Sarjana Ekonomi – Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.
Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Riset Pemasaran. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.
Pengertian Riset Pemasaran
Riset pemasaran (research marketing) merupakan salah satu penelitian sistematis dimulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan informasi dan data, pengelolaan data dan interpretasi hasil penelitian.
Pengertian Riset Pemasaran Menurut Para Ahli
1. Robby Susatyo
Riset Pemasaran ialah suatu pengidentifikasian yang lebih objektif dan tersistematis, yang akan dilanjutkan dengan pengumpulan. analisis, dan perangkaian beberapa informasi yang bertujuan agar dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan yang masih berkaitan dengan solusi permasalahan dan penentuan berbagai peluang dalam proses pemasaran.
2. American Marketing Association
Riset Pemasaran yaitu sebuah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar melalui informasi digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisi peluang dan masalah pemasaran;menghasilkan, menyempurnakan dan mengevaluasi upaya pemasaran; memantau kinerja pemasaran, memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.
3. Philip Kotler
Riset Pemasaran yakni salah satu perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang sudah tersistematis dari data atau berbagai penemuan yang relevan dengan adanya situasi pemasaran tertentu yang telah dihadapi oleh perusahaan.
Tujuan Riset Pemasaran
- Untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis.
- Bisa mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa itu diperlukan dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan konsumen.
- Untuk dapat mengetahui seberapa besar permintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun.
Fungsi Riset Pemasaran
1. Evaluating
Biasanya fungsi ini digunakan untuk mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilaksanakan sebelumnya.
Fungsi evaluating pada riset pemasaran juga termasuk saat perusahaan ingin melakukan review terhadap brand positioning dari pada dengan produk pesaing.
2. Understanding
Fungsi riset pemasaran selanjutnya ialah understanding. Fungsi pada riset pemasaran ini mengutamakan pada tujuan dalam memahami konsumen sebagai salah satu wawasan atau masukan yang penting oleh perusahaan.
Dengan dapat memahami konsumen, perusahaan bisa mengetahui apa yang akan menjadi kebutuhan dan keluhannya konsumen.
Pada saat menjalankan funsi ini, riset pemasaran melakukan suatu gambaran potret kebiasaan dan perilaku seorang konsumen dan harapan serta keluhan mereka pada produk.
3. Predicting
Fungsi ketiga ialah predicting. Fungsi terakhir ini merupakan fungsi yang sesungguhnya paling sulit untuk dilakukan.
Banyak ketidak pastian pada dunia ini, sehingga prediksi yang dilaksanakan pada riset pemasaran sangatlah berbahaya dan beresiko karena sifatnya yang sangat relatif.
Pada suatu saat sebuah brand ingin membidik pasar yang baru, maka dalam riset pemasaran ini selalu dijadikan bahan acuan utama.
Begitu pula saat perusahaan ingin menyusun sebuah strategi pemasaran baru, riset pemasaran bisa menjadi penilaian utama.
Objek Riset Pemasaran
- Produk – Produk termasuk hal yang paling pokok dalam sebuah pemasaran, jika tidak ada produk/jasanya, lalu apa yang harus di pasarkan?
- Harga – Harga juga termasuk hal penting untuk di riset, tujuannya tentu untuk melihat kesesuaian antara harga dengan produknya.
- Promosi – Riset promosi dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan promosi terhadap pemasaran produk.
- Distribusi – Distribusi juga tidak kalah penting dilakukan penelitian guna melihat apakah perjalanan distribusi berjalan dengan baik atau tidak.
Jenis-Jenis Riset Pemasaran
1. Riset Primer
Riset primer ialah salah satu jenis riset yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari hasil penjualan terkini dan efektif yang sedang dijalankan sekarang.
2. Riset Sekunder
Riset sekunder yaitu sebuah riset yang berfungsi menganalisis data yang sudah diterbitkan. Dengan begitu, kita dapat menemukan pesaing dan bisa membangun tolak ukur lalu mengidentifikasi sasaran.
Langkah-Langkah Riset Pemasaran
- Identifikasi Masalah
- Perumusan kerangka teori
- Formulasi desain riset
- Aktivitas lapangan dan dikumpulkannya data
- Persiapan dan analisis data
- Dibuatnya laporan dan presentasi hasil penelitian.
Metode Riset Pemasaran
1. Kuisioner
Metode ini dilakukan dengan memberikan daftar pertanyaan tentang data yang kita perlukan untuk jenis usaha yang kita pilih.
Syaratnya kita perlu menyiapkan calon responden yang berasal dari pelanggan potensial yang akan menjawab kuisoner.
Yakinkan responden agar bisa di ajak kerjasama untuk mengisi jawabannya dengan jujur dan benar. Bila perlu beri bingkisan yang menarik.
2. Riset Grup
Metode ini dilakukan dengan membentuk skelompok orang dari populasi utama pasar potensial kita. Tugas mereka adalah menyampaikan apa saja yang mereka butuhkan, merasakan produk atau jasa yang kita siapkan dan mereka diperkenankan memberikan pendapat tentang kekurangan tentang produk kita.
3. Survey
Metode ini dengan cara yang cukup popular yaitu dengan membuat survey dengan mengajukan pertanyaan yang sederhana mengenai produk atau jasa yang akan kita riset.
Pada umumnya survey ini bersifat acak dan seringkali dengan sukarela, jadi usahakan pertanyaanya tidak mengganggu. Namun belakangan ini sebutan survey juga merupakan nama lain dari kuisoner.
Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Riset Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Objek, Langkah, Jenis & Metodenya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.
Baca Juga Artikel Lainnya :