Kartu Kredit

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Kartu Kredit. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Kartu Kredit


Pengertian Kartu Kredit


Kartu kredit adalah suatu alat pembayaran pengganti uang tunai yang dapat digunakan oleh para pemakainya guna dapat ditukarkan dengan barang atau jasa yang diinginkannya di tempat-tempat yang dapat menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit (merchant).


Pengertian Kartu Kredit Menurut Para Ahli


1. Munir Fuady
Kartu kredit adalah suatu kartu yang pada umumnya dibuat dari plastik dengan dibubuhkan identitas dari pemegang dan penerbit (card issuer) yang memberikan hak terhadap siapa kartu kredit diisukan untuk menandatangani tanda pelunasan pembayaran harga dari jasa atau barang yang dibeli dari tempat-tempat tertentu seperti toko, hotel, restoran, penjual tiket pengangkutan dan lain-lain.


2. Imam Prayogo Suryahadibroto dan Djoko Prakoso
Kartu kredit adalah suatu jenis alat pembayaran sebagai pengganti uang tunai, di mana sewaktu-waktu bisa saja ditukarkan apa aja dengan yang diinginkan yakni di cabang mana saja yang dapat menggunakan kartu kredit dari bank, atau perusahaan yang mengeluarkan atau juga dapat  saja menguangkan kepada bank yang mengeluarkan.


3. Emmy Pangaribuan br. Simanjuntak
Kartu kredit adalah suatu kartu yang dapat memberikan hak kepada penggunanya atas penunjukkan dari kartu itu tetapi dengan menandatangani formulir rekening pada suatu perusahaan sehingga memperoleh barang atau jasa tanpa perlu membayar secara langsung.


4. Muhammad Djumhana
Kartu kredit adalah alat pembayaran pengganti uang tunai.


Fungsi Kartu Kredit


Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas sehingga dapat melancarkan dan mendorong perdagangan dan perputaran uang.


Jenis – Jenis Kartu Kredit


1. Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limit

  • Kartu Kredit Titanium
Baca Juga :  Pegadaian Adalah

Kartu kredit titanium sangat terbatas kepemilikannya. Tak semua orang dapat memperoleh kartu ini, karena hanya sebagian yang diundang secara langsung oleh bank lah yang akan mendapatkan menggunakan kartu kredit titanium.

  • Kartu Kredit Platinum

Kartu kredit platinum adalah salah satu jenis kartu kredit dengan tingkatan yang paling tinggi karena, Kartu kredit platinum hanya dimiliki oleh sedikit saja orang karena, dapat dikatakan tidak mudah untuk mendapatkannya akibat persyaratan yang lumayan ketat.

  • Kartu Kredit Spesial

Kartu kredit dengan brand Visa yang telah meluncurkan sebuah jenis kartu kredit Visa Signature dan Visa Infinite. Kartu kredit Visa Signature dan Visa Infinite tidak diperuntukkan bagi kalangan yang dikatakan biasa-biasa saja. Kemudian, kartu kredit jenis ini juga hanya diperuntukkan bagi mereka pengusaha besar dengan aset milyaran. Seperti: pengacara terkenal dan dokter terkenal.

  • Kartu Kredit Silver

Kartu kredit silver adalah salah satu jenis kartu kredit dasar dan paling banyak dipakai di masyarakat. Karena pada umumnya, setiap pemegang baru kartu kredit, akan diberikan kartu kredit dengan jenis silver terlebih dahulu sebelum menggunakan kartu kredit dengan tahapan yang lebih meningkat sesuai dengan riwayat kreditnya.

  • Kartu Kredit Gold

Kartu kredit gold hanya diperuntukkan bagi mereka dengan penghasilan tetap per bulannya sekitar 5 juta hingga 10 juta. Kartu kredit gold ini mempunyai limit kredit berkisar antara 10 juta hingga 40 juta, tergantung pada bank penerbit kartu kreditnya.


2. Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah

  • Kartu Kredit Internasional

Kartu kredit internasional adalah salah satu kartu kredit yang bisa digunakan di masa apa saja dan telah diakui hampir di seluruh dunia.

  • Kartu Kredit Nasional

Kartu kredit nasional adalah kartu kredit yang hanya dapat digunakan di sejumlah wilayah tertentu saja.


Cara Kerja Kartu Kredit


1. Merchant Acquirer: Institusi atau lembaga, lazimnya perbankan, yang dapat memproses suatu transaksi dari kartu kredit di merchant atau gerai melewati alat laksana EDC atau ATM.


2. Merchant atau gerai: gerai laksana restoran, toko online, hotel, yang meluangkan pilihan transaksi memakai kartu kredit.


3. Penerbit kartu kredit: Lembaga penerbit kartu kredit ialah bank atau perusahaan finansial nonbank.

Baca Juga :  Remunerasi Adalah

4. Pihak yang bersinggungan dalam suatu transaksi kartu kredit. Yaitu: Pemegang kartu kredit: kita atau orang yang diserahkan kuasa untuk dapat menggunakan kartu kredit. contohnya: pasangan atau anak kita yang memegang kartu tambahan, guna bertransaksi dengan melakukan pembelian barang atau transaksi tarik tunai.


5. Jaringan/Organisasi kartu kredit: organisasi atau jaringan yang dapat membuat ekosistem suatu pembayaran dan beraksi sebagai penengah atau penghubung antara merchant dan penerbit kartu kredit.


Kelebihan Kartu Kredit


1. Relatif Lebih Aman
Meski tidak terbebas dari risiko dicuri dan disalahgunakan, tidak seperti uang tunai yang apabila dicuri atau hilang dapat langsung digunakan oleh siapapun, kartu kredit relatif lebih aman.


2. Membantu dalam Keadaan Darurat
Kartu kredit bisa saja menjadi suatu alat yang dapat membantu kamu dalam melakukan pembayaran dengan berbagai macam situasi darurat apabila kebetulan uang tunai sulit diperoleh dengan cepat atau tidak tersedia.


3. Praktis dan Nyaman
Kartu kredit dapat memberikan sejumlah kemudahan kepada Kamu sebagai pemakainya karena Kamu tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah yang besar di dalam dompet atau tas saat bepergian.


4. Menawarkan Fleksibilitas dalam Melakukan Pembelian
Berbagai toko yang menjual barang maupun jasa dan juga pusat perbelanjaan seringkali mengadakan program penawaran atau promo khusus atau memberikan diskon dalam waktu yang terbatas.


5. Mempermudah Transaksi Online
Dalam melakukan pembayaran transaksi online ini, selain transfer tunai dan debit, kartu kredit juga dapat dipergunakan untuk kamu agar lebih mudah dan dapat mempercepat proses berbelanja di dunia maya sebab hampir semua situs belanja online saat ini menerima kartu kredit sebagai alat pembayaran.


6. Dapat Digunakan di Seluruh Dunia
Kartu kredit diterima dan dapat digunakan di berbagai macam toko atau penjual di seluruh dunia yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan kartu kredit jadi akan lebih mempermudah sih pemakainya.


7. Menawarkan Berbagai Manfaat Tambahan
Bagi Kamu yang sering bepergian dengan menggunakan pesawat dan sering membeli tiketnya dengan kartu kredit, biasanya pihak penerbit kartu kredit akan menawarkan poin khusus atau sering dikenal dengan istilah frequent flier miles atau travel points yang nantinya kamu dapat mengumpulkan point dan  selanjutnya dapat Kamu tukarkan dengan tiket pesawat terbang gratis.

Baca Juga :  √ Pengertian NPV (Net Present Value) Menurut Para Ahli dan Rumusnya Terlengkap

8. Mempermudah Mengatur Anggaran Keuangan
Fasilitas ini mempermudah Kamu dalam merencanakan anggaran keuangan Kamu maupun keluarga, terutama jika Kamu bermaksud melakukan pembelian dalam jumlah yang cukup terbilang besar, yang cara pembayarannya dapat Kamu atur sesuai dengan rencana anggaran dan kemampuan keuangan yang kamu anggarkan.


Kekurangan Kartu Kredit


1. Disertai dengan Bunga
Meskipun berbelanja dengan kartu kredit dapat memudahkan para pemakainya dalam melakukan pembayaran denga dilakukannya cicilan, tetapi ingatlah selalu ada bunga yang dikenakan pada tagihan tersebut.


2. Beberapa Merchant Mengenakan Minimal Transaksi
Meskipun dengan mudah digunakan, terkadang ada beberapa juga merchant yang memiliki persyaratan berupa adanya minimal nominal pembelanjaan apabila ingin menggunakan kartu kredit saat akan melakukan pembayaran.


3. Rentan Digunakan Berlebihan
Mudahnya menggunakan kartu kredit ini yaitu dapat membuat orang menjadi lebih tertarik melakukan berbagai macam transaksi lagi dan lagi dengan kartu kredit, tanpa memikirkan kemampuan membayar tagihan / cicilan di bulan yang akan datang.


4. Aturan yang Ketat dan Berujung pada Bertambahnya Tagihan
Seperti yang sudah disebutkan, kartu kredit memang akan mengenakan bunga pada tagihan yang tertunggak. Tidak hanya itu, kartu kredit juga mempunyai berbagai macam aturan ketat yang wajib ditaati oleh para pemakainya, karena apabila tidak Kamu akan mendapatkan denda keterlambatan yang juga semakin menambah total tunggakan.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Kartu Kredit : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :