Pelanggan Adalah

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Pelanggan. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Pelanggan


Pengertian Pelanggan


Pelanggan adalah suatu konsumen berupa pembeli ataupun pengguna jasa yang telah melakukan sebuah kegiatan pembelian ataupun penggunaan jasa secara berulang-ulang dikarenakan telah mendapat kepuasan yang diterimanya dari penjual ataupun penyedia jasa.


Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli


1. Vincent Gaspersz
Pelanggan adalah semua orang yang telah menuntut kita untuk dapat memenuhi suatu standar kualitas barang tertentu, Oleh karena itu akan dapat memberikan pengaruh pada bentuk kinerja atau performansi (performance) kita.


2. Greenberg, 2010
Pelanggan adalah seorang individu atau kelompok yang memebeli produk fisik atau jasa dengan mempertimbangkan berbagai macam faktor seperti harga, kualitas, tempat, pelayanan dan lain sebagainya berdasarkan keputusan mereka sendiri.


3. Lupiyoadi dan Hamdani (2006:174)
Pelanggan adalah seeorang yang secara berulang-ulang datang ke tempat yang sama untuk membeli barang atau memperoleh jasa yang diinginkannya karena merasa puas dengan barang dan jasa tersebut.


4. Yoeti (2002 : 9-10)
Pelanggan adalah yang membeli produk dan jasa-jasa pada suatu perusahaan. Pelanggan tersebut dapat berupa seseorang (individu) dapat pula sebagai suatu perusahaan.


5. Philip Kotler
Pelanggan adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh suatu barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.

Baca Juga :  Supplier Adalah

Jenis – Jenis Pelanggan


  • Pelanggan Antara

Pelanggan antara adalah kelompok ataupun orang yang bertindak sebagai perantara produk, akan tapi bukan sebagai pemakai akhir dari produk perusahaan. Misalnya seperti suatu bentuk agen perjalanan yang bertindak sebagai pemesan kamar penginapan untuk para pemakai akhir atau seperti distributor yang bertindak dalam mendristibusikan produk-produk perusahaan.


  • Pelanggan Internal

Pelanggan Internal adalah sekelompok orang atau individu yang bertempat atau berlokasi dalam perusahaan dan umumnya memiliki andil atau pengaruh pada kinerja perusahaan.Contoh Pelanggan Internal yaitu pegawai kantor pemasaran, bagian HRD dan lain sebagainya.


  • Pelanggan Ekseternal

Pelanggan eksternal adalah seorang individu atau sekelompok orang yang berada di luar perusahaan yang biasa membeli produk dari perusahaan tersebut.


Fungsi Pelanggan


  1. Dengan adanya pelanggan produk atau jasa yang kita jual dan tawarkan akan laku dan habis
  2. Menempatkan pelanggan sebagai mitra usaha.
  3. Memberikan keuntungan pada perusahaan.
  4. Menciptakan pangsa pasar yang baik terhadap produk/jasa.
  5. Memenangkan persaingan pasar.

Karakteristik Pelanggan


1. Pelanggan Spontan
Pelanggan spontan bermaksud untuk berurusan dengan kami hanya sekali ketika mereka mengunjungi kami atau dipaksa untuk mengambil produk kami untuk memenuhi kebutuhan mereka.


2. Pelanggan Biasa
Pelanggan seperti ini yang telah menerima produk atau layanan dari kami sangat puas. Pelanggan ini akan kembali untuk melanjutkan produk atau layanan kami bahkan setelah dua atau tiga kali penerimaan.


3. Pelanggan Perkongsian
Pelanggan seperti ini juga dapat bertindak dan menyimpan suatu bentuk keuntungannya yang telah dihasilkan dari produk atau layanan yang kami tawarkan. Contoh terbaiknya dari konsep adalah perusahaan, arsitek, dan sebagainya.


4. Pelanggan yang berkembang
Pelanggan tidak hanya puas dengan produk kami, tetapi juga menggunakan suatu produk atau layanan kami yang dapat dilakukan berulang-ulang saat berbicara dengan orang lain dan menyajikan produk atau layanan kami kepada orang lain.

Baca Juga :  Pasar Monopoli

Sifat – Sifat Pelanggan


1. Pelanggan Mau Diperhatikan
Pelanggan yang menghubungi perusahaan pada hakikatnya ingin memperoleh perhatian, jangan sekali-kali menyepelekan atau membiarkan pelanggan.


2. Mau Dipenuhi Keinginan dan Kebutuhannya
Keinginan dan kebutuhan pelanggan antara lain ingin memperoleh informasi, cara-cara pengisian aplikasi atau menyampaikan keluhan-keluhan.


3. Pelanggan Merupakan Sumber Pendapatan Perusahaan
Karyawan selalu menganggap bahwa setiap pelanggan yang datang merupakan sumber pendapatan perusahaan.


4. Pelanggan Mau Dianggap Raja
Karyawan harus menganggap pelanggan adalah rajanya. Seorang raja harus di penuhi semua keinginan dan kebutuhannya. Artinya, apa yang di minta oleh seorang raja harus segera dipenuhi.


5. Pelanggan Ingin Selalu Dipuji
Pelanggan pada hakekatnya senang di puji atau di sanjung oleh karyawan kita. Pujian dan sanjungan yang di berikan kepada nasabah sangat memberikan manfaat.


6. Tidak Mau Didebat dan Tidak Mau Disinggung
Sifat yang dimiliki oleh banyak pelanggan adalah tidak suka di bantah keinginan atau pendapatnya. Pelanggan juga tidak suka di debat, artinya dalam hal ini ketika karyawan menyampaikan informasi atau pendapat dan mendapat respon yang kurang baik dari pelanggan, maka karyawan perlu menyikapi secara hati-hati agar pelanggan tidak merasa di bantah atau di debat.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Pelanggan : Pengertian, Jenis, Fungsi, Karakteristik dan Sifatnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :