√ Akomodasi : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Akomodasi : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Jenis Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Akomodasi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Akomodasi : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Jenis Terlengkap
√ Akomodasi : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Jenis Terlengkap

 

Pengertian Akomodasi

 

Akomodasi merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk tercapainya penyelesaian sebuah masalah atau pertikaian oleh pihak-pihak yang bertikai dan mengarah pada keadaan atau situasi selesainya pertikaian atau masalah tersebut.

Istilah akomodasi sering digunakan untuk beberapa bidang yaitu :

  • Psikologi ialah kata akomodasi berkaitan dengan penyesuaian tingkah laku manusia.
  • Traveling yaitu suatu kata akomodasi berhubungan dengan fasilitas penginapan bagi orang sedang berpergian, contohnya hotel dan losmen.
  • Mata yakni sebuah kata akomodasi berhubungan dengan penyesuaian mata untuk melihat atau pemfokusan penglihatan.

 

 

Pengertian Akomodasi Menurut Para Ahli

 

1. Gillin dan Gillin

Akomodasi ialah definisi yang digunakan oleh sosiolog untuk menggambarkan suatu proses dalam hubungan sosial yang sama artinya dengan adaptasi dalam biologi untuk menunjukkan pada proses dimana mahluk hidup menyesuaikan diri dengan alam sekitar.

 

2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Akomodasi yaitu penyesuaian manusia dalam kesatuan sosial untuk menghindari dan meredakan interaksi ketegangan dan konflik.

 

 

Tujuan Akomodasi

  • Meminimalisir terjadinya konflik antar individu atau kelompok yang diakibatkan oleh adanya perbedaan paham.
  • Mencegah potensi terjadinya konflik lebih besar yang bisa mengakibatkan peperangan.
  • Memungkinkan terwujudnya kerjasama antara beberapa kelompok sosial yang hidup secara terpisah karena perbedaan budaya dan faktor sosial.
  • Menyatukan kelompok-kelompok sosial yang berlatar belakang berbeda namun memiliki tujuan yang sama.
Baca Juga :  √ Forecasting : Pengertian, Faktor, Fungsi, Tujuan dan Jenis Terlengkap

 

 

Karakteristik Akomodasi

  • Keperluan terhadap akomodasi terjadi sebab terdapat konflik atau pertentangan.
  • Akomodasi yang bersifat universal.
  • Akomodasi merupakan proses yang terus menerus atau terjadi secara terus menerus
  • Akomodasi merupakan perpaduan dari perasaan cinta dan benci.

 

 

Macam – Macam Akomodasi

 

1. Kompromi

Kompromoi ialah bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang berkonflik melakukan musyawarah untuk mengurangi tuntutannya sehingga konflik dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan segera.

 

2. Konsiliasi

Konsiliasi yaitu suatu bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang bertikai melakukan pertemuan untuk mencari jalan tengah dari masalah yang terjadi sehingga pertikaian dapat diselesaikan.

 

3. Stalemate

Stalemate yakni sebuah bentuk akomodasi dimana salah satu pihak yang bertikai berhenti pada satu titik tertentu sebagai akibat terjadinya keseimbangan kekuatan pada masing-masing pihak.

 

4. Coercion

Coercion adalah salah satu bentuk akomodasi dimana pelaksanaannya dilakkukan dengan cara paksa. Umumnya Coercion dilakukan karena salah satu pihak yang bertikai berada pada posisi yang lebih lemah, atau kekuatannya tidak seimbang.

 

5. Arbitrasi

Arbitrasi merupakan bentuk akomodasi dimana pelaksanaannya menghadirkan pihak ketiga yang berperan sebagai penengah atau perantara. Pihak ketiga tersebut dipilih atas persetujuan pihak-pihak yang berselisih sehingga mereka dapat melakukan kompromi.

 

6. Toleransi

Toleransi ialah bentuk dari akomodasi yang pada pelaksanaannya mengandalkan asas saling pengertian antar pihak yang berselisih. Toleransi dilakukan tanpa adanya persetujuan dari salah satu pihak yang berselisih.

 

7. Ajudikasi

Ajudikasi yakni sebuah bentuk akomodasi dimana pelaksanaannya melalui proses pengadilan untuk menyelesaikan masalah. Umumnya ajudikasi dilakukan jika pihak-pihak yang berselisih tidak dapat menyelesaikan masalah dengan berbagai cara.

 

9. Segregation

Segregation ialah salah satu upaya penyelesaian sengketa dengan cara masing-masing pihak saling menghindarikonflik agar tidak berkelanjutan. Contohnya pemisahan antara warga kulit putih, kulit hitam di Afrika Selatan pada masa politik apartheid.

Baca Juga :  √ Resesi : Pengertian, Penyebab, Akibat, Dampak dan Cara Mengatasinya Terlengkap

 

10. Elimination

Elimination yakni sebuah upaya penyelesaian sengketa karena salah satu pihak bersedia mengalah, meminta maaf atau mengundurkan diri dari persaingan.

Contohnya sebuah penyelesaian masalah yang terjadi karena mediasi yang dilakukan oleh salah satu pihak yang menyadari akan kesalahannya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Akomodasi : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :