konsep dasar pelayanan prima, #apa yang dimaksud dengan kepuasan konsumen?, #apa yang dimaksud dengan kolega, #arti customer service, #arti maven, #artikel pelanggan, #bab 2 pelanggan, #bagaimana cara membangun loyalitas pelanggan, #bagaimana tujuan comfort service, #cara mengatasi pelanggan, #cara mengenal karakter pelanggan, #cara menghadapi customer rese, #cara menghadapi pembeli, #ciri ciri pelanggan apatis, #ciri ciri pelanggan dan cara menghadapinya, #ciri ciri pelanggan ibu ibu, #ciri ciri pelanggan leptosom, #ciri ciri pelanggan tipe leptosom, #ciri ciri pelanggan yang baik, #ciri ciri pelanggan yang ragu-ragu, #ciri-ciri dari media promosi baliho adalah, #contoh customer service, #contoh karakteristik konsumen, #contoh kata-kata kepuasan pelanggan, #contoh nilai pelanggan, #contoh pelanggan internal, #contoh pelanggan perantara adalah, #contoh pelayanan pra penjualan yaitu, #contoh sarana dan prasarana pelayanan prima, #customer adalah, #customer artinya indonesia, #customer to customer adalah, #data pelanggan adalah, #definisi pelanggan, #definisi pelanggan menurut hermawan, #definisi pelanggan menurut yamit, #end user adalah, #external customer adalah, #faktor yang mempengaruhi perilaku pelanggan, #harapan pelanggan, #jelaskan apa yang dimaksud dengan pelanggan, #jelaskan cara mengatasi keluhan pelanggan, #jelaskan fungsi dari surat niaga, #jelaskan jenis jenis pelanggan brainly, #jelaskan jenis-jenis pesaing, #jelaskan macam-macam bentuk promosi, #jelaskan mengenai konsep sikap atau attitude, #jelaskan menurut anda mengapa seorang penjual harus memahami karakteristik pelanggan, #jelaskan tingkatan-tingkatan dalam persaingan, #jelaskan yang dimaksud kebutuhan pelanggan, #jelaskan yang dimaksud menarik pelanggan, #Jenis - Jenis Konsumen, #jenis jenis pelanggan, #jenis jenis pelanggan dalam pendidikan, #jenis jenis pelanggan dan contohnya, #jenis-jenis pesaing, #jurnal pelanggan, #jurnal pengertian pelanggan, #karakteristik dari continuous learner adalah, #karakteristik dari continuous learning adalah, #Karakteristik Konsumen, #karakteristik loyalitas pelanggan, #karakteristik pelanggan, #karakteristik pelanggan brainly, #karakteristik pelanggan dan cara menghadapinya, #karakteristik pelanggan menurut para ahli, #karakteristik pelanggan muda, #karakteristik pelanggan pria adalah, #kata lain pelanggan, #kebutuhan customer, #kenali pelanggan, #kenapa perusahaan kehilangan pelanggan, #kepentingan pelanggan, #kepuasan pelanggan adalah tujuan kami, #kepuasan pelanggan menurut tjiptono 2016, #klasifikasi pelanggan, #konsep pelanggan, #konsumen potensial, #loyalitas pelanggan adalah, #makalah kepuasan pelanggan, #makalah penelitian kepuasan pelanggan, #manfaat nilai pelanggan, #mengamati perilaku pelanggan, #mengapa pelayanan prima sangat penting, #menghadapi pelanggan yang cerewet, #mengidentifikasi keluhan pelanggan, #mitra kerja adalah, #nilai pelanggan menurut para ahli 2017, #nilai pelanggan total adalah, #paradigma pelanggan, #pelanggan adalah, #pelanggan adalah pdf, #pelanggan adalah raja, #pelanggan antara adalah, #pelanggan bahasa inggris, #pelanggan disebut juga, #pelanggan intermediate, #pelanggan internal adalah, #pelanggan menurut para ahli, #pelanggan nyata adalah, #pelanggan passive, #pelanggan pdf, #pelanggan perantara adalah, #pelanggan ppt, #pelanggan tts, #pelayanan prima dengan tujuan pelanggan merasa puas dilakukan dengan konsep, #pembeli adalah, #pengelolaan layanan usaha, #pengertian common person, #pengertian company, #pengertian customer menurut para ahli, #pengertian nasabah, #pengertian pelanggan, #pengertian pelanggan dan pesaing, #pengertian pelanggan langsung, #pengertian pelanggan menurut hermawan, #pengertian pelanggan menurut para ahli 2012, #pengertian pelanggan perantara, #pengertian pelanggan secara umum, #pengertian pemasok, #pengertian pesaing, #pentingnya memahami karakteristik pelanggan, #perbedaan konsumen dan pelanggan brainly, #perbedaan pelanggan dan konsumen, #perilaku pelanggan, #pesaing adalah, #prinsip dasar kepuasan pelanggan, #proposal pelanggan, #salah satu ciri pelanggan wanita adalah, #sebutkan 4 kategori keluhan pelanggan, #sebutkan bagaimana cara menarik pelanggan, #sebutkan ciri ciri pelayanan, #sebutkan dan jelaskan jenis jenis komplain, #sebutkan jenis-jenis media komunikasi, #sebutkan jenis-jenis pelanggan, #sebutkan prinsip dasar perilaku konsumen, #sifat sifat pelanggan, #skripsi pelanggan, #strategi kepuasan pelanggan ppt, #target service excellence, #the talkative customer adalah, #tiga tingkatan produk, #tipe atlet, #tipe customer connector adalah, #tipe customer dominance, #tipe displastis, #tipe kepribadian compliance, #tipe konsumen sombong, #tipe pelanggan leptosom, #tipe pelanggan piknis, #tipe-tipe konsumen, #tipe-tipe pelanggan, #tipe-tipe pelanggan menurut para ahli, #total manfaat pelanggan adalah, #tujuan dari kegiatan humas adalah, #tujuan memuaskan pelanggan brainly, #tujuan pelayanan konsumen, #tujuan pelayanan prima, #tujuan pengukuran kepuasan pelanggan brainly, #tuliskan fungsi eksternal humas
Pelanggan

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Pelanggan. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Pelanggan


Pengertian Pelanggan


Pelanggan adalah suatu konsumen berupa pembeli ataupun pengguna jasa yang telah melakukan sebuah kegiatan pembelian ataupun penggunaan jasa secara berulang-ulang dikarenakan telah mendapat kepuasan yang diterimanya dari penjual ataupun penyedia jasa.


Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli


1. Vincent Gaspersz
Pelanggan adalah semua orang yang telah menuntut kita untuk dapat memenuhi suatu standar kualitas barang tertentu, Oleh karena itu akan dapat memberikan pengaruh pada bentuk kinerja atau performansi (performance) kita.


2. Greenberg, 2010
Pelanggan adalah seorang individu atau kelompok yang memebeli produk fisik atau jasa dengan mempertimbangkan berbagai macam faktor seperti harga, kualitas, tempat, pelayanan dan lain sebagainya berdasarkan keputusan mereka sendiri.


3. Lupiyoadi dan Hamdani (2006:174)
Pelanggan adalah seeorang yang secara berulang-ulang datang ke tempat yang sama untuk membeli barang atau memperoleh jasa yang diinginkannya karena merasa puas dengan barang dan jasa tersebut.


4. Yoeti (2002 : 9-10)
Pelanggan adalah yang membeli produk dan jasa-jasa pada suatu perusahaan. Pelanggan tersebut dapat berupa seseorang (individu) dapat pula sebagai suatu perusahaan.


5. Philip Kotler
Pelanggan adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh suatu barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.


Jenis – Jenis Pelanggan


  • Pelanggan Antara

Pelanggan antara adalah kelompok ataupun orang yang bertindak sebagai perantara produk, akan tapi bukan sebagai pemakai akhir dari produk perusahaan. Misalnya seperti suatu bentuk agen perjalanan yang bertindak sebagai pemesan kamar penginapan untuk para pemakai akhir atau seperti distributor yang bertindak dalam mendristibusikan produk-produk perusahaan.


  • Pelanggan Internal

Pelanggan Internal adalah sekelompok orang atau individu yang bertempat atau berlokasi dalam perusahaan dan umumnya memiliki andil atau pengaruh pada kinerja perusahaan.Contoh Pelanggan Internal yaitu pegawai kantor pemasaran, bagian HRD dan lain sebagainya.


  • Pelanggan Ekseternal

Pelanggan eksternal adalah seorang individu atau sekelompok orang yang berada di luar perusahaan yang biasa membeli produk dari perusahaan tersebut.


Fungsi Pelanggan


  1. Dengan adanya pelanggan produk atau jasa yang kita jual dan tawarkan akan laku dan habis
  2. Menempatkan pelanggan sebagai mitra usaha.
  3. Memberikan keuntungan pada perusahaan.
  4. Menciptakan pangsa pasar yang baik terhadap produk/jasa.
  5. Memenangkan persaingan pasar.

Karakteristik Pelanggan


1. Pelanggan Spontan
Pelanggan spontan bermaksud untuk berurusan dengan kami hanya sekali ketika mereka mengunjungi kami atau dipaksa untuk mengambil produk kami untuk memenuhi kebutuhan mereka.


2. Pelanggan Biasa
Pelanggan seperti ini yang telah menerima produk atau layanan dari kami sangat puas. Pelanggan ini akan kembali untuk melanjutkan produk atau layanan kami bahkan setelah dua atau tiga kali penerimaan.


3. Pelanggan Perkongsian
Pelanggan seperti ini juga dapat bertindak dan menyimpan suatu bentuk keuntungannya yang telah dihasilkan dari produk atau layanan yang kami tawarkan. Contoh terbaiknya dari konsep adalah perusahaan, arsitek, dan sebagainya.


4. Pelanggan yang berkembang
Pelanggan tidak hanya puas dengan produk kami, tetapi juga menggunakan suatu produk atau layanan kami yang dapat dilakukan berulang-ulang saat berbicara dengan orang lain dan menyajikan produk atau layanan kami kepada orang lain.


Sifat – Sifat Pelanggan


1. Pelanggan Mau Diperhatikan
Pelanggan yang menghubungi perusahaan pada hakikatnya ingin memperoleh perhatian, jangan sekali-kali menyepelekan atau membiarkan pelanggan.


2. Mau Dipenuhi Keinginan dan Kebutuhannya
Keinginan dan kebutuhan pelanggan antara lain ingin memperoleh informasi, cara-cara pengisian aplikasi atau menyampaikan keluhan-keluhan.


3. Pelanggan Merupakan Sumber Pendapatan Perusahaan
Karyawan selalu menganggap bahwa setiap pelanggan yang datang merupakan sumber pendapatan perusahaan.


4. Pelanggan Mau Dianggap Raja
Karyawan harus menganggap pelanggan adalah rajanya. Seorang raja harus di penuhi semua keinginan dan kebutuhannya. Artinya, apa yang di minta oleh seorang raja harus segera dipenuhi.


5. Pelanggan Ingin Selalu Dipuji
Pelanggan pada hakekatnya senang di puji atau di sanjung oleh karyawan kita. Pujian dan sanjungan yang di berikan kepada nasabah sangat memberikan manfaat.


6. Tidak Mau Didebat dan Tidak Mau Disinggung
Sifat yang dimiliki oleh banyak pelanggan adalah tidak suka di bantah keinginan atau pendapatnya. Pelanggan juga tidak suka di debat, artinya dalam hal ini ketika karyawan menyampaikan informasi atau pendapat dan mendapat respon yang kurang baik dari pelanggan, maka karyawan perlu menyikapi secara hati-hati agar pelanggan tidak merasa di bantah atau di debat.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Pelanggan : Pengertian, Jenis, Fungsi, Karakteristik dan Sifatnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :

/* */