Karyawan Adalah

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Karyawan. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Karyawan


Pengertian Karyawan

Karyawan adalah mereka yang berkerja di suatu perusahaan atau lembaga instansi untuk dapat mengerjakan sebuah tugas operasional dan mengharapkan balas jasa berupa komisi atau gaji.


Pengertian Karyawan Menurut Para Ahli

1. Hasibuan (2002)
Karyawan adalah setiap orang yang telah menyediakan jasa (baik dalam bentuk pikiran maupun dalam bentuk tenaga) kemudian menerima balas jasa kembali ataupun kompensasi yang besarannya telah ditentukan terlebih dahulu.


2. Sedarmayanti
Karyawan adalah terjemahan dari kata kinerja yang mempunyai makna sebagai karya seorang pekerja atau karyawan. Suatu proses manajemen di mana hasil kerja harus mempunyai bukti nyata yang juga bisa diukur.


3. Wibowo
Pengertian karyawan adalah masalah menyelesaikan pekerjaan seiring dengan pencapaian hasil pekerjaan.


4. Subri
Karyawan adalah penduduk usia kerja berusia 16 hingga 65 tahun atau jumlah total orang di suatu negara yang memproduksi barang dan jasa.


5. Frederic W. Taylor
Karyawan adalah kumunitas yang termotivasi untuk bekerja dalam memenuhi kebutuhan keuangan.


Jenis – Jenis Karyawan

  • Karyawan Tetap

Karyawan tetap adalah termasuk karyawan yang memiliki perjanjian atau kontrak dengan lembaga atua dengan perusahaan tempat kerja dengan jangka waktu yang tidak ditetapkan, dengan kata lain permanen. Biasanya keryawan jenis ini memiliki hak yang lebih dari pada keryawan tidak tetap.

  • Karyawan Tidak Tetap
Baca Juga :  Tenaga Kerja

Karyawan tidak tetap adalah karyawan yang memiliki kontrak kerja dalam waktu yang sudah ditentukan, umumnya karyawan jenis ini hanya dipekerjakan saat dibutuhkan saja. Biasanya bisa diberhentikan sewaktu – waktu ketika jasanya sudah tidak dibutuhkan lagi. Karyawan jenis ini tetap mempunyai hak namun cenderung lebih sedikit dari karyawan tetap.


Tipe – Tipe Karyawan

  • Worker

Karyawan jenis ini adalah karyawan yang bekerja dengan serius dan benar-benar ingin memberikan kontribusi penting bagi perusahaan atau tempat kerja. Tipe pekerja yang biasanya sangat jujur, disiplin sehingga dapat dijadikan contoh yang baik untuk pekerja lainnya.

  • Entrepreneur

Tipe karyawan yang mengejar tujuan yang lebih tinggi, motivasi utama mereka melebihi kebutuhan uang mereka dan mereka memiliki visi dan misi yang jelas dan terarah serta selalu melakukan yang terbaik.

  • Freeloader

Karyawan jenis ini adalah orang yang mencari penghasilan dan tidak peduli dengan pekerjaan. Pekerja jenis ini biasanya sangat antusias dan menarik pada awal pekerjaan mereka. Namun seiring waktu, mereka perlahan-lahan menampakkan sifat aslinya yang selalu menghindari pekerjaan dan bahkan menunjukkan peningkatan kecil ketika diperhatikan.


Tugas Karyawan

Bertugas sesuai yang telah di tetapkan oleh pimpinan perusahaan. Tugas-tugas yang sudah di instruksikan juga terkadang bisa mengekspresikan kreatifitasnya sesuai yang memberi instruksi saat bekerja yang dipimpim dari atasan perusahaan tersebut.


Tanggung Jawab Karyawan

1. Menghormati banyak orang
Rasa hormat pada sesama rekan kerja merupakan bentuk apresiasi bahwa mereka adalah rekan yang dapat di ajak bekerja sama dengan baik.


2. Mematuhi peraturan yang telah ditetap
Setiap perusahaan seringnya mempunyai sebuah peraturan tersendiri yang telah dibuat untuk dipatuhi oleh semua karyawan. Misalnya, datang tepat waktu, memakai pakaian kerja yang sopan dan rapi atau memakai seragam kerja bagi perusahaan atau kantor menerapkan atau mengadakan seragam kerja.

Baca Juga :  Lembaga Ekonomi

3. Menjaga nama baik perusahaan
Seorang karyawan wajib menjaga nama baik perusahaan, bagaimanapun keadaan dari suatu perusahaan dimana mereka berkerja, kinerjanya atau sikap pemimpin atau rekan kerja lebih baiknya tidak membeberkan hal ini.


4. Menjaga dan menjalin komunikasi yang baik
Komunikasi yang sanagt baik yang dapat dilakukan oleh setiap karyawan adalah kominikasi internal dan eksternal, yang tujuan yaitu untuk mempererat tali silaturahmi demi keberlangsungan perusahaan dan juga memperluas relasi untuk karyawan itu sendiri.


5. Menjaga stabilitas kerja
Menjaga kinerja stabilitas pekerjaan merupakan sebuah tantangan, penurunan dan peningkatan dari produktivitas kerja adalah fase yang pasti sehingga ada dan akan terus terjadi.


Ciri – Ciri Karyawan

  • Bersikap sopan santun
  • Disiplin
  • Kerja Keras
  • Mampu Beradaptasi dan belajar hal-hal baru
  • Jujur
  • Bekerja Dengan Tim

Demikianlah pembahasan mengenai √ Karyawan : Pengertian, Jenis, Tipe, Tugas, Ciri & Tanggung Jawabnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :