√ 6 Pengertian Proposal Menurut Para Ahli, Kaidah dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ 6 Pengertian Proposal Menurut Para Ahli, Kaidah dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di sarjanaekonomi.co.id. Kali ini akan membahas mengenai Proposal.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Proposal? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 6 Pengertian Proposal Menurut Para Ahli, Kaidah dan Contoh Terlengkap
√ 6 Pengertian Proposal Menurut Para Ahli, Kaidah dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

 

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Proposal yaitu suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuah oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research).

 

2. Hasnun Anwar

Proposal merupakan salah satu rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.

 

3. Jay

Proposal yakni sebuah alat bantu manajemen standar agar manajemen organisasi dapat berfungsi secara efektif dan efisien.

 

4. Keraf

Proposal ialah berbagai saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan.

 

5. Hadi

Proposal adalah salah satu usulan terstruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.

 

6. Rieefky

Proposal yakni segala bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar. Penulisan proposal adalah suatu langkah penggabungan dari berbagai perencanaan yang telah dibuat dalam tahap¬tahap sebelumnya.

Baca Juga :  √ Gaya Hidup : Pengertian, Indikator, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap

 


Kaidah Bahasa Proposal

  • Menggunakan suatu istilah ilmiah, baik yang berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan atau yang berkaitan dengan bidang keilmuannya.
  • Menggunakan berbagai kata kerja tindakan untuk menyatakan langkah-langkah kegiatan atau metode penelitian.
  • Menggunakan salah satu kata-kata yang menyatakan pendefinisian, seperti merupakan, yaitu, yakni, adalah.
  • Menggunakan sebuah kata-kata yang mengandung makna perincian, seperti pertama, kedua, selain itu.
  • Menggunakan suatu kata-kata yang bersifat ke-akan-an, seperti akan, diharapkan.
  • Menggunakan segala kata-kata denotatif atau bermakna sebenarnya. Hal ini sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman antara pihak pengaju proposal dengan pihak penerima proposal.

 


Contoh Proposal Kegiatan

 

1. Surat Pengantar Proposal

Surat pengantar proposal ini biasanya diberikan saat akan mengirim proposal ke pihak lain. Isi dari surat pengantar ini adalah penjelasan singkat mengenai perihal proposal yang diberikan.

 

2. Kata Pengantar atau Muqoddimah

Kata pengantar atau muqoddimah adalah kata pembuka pada sebuah proposal pengajuan kegiatan. Biasanya kata pengantar ini berada pada bagian depan sebuah proposal.

 

3. Sub Judul Proposal

Sub judul proposal ialah suatu keterangan tentang isi dari proposal yang dibuat. Ini akan memudahkan pembaca untuk mengetahui apa saja isi dari sebuah proposal.

 

4. Penutup

Penutup yakni salah satu bagian dari proposal yang di dalamnya terdapat kata penutup proposal dan ucapan terimakasih. Pada halaman ini juga terdapat nama panitia pelaksana dan kolom tanda tangan.

 

5. Lampiran

Halaman lampiran yaitu berbagai bagian dari proposal yang berisi informasi pendukung di dalam proposal. Lampiran ini bisa berisi tentang susunan panitia kegiatan, gambar pendukung, serta informasi lainnya untuk melengkapi proposal tersebut.

 


Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Proposal

  • Penyusunan proposal hendaknya menunjuk orang atau beberapa orang yang ahli dalam menyusun proposal, sebaiknya yang memiliki keterkaitan dengan kegiatan yang diselenggarakan.
  • Penyusun proposal mempersiapkan bahan-bahan dan informasi yang diperlukan, yaitu berupa bahan2 hasil kesepakatan seluruh panitia
  • Menyusun draft proposal dengan sistematis, menarik, dan realistis
  • Proposal dibicarakan dalam forum musyawarah untuk dibahas,direvisi dan disetujui.
  • Dibuat proposal yang telah disempurnakan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
  • Proposal diperbanyak dan didistribusikan kepada pihak-pihak yang dituju, baik internal maupun eksternal.
Baca Juga :  √ Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Dan Macam Akuntansi Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 6 Pengertian Proposal Menurut Para Ahli, Kaidah dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :