√ 25 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 25 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di sarjanaekonomi.co.id. Kali ini akan membahas mengenai Kompetensi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kompetensi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 25 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 25 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

 

1. Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel

Kompetensi yaitu salah satu karakteristik manusia yang berhubungan dengan efektivitas performa, yang dapat dilihat dari perilaku, cara berpikir, dan gaya bertindak.

 

2. UU No. 13 Tahun 2003

Kompetensi yakni suatu kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

 

3. Sedarmayanti

Kompetensi ialah berbagai karakteristik yang mendasari seseorang dan berhubungan dengan efektivitas kinerja individu dalam melakukan pekerjaannya.

 

4. Stephen Robbin

Kompetensi adalah sebuah kemampuan (ability) atau kapasitas seseorang untuk melakukan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan, dimana kemampuan tersebut ditentukan oleh faktor intelektual dan fisik.

 

5. A.A. Anwar Prabu Mangkunegara

Kompetensi merupakan segala faktor mendasar yang ada pada seseorang yang memiliki kemampuan lebih dan membuatnya berbeda dengan orang lain dengan kemampuan rata-rata.

 

6. Webster’s Ninth New Collegiate Dictionary

Kompetensi yaitu semua ketrampilan dari seorang ahli, dimana ahli didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki tingkat keterampilan tertentu atau pengetahuan yang tinggi dalam subyek tertentu yang diperoleh dari pelatihan dan pengalaman.

 

7. Mitrani

Kompetensi merupakan salah satu bagian kepribadian yang mendalam dan melekat kepada seseorang serta perilaku yang dapat diprediksi pada berbagai keadaan dan tugas pekerjaan.

Baca Juga :  √ 16 Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli Terlengkap

 

8. Suparno

Kompetensi yakni berbagai kecakapan yang memadai untuk melakukan suatu tugas atau sebagai memiliki ketrampilan & kecakapan yang diisyaratkan.

 

9. Byars Dan Rue

Kompetensi ialah sebuah sifat atau karakteristik yang dibutuhkan oleh seorang pemegang jabatan agar dapat melaksanakan jabatan dengan baik, atau juga dapat berarti karakteristik seseorang yang mudah dilihat termasuk pengetahuan, keahlian dan perilaku yang memungkinkan untuk berkinerja.

 

10. Poerwadarminta

kompetensi adalah segala sesuatu kekuasaan (kewenangan) untuk menentukan atau memutuskan suatu hal.

 

11. Boyatzis

Kompetensi ialah sebuah kapasitas yang ada pada seseorang yang bisa membuat orang tersebut mampu memenuhi apa yang disyaratkan oleh pekerjaan dalam suatu organisasi sehingga organisasi tersebut mampu mencapai hasil yang diharapkan.

 

12. Wibowo

Kompetensi yaitu semua kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang dilandasi oleh keterampilan dan pengetahuan kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut.

 

13. Fogg

Kompetensi merupakan

  • Kompetensi dasar (Threshold competencies) ialah suatu karakteristik utama, yang biasanya berupa pengetahuan atau keahlian dasar seperti kemampuan untuk membaca.
  • Kompetensi pembeda (differentiating) yaitu sebuah kompetensi yang membuat seseorang berbeda dari yang lain.

 

14. Spencer Dan Spencer

Kompetensi sebagai karakteristik dasar yang dimiliki seorang individu yang berhubungan secara kausal dalam memenuhi kritersia yang diperlukan dalam menduduki suatu jabatan.

 

15. Kepala Badan Kepegawaian Negeri Nomor: 46A tahun 2003

Kompetensi yakni sebuah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang Pegawai Negeri Sipil berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya, sehinga Pegawai Negeri Sipil tersebut dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, efektif dan efisien.

 

Baca Juga :  √ Perusahaan Jasa : Pengertian, Karakteristik, Ciri, Kelebihan, Kekurangan dan Contoh Terlengkap

16. Echols dan Shadily

Kompetensi dalam etimologi berasal dari kata bahasa Inggris “competency” yang artinya kecakapan atau kemampuan.

 

17. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Kompetensi yakni sesuatu kewenangan atau kekuasaan untuk menentukan (memutuskan sesuatu), kemampuan menguasai gramatikan suatu bahasa secara abstrak atau batiniah.

 

18. Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melasanakan tugas keprofesionalan.

 

19. PP No. 23 Tahun 2004

Kompetensi sebagai suatu proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistimatis dan objektif melalui uji kompetensi yang mengacu kepada standar kompetensi kerja nasional Indonesia dan atau Internasional.

 

20. Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)

Kompetensi ialah suatu pernyataan tentang bagaimana sesorang dapat mendemontrasikan seperti keterampilan, pengetahuan dan sikapnya di tempat kerja sesuai dengan standar Industri atau sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh tempat kerja (industri).

 

21. Association K.U. Leuven

Kompetensi yaitu suatu peingintegrasian dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memungkinkan untuk melaksanakan satu cara efektif.

 

22. Drs. Budiman Sanusi Mpsi

Kompetensi yakni satu keseluruhan pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan sikap yang ditampilkan oleh orang-orang yang sukses atau berhasil dalam mengerjakan suatu tugas dengan prestasi kerja yang optimal.

 

23. E. Mulyasa

Kompetensi adalah salah satu perpaduan antara pengetahuan, keterampilan, dan nilai serta sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.

 

24. Watson Wyatt

Kompetensi merupakan sebuah keterampilan (skill), pengetahuan (knowledge), dan perilaku (attitude) yang dapat diamati dan di-terapkan secara kritis untuk suksesnya sebuah organisasi dan prestasi kerja serta kontribusi pribadi karyawan terhadap organisasinya.

Baca Juga :  √ Freelance : Pengertian, Syarat, Contoh, Cara Kerja Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

 

25. The Jakarta Consulting Group

Kompetensi ialah segala bentuk perwujudan, ekspresi, dan representasi dari motif, pengetahuan, sikap, perilaku utama agar mampu melaksanakan pekerjaan dengan sangat baik atau yang membedakan antara kinerja rata-rata dengan kinerja superior. Pendekatan ini dilihat dari sudut pandang individual.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 25 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :