SarjanaEkonomi.Co.ID – Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.
Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Perusahaan Jasa. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.
Pengertian Perusahaan Jasa
Perusahaan jasa merupakan suatu unit bisnis yang kegiatannya menghasilkan produk (jasa) tidak berwujud, dengan tujuan memperoleh laba atau keuntungan.
Atau perusahaan jasa juga dapat diartikan sebagai perusahaan yang menjual jasa yang dihasilkannya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan menghasilkan keuntungan.
Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Para Ahli
1. Christian Gronross
Perusahaan Jasa ialah suatu perusahaan yang dalam kegiatannya terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa untuk mengatasi masalah pelanggan.
2. Adrian Payne
Perusahaan jasa yaitu sebuah perusahaan yang melakukan aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible, dimana terdapat interaksi dengan konsumen atau dengan barang miliki tapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.
3. Djaslim Saladin
Perusahaan jasa yakni suatu badan usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya.
4. Philip Kotler
Perusahaan jasa merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan suatu tindakan bersifat abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan pada orang lain.
5. Norman
Perusahaan jasa adalah suatu perusahaan penyedia jasa adalah perusahaan yang melakukan tindakan atau interaksi berupa kontak sosial antara produsen dan konsumen yang lebih dari sekedar hasil suatu yang tidak terhalang.
Karakteristik Perusahaan Jasa
- Perusahaan ini tidak mempunyai produk berwujud, hanya bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat.
- Produk yang diproduksi tidak memiliki standar baku atau banyak variasinya (heterogenitas)
- Tidak dapat dipisahkan antara produk yang dihasilkan dan dikonsumsi secara bersamaan.
- Produknya tidak dapat disimpan sebab tidak mempunyai wujud.
Ciri-Ciri Perusahaan Jasa
- Pendapatan atau keuntungan bersumber dari penjualan jasa.
- Pada saat memproduksi jasa, bisa atau tidak membutuhkan bantuan dari produk terlihat (fisik).
- Jasa yang diberikan tidak sama, setiap konsumen bisa mendapatkan jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lain.
- Perusahaan ini tidak mempunyai ketersediaan produk secara fisik sebab produk yang dijual adalah produk yang tidak berwujud (jasa), sehingga produk yang dihasilkan tidak dapat dipegang namun bisa dirasakan manfaatnya.
- Seringkali untuk harga mempunyai sifat yang tidak baku, karena murah atau mahalnya harga yang ditentukan dari perusahaan bergantung dari tingkat kebutuhan dari konsumen.
- Jasa yang diproduksi tidak dapat disimpan, sehingga sekali dilakukan transaksi maka penggunaanya akan otomatis habis.
Kelebihan Perusahaan Jasa
- Dengan berbisnis jasa tidak membutuhkan tempat untuk display produk sehingga dalam hal sewa tempat usaha akan lebih hemat.
- Tidak memerlukan tempat untuk penyimpanan barang atau gudang.
- Pada badan usaha jasa tertentu tidak membutuhkan banyak karyawan sehingga menghemat pengeluaran gaji karyawan.
Kekurangan Perusahaan Jasa
- Strategi promosi membutuhkan testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya karena tidak ada produk yang bisa digunakan untuk demo.
- Meskipun ada komplain, namun dalam badan usaha jasa tidak bisa mengembalikan apa yang sudah dibeli (diretur).
Contoh Perusahaan Jasa Yang Ada Di Indonesia
- Bergerak di bidang Transportasi, Infatruktur dan Utilitas : Indosat Tbk, Garuda Indonesia Tbk, Telekomunikasi Indonesia Tbk, Jasa marga Tbk dan lain sebagainya.
- Bergerak di bidang Keuangan : Bank Central Asia Tbk, Bank Mandiri Tbk, Bank Danamon Indonesia Tbk, Bank Rakyat Indonesia Tbk dan lain sebagainya.
Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Perusahaan Jasa : Pengertian, Karakteristik, Ciri, Kelebihan, Kekurangan dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.
Baca Juga Artikel Lainnya :