√ 30 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada
√ 30 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (100%) 12 vote[s]

√ 30 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Piutang. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 30 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 30 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Piutang Menurut Para Ahli

 

1. Mohammad Muslich

Piutang terjadi karena penjualan barang dan jasa tersebut dilakukan secara kredit yang umumnya dilakukan untuk memperbesar penjualan.

 

2. Enny pudjiastuti

Piutang (receivables) merupakan proses penjualan barang hasil produksi secara kredit.

 

3. Martono dan Harjito

Piutang dagang (account receivable) merupakan “tagihan perusahaan kepada pelanggan atau pembeli atau pihak lain yang membeli produk perusahaan”.

 

4. Warren Reeve dan Fess

Piutang meliputi semua klaim dalam bentuk uang terhadap pihak lainnya, termasuk individu, perusahaan atau organisasi lainnya.

 

5. Horne

Piutang meliputi jumlah uang yang dipinjam dari perusahaan oleh pelanggan yang telah membeli barang atau memakai jasa secara kredit.

 

6. Wibowo dan Abu Bakar Arif

Piutang ialah klaim terhadap sejumlah uang yang diharapkan akan diperoleh pada masa yang akan datang.

 

7. Rusdi Akbar

Piutang meliputi semua hak atau klaim perusahaan pada organisasi lain untuk menerima sejumlah kas, barang, atau jasa di masa yang akan datang sebagai akibat kejadian pada masa yang lalu.

 

8. Soemarso

Piutang merupakan kebiasaan bagi perusahaan untuk memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada para pelanggan pada waktu melakukan penjualan.

 

9. Herry

Piutang meliputi semua hak atau klaim perusahaan pada organisasi lain untuk menerima sejumlah kas, barang, atau jasa di masa yang akan datang sebagai akibat kejadian pada masa yang lalu.

Baca Juga :  √ Annual Report : Pengertian, Fungsi, Ciri & Tujuannya Lengkap

 

10. Hadri Mulya

Piutang ialah berupa hak klaim atau tagihan berupa uang atau bentuk lainnya kepada seseorang atau suatu perusahaan.

 

11. Slamet Sugiri

Piutang usaha (account receivable) timbul akibat adanya penjualan kredit. Sebagian besar perusahaan menjual secara kredit agar dapat menjual lebih banyak produk atau jasa.

 

12. Al Haryono Jusup

Piutang yaitu hak untuk menagih sejumlah uang dari penjual kepada pembeli yang timbul akibat dari suatu transaksi.

 

13. Van Horne dan Wachowicz

Piutang usaha adalah jumlah uang yang ditransfer kepemilikannya kepada perusahaan oleh pelanggan yang membeli barang atau jasa secara kredit.

 

14. Skousen dan Stice

Piutang usaha adalah piutang yang terkait dengan kegiatan operasi normal suatu bisnis, yaitu penjualan kredit untuk barang atau jasa kepada pelanggan.

 

15. Baridwan

Piutang adalah klaim sebuah perusahan atas uang, barang atau jasa terhadap pihak lain.

 

16. Rudianto

Piutang yakni suatu klaim perusahaan atas uang, barang, atau jasa kepada pihak lain akibat transaksi di masa lalu.

 

17. Kieso dan Weygandt

Piutang yaitu klaim yang diadakan terhadap pelanggan untuk uang, barang, jasa, dan lain-lain.

 

18. Horne

Piutang meliputi jumlah uang yang dipinjam dari perusahaan oleh pelanggan yang telah membeli barang atau memakai jasa secara kredit.

 

19. Smith

Piutang dapat didefinisikan dalam arti luas sebagai hak atau klaim terhadap pihak lain atas uang, barang, dan jasa.

 

20. M.Munandar

Piutang ialah tagihan perusahaan kepada pihak ain yang nantinya akan dimintakan pembayarannya bilamana telah sampai jatuh tempo.

 

21. S.Hadibroto

Piutang merupakan klaim terhadap pihak lain, apakah klaim tersebut berupa uang, barang atau jasa, untuk maksud akuntansi istilah dipergunakan dalam arti yang lebih sempit yaitu merupakan klaim yang diharapkan akan diselesaikan dengan uang.

Baca Juga :  √ Promosi : Pengertian, Fungsi, Contoh, Tujuan dan Jenis Terlengkap

 

22. Prastowo dan Julianty

Piutang berisikan pemberian kredit yang diberikan perusahaan kepada konsumennya ketika menjual barangnya.

 

23. Munawir

Piutang dagang yaitu tagihan kepada pihak lain (kepada kreditor atau langganan) sebagai akibat adanya penjualan barang dagangan secara kredit.

 

24. Indriyo Gitosudarmo dan Basri

Piutang yakni aktiva atau kekayaan perusahaan yang timbul sebagai akibat dari dilaksanakannya kebijakan penjualan kredit.

 

25. Syamsuddin

Piutang meliputi semua transaksi-transaksi pembelian secara kredit tetapi tidak membutuhkan suatu bentuk catatan atau surat formal yang ditandatangani yang menyatakan kewajiban pihak pembeli kepada pihak penjual.

 

26. Niswonger

Piutang yakni uang pelanggan, tetapi karena kurang formal bila dibandingkan dengan wesel dan tidak memperhitungkan bungan.

 

27. Wikipedia

Piutang ialah salah satu jenis transaksi akuntansi yang mengurusi penagihan konsumen yang berhutang pada seseorang, suatu perusahaan, atau suatu organisasi untuk barang dan layanan yang telah diberikan pada konsumen tersebut.

 

28. Rusdi Akbar

Piutang yaitu meliputi semua hak atau klaim perusahaan pada organisasi lainuntuk menerima sejumlah kas, barang, atau jasa di masa yang akan datang sebagaiakibat kejadian pada masa yang lalu.

 

29. Sri Dwi Ari Ambarwati

Piiutang yakni sejumlah saldo yang akan diterima dari pelanggan.

 

30. Horngren dan Harrison

Piutang merupakan suatu klaim moneter terhadap pihak lain.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 30 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :