SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.
Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Tugas & Peran Sekretasis. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.
Peran Sekretaris
1. Peran Sekretaris Kepada Pimpinan
- Sekretaris bertindak sebagai penghubung antara para pemimpin dan orang atau organisasi lain baik melalui surat, telepon atau media lainnya. Jadi semua sekretaris yang menerima.
- Menjadi sumber informasi dan dukungan bagi para pemimpin.
- Sebagai perpanjangan dari kepemimpinan pemimpin kepada anggota.
- Sebagai Representatif (alternatif) memikirkan Pemimpin saat keadaan tertentu.
2. Peran Sekretaris Terhadap Anggota
- Sebagai penghubung antara Anggota dan Pemimpin.
- Menjadi pengawas, motivasi, dan kebijakan tentang kinerja anggota dalam organisasi sebagai bentuk perpanjangan dari pemimpin.
- Penentu kebijakan bagi pegawai secara adil. Kebijakan yang dimaksud seperti pengaturan penempatan pegawai yang sesuai dengan kemampuan pada bidang pekerjaannya.
- Memberikan motivasi kerja kepada pegawai supaya setiap pekerjaan bisa berjalan dengan lancar dan berhasil baik.
- Memberikan apresiasi atau rasa puas dan bangga kepada pegawai yang sudah menjalankan pekerjaan.
- Menampung dan menindaklanjuti pendapat dan usul pegawai dalam berbagai masalah.
- Melakukan pendekatan kepada pegawai supaya dapat melihat kelemahan dan kehendak pegawai, sehingga bisa memberikan solusi untuk pekerjaannya supaya dapat mencapai hasil yang baik.
Tugas Sekretaris
1. Tugas Rutin
- Membuka surat masuk untuk pimpinan
- Menerima dikte.
- Menerima dan melayani tamu serta bertamu mewakili pimpinan.
- Menerima dan melayani telepon serta menelpon.
- Menata arsip/surat.
2. Tugas Khusus
Tugas khusus dapat dilakukan apabila mendapat perintah langsung atau instruksi khusus dari pimpinan kepada sekretaris, dan biasanya, penyelesaian secara khusus pula.
Tugas khusus ini tidak sering dilakukan, akan tetapi harus dilaksanakan sebaik-baiknya karena, ada unsur kepercayaan bahwa tugas sekretaris harus mampu menyimpan rahasia perusahaan dan dipercayakan untuk menyelesaikan tugas tersebut.
3. Tugas Istimewa
Tugas istimewa dilakukan atas dasar keperluan pemimpin. Yang bertugas dalam membantu mempersiapkan semua alat kantor yang diperlukan oleh pimpinan. Serta menjadi penghubung antara pimpinan dengan clien/relasi.
4. Tugas Keuangan
- Menangani urusan keuangan kepemimpinan uang di Bank seperti, penarikan cek, penyimpanan uang di Bank dan pengambilan uang dari Bank.
- Membayar sejumlah tagihan rekening, sumbangan dana atas nama pimpinan dan pajak.
- Menyiapkan catatan berupa pengeluaran sehari-hari, baik untuk keperluan pimpinan dan penyediaan dana untuk keperluan sehari-hari.
5. Tugas Resepsionis
- Menerima dan menjawab telepon serta mencatat pesan-pesan telepon.
- Mencatat janji-janji untuk pimpinan.
- Menyusun acara kerja sehari-hari pimpinan.
- Menerima tamu yang akan bertemu dengan pimpinan.
6. Business Meeting (Pertemuan Bisnis)
Pertemuan bisnis ini ditandai dengan pertemuan 2 orang atau lebih yang bertemu/berkumpul untuk saling menerima dan memberi sesuatu yang berupa informasi, mencari solusi sebuah masalah, menyimak kembali kemajuan dan informasi lainnya.
Tugas ini yang biasanya memberatkan dan paling melelahkan dibandingkan tugas sekretaris lainnya yaitu untuk mengorganisir pertemuan tersebut.
7. Tugas Kreatif
- Membuat perencanaan kerja
- Mempelajari pengetahuan tentang kas kecil
- Pemantapan kepribadian
- Mempelajari pengetahuan tentang bank
- Efisinsi kerja
- Pengembangan diri sekretaris melalui mengikuti kegiatan seminar dan pelatihan atau kursus yang dapat menunjang pekerjaan seorang sekretaris.
Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 32 Tugas & Peran Sekretaris Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.
Baca Juga Artikel Lainnya :