√ Analisis Data : Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Prosedur Terlengkap

Diposting pada
√ Analisis Data : Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Prosedur Terlengkap
Rate this post

√ Analisis Data : Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Prosedur Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id, jumpa lagi dalam pembahasan kali ini. Pada artikel ini akan dibahas sebuah makna dari Analisi Data. Pasti sobat sarjanaekonomi.co.id juga tahu kan apa yang dimaksud dengan analisis data?

Karena dalam ilmu ekonomi apalagi sobat yang berkecimpung dalam suatu bisnis pasti harus mengetahuinya kan. Oke simaklah penjelasan terlengkapnya dibawah ini ya.

 

√ Analisis Data : Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Prosedur Terlengkap

 

Pengertian Analisis Data

Analisis Data adalah suatu proses atau upaya pengolahan data menjadi sebuah informasi yang baru agar karakteristik data tersebut menjadi lebih mudah dimengerti dan dapat berguna untuk solusi suatu permasalahan, khususnya yang berhubungan dengan penelitian.

Analisis data juga dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk dapat mengubah data hasil dari penelitian menjadi sebuah informasi baru yang dapat digunakan dalam membuat kesimpulan.

Secara umum, tujuan analisis data adalah untuk dapat menjelaskan suatu data agar lebih mudah dipahami, selanjutnya dibuat sebuah kesimpulan. Suatu kesimpulan dari analisis data yang didapatkan dari sampel yang umumnya dibuat berdasarkan pengujian hipotesis atau dugaan.

 

Pengertian Analisis Data Menurut Para Ahli

1. Taylor (1975)

Analisis Data adalah suatu proses yang merinci usaha secara formal untuk menemukan tema dan merumuskan hipotesis (ide) seperti yang disarankan dan sebagai usaha untuk memberikan bantuan dan tema pada hipotesis.

 

2. Lexy J. Moleong (2002)

Analisis Data adalah suatu proses mengatur urutan data, mengorganisasikanya ke dalam suatu pola, kategori, dan satuan uraian dasar.

 

 

Jenis Analisis Data

Macam analisis data ini dapat dibedakan berdasarkan metode atau caranya. Berikut ini adalah jenis analisis data secara umum diantaranya :

1. Analisis Data Secara Deskriptif

Pengertian analisis data secara deskriptif adalah suatu teknik analisis yang digunakan dalam menganalisis data dengan membuat gambaran data-data yang telah terkumpul tanpa membuat generalisasi dari hasil penelitian tersebut.

Beberapa yang termasuk di dalam teknik suatu analisis data secara deskriptif misalnya menyajikan data ke dalam bentuk yaitu :

  • Grafik
  • Tabel
  • Presentasi
  • Frekuensi
  • Diagram, dsb.

 

2. Analisis Data Secara Inferensial

Pengertian analisis data secara inferensial adalah suatu teknik analisis data dengan menggunakan statistik dengan cara membuat kesimpulan yang berlaku secara umum. Analisis inferensial ini menggunakan rumus statistik tertentu.

Hasil perhitungan rumus tersebut akan menjadi dasar dalam suatu generalisasi yang sampel bagi populasi. Dengan kata lain, analisis inferensial ini berfungsi untuk membuat generalisasi hasil suatu penelitian sampel untuk populasi.

 

 

Tujuan Analisis Data

Adapun tujuan dari analisis data ialah untuk dapat mendeskripsikan data sehingga bisa dipahami, lalu untuk membuat kesimpulan atau untuk menarik kesimpulan mengenai karakteristik populasi berdasarkan data yang didapatkan dari sampel, biasanya ini dibuat berdasarkan pendugaan dan pengujian hipotesis.

 

 

Langkah dan Prosedur Analisis Data

Dalam melakukan suatu analisis data harus berdasarkan prosedur dan langkah-langkah tertentu.
Berikut ini beberapa langkah-langkah dalam analisis data yaitu :

  • Pengumpulan Data yaitu tahap awal dari aktivitas analisis data adalah pengumpulan data yang akan dianalisis.
  • Tahap Editing yaitu suatu proses pemeriksaan kejelasan dan kelengkapan terkait pengisian instrumen pengumpulan data.
  • Tahap Koding yaitu suatu proses identifikasi dan klasifikasi terhadap semua pernyataan yang ada pada instrumen pengumpulan data berdasarkan variable yang sedang diteliti.
  • Tahap Pengujian yaitu suatu proses pengujian kualitas data, baik dari sisi validitas dan realibilitas instrumen dari pengumpulan data.
  • Tahap Mendeskripsikan Data yaitu suatu proses membuat deskripsi data dengan menyajikannya dalam bentuk tabel frekuensi atau diagram dengan beragam ukuran tendensi sentral maupun ukuran dispersi. Tujuannya adalah agar bisa memahami karakteristik data sampel dari suatu penelitian.
  • Tahap Pengujian Hipotesis yaitu suatu proses pengujian terhadap proposisi apakah bisa diterima atau ditolak, apakah memiliki makna atau tidak. Berdasarkan tahap inilah nantinya akan dibuat suatu kesimpulan atau keputusan.

 

 

Keuntungan Analisis Data

Ada beberapa keuntungan melakukan suatu analisis data bagi sebuah penelitian. Berikut ini adalah beberapa keuntungan analisis data diantaranya :

  • Mendapatkan suatu hasil pengukuran yang lebih jelas.
  • Proses identifikasi yang lebih reliable.
  • Memungkinkan untuk bisa melakukan identifikasi pada hal-hal yang penting.
  • Dapat dilihat secara visual sehingga dapat membantu dalam mengambil keputusan secara cepat dan tepat.
  • Dalam suatu kegiatan bisnis, membantu proses identifikasi masalah yang membutuhkan tindakan atau keputusan.
  • Memiliki suatu kesadaran yang lebih baik mengenai potensi dari pelanggan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Analisis Data : Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Prosedur Terlengkap. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan untuk para pembaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Lengkap Pengambilan Keputusan : Pengertian, Dasar, Fungsi, Faktor dan Proses

Baca Juga :  √ Manajemen Operasional : Pengertian, Fungsi, dan Contohnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Agribisnis : Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi, Aspek, dan Contohnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Investasi : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Terlengkap