√ 18 Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada
√ 18 Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (100%) 12 vote[s]

√ 18 Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Pengawasan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 18 Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 18 Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli

 

1. Basu Swasta

Pengawasan adalah suatu fungsi penjaminan bahwa segala aktivitas akan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

 

2. Winardi

Pengawasan ialah seluruh kegiatan yang dijalankan oleh pihak manajer untuk memastikan bahwa hasil sesungguhnya sesuai dengan hasil dari perencanaan.

 

3. Victor M. Situmorang dan Jusuf Juhir

Pengawasan yaitu segala bentuk upaya dan perbuatan yang ditujukan untuk mengetahui sejauh mana keberjalanan pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan aturan dan tujuan yang akan diraih.

 

4. Sondang P. Siagian

Pengawasan ialah proses mengamati suatu pelaksanaan dari keseluruhan aktivitas organisasi untuk menjamin supaya seluruh tugas yang sedang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan sebelumnya.

 

5. Henry Fayol

Pengawasaan terdiri proses pengujian untuk mengetahui apakah segala sesuatu dilaksanakan sesuai perencanaan dan sesuai perintah dan aturan yang ada.

 

6. Soekarno K

Pengawasan yakni suatu proses yang menetapkan terkait hal yang harus dilaksanakan, tujuan dilaksanakannya hal tersebut, dan supaya yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan.

 

7. Djamaluddin Tanjung dan Supardan

Pengawasan ialah salah satu fungsi manajemen yang bertujuan sebagai penjamin agar segala keberjalanan aktivitas kerja sesuai dengan acuan yang telah ditentukan dan disusun dalam perencanaan.

 

8. Sarwoto

Pengawasan merupakan suatu manajer dalam pengupayakan supaya tugas dan pekerjaan dapat dijalankan sesuai dengan perencanaan yang ditentukan.

Baca Juga :  √ Perusahaan : Pengertian, Jenis, Unsur dan Bentuknya Terlengkap

 

9. George R. Terry

Pengawasan yaitu upaya untuk menentukan hasil yang telah diraih, mengevaluasi hasil tersebut, dan menjamin supaya hasil tersebut sesuai dengan perencanaan.

 

10. M. Manullang

Pengawasan yakni salah satu proses penentuan tugas dan tanggung jawab yang telah dijalankan, melakukan penilaian, dan melakukan tindakan korektif jika diperlukan dengan tujuan agar pelaksanaan yang telah dijalankan sesuai dengan perecanaan.

 

11. Siagian

Pengawasan yaitu proses pengamanan daripada pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin agar supaya semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya.

 

12. Terry

Pengawasan yakni untuk menentukan apa yang telah dicapai, mengadakan evaluasi atasannya, dan mengambil tindakan-tindakan korektif bila diperlukan untuk menjamin agar hasil sesuai dengan rencana.

 

13. Kertonegoro

Pengawasan ialah proses melalui manajer berusaha memperoleh keyakinan bahwa kegiatan yang dilakukan sesuai dengan perencanaannya.

 

14. Harold Koonz,dkk

Pengawasan adalah suatu pengukuran dan pembetulan terhadap kegiatan para bawahan untuk menjamin bahwa apa yang terlaksana itu cocok dengan rencana.

 

15. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengawasan berasal dari kata awas yang artinya memperhatikan baik-baik, dalam arti melihat sesuatu dengan cermat dan seksama, tidak ada lagi kegiatan kecuali memberi laporan berdasarkan kenyataan yang sebenarnya dari apa yang di awasi.

 

16. Seminar ICW pertanggal 30 Agustus 1970

Pengawasan sebagai suatu kegiatan untuk memperoleh kepastian apakah suatu pelaksaan pekerjaan atau kegiatan itu dilaksanakan sesuai dengan rencana, aturan-aturan dan tujuan yang telah di tetapkan.

 

17. Prayudi

Pengawasan ialah suatu proses untuk menetapkan pekerjaan apa yang di jalankan, dilaksanakan, atau diselenggarakan itu dengan apa yang dikehendaki, direncanakan atau diperhatikan.

Baca Juga :  √ Kelangkaan : Pengertian, Penyebab, Mengatasi dan Dampak Terlengkap

 

18. Saiful Anwar

Pengawasan yaitu suatu proses untuk menetapkan pekerjaan apa yang di jalankan, dilaksanakan, atau diselenggarakan itu dengan apa yang dikehendaki, direncanakan atau diperhatikan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 18 Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :