Brand Ambassador

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.ID Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Brand Ambassador. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Brand Ambassador : Pengertian, Tugas, Manfaat dan Karakeristik Terlengkap


Pengertian Brand Ambassador

Brand ambassador atau duta merek merupakan individu atau kelompok yang ditunjuk sebagai ikon atau identitas untuk mewakili produk tertentu sebagai representasi citra terbaik dari suatu produk, agar dengan kepupuleran, keahlian dan daya tariknya dapat menarik dan mengajak konsumen untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Penunjukkan brand ambassador biasanya diwakili oleh sosok selebriti atau atlet yang menjadi panutan idola dari masyarakat luas.

Brand ambassador adalah identitas, dimana mereka bertindak sebagai alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme kejayaan manusia serta komodifikasi dan komersialisasi suatu produk.


Pengertian Brand Ambassador Menurut Para Ahli

1. Doucett

Brand Ambassador ialah seseorang yang memiliki passion terhadap brand, mau memperkenalkannya, dan bahkan dengan sukarela memberikan informasi mengenai brand.


2. Shimp

Brand Ambassador yaitu orang yang mendukung suatu merek dari berbagai tokoh masyarakat populer, selain dari masyarakat populer dapat juga didukung oleh orang biasa dan lebih sering disebut sebagai endorser biasa.


3. Gita dan Setyorini

Brand Ambassador yakni ikon budaya atau identitas, dimana mereka bertindak sebagai alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme kejayaan manusia serta komodifikasi dan komersialisasi suatu produk.


4. Royan

Brand Ambassador ialah seseorang yang dipercaya untuk mewakili produk tertentu. Penggunaan brand ambassador dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi atau mengajak konsumen untuk menggunakan sebuah produk, pemilihan brand ambassador biasanya seorang selebriti yang terkenal.


5. Lea Greenwood

Brand Ambassador merupakan alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasin dan berhubungan dengan publik, dengan harapan mereka dapat meningkatkan penjualan.


6. Gita dan Setyorini

Brand Ambassador ialah ikon budaya atau identitas, dimana mereka bertindak sebagai alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme kejayaan manusia serta komodifikasi dan komersialisasi suatu produk.


Manfaat Brand Ambassador

1. Press Coverage

Brand ambassador berperan dalam memberikan tekanan agar bisamembentuk citra sebuah merek dimata konsumen.


2. Changing Perceptions of the Brand

Brand ambassador bisa mengubah persepsi atas suatu brand, dengan penggunaan brand ambassador yang efektif maka bisa mendukung citra dan persepsi sebuah brand.


3. Attracting New Customers

Bagi perusahaan, brand ambassador sangat berperan dalam menarik konsumen agar menggunakan produknya. Untuk itu, dibutuhkan kesesuiaan dalam pemilihan brand ambassador dengan target konsumen.


4. Freshening Up An Existing Campaign

Kadang konsumen kurang memperhatikan atau lupa dengan slogan atau kampanye yang diusung sebuah perusahaan, dengan adanya brand ambassador maka konsumen akan lebih mudah mengingat kampanye perusahaan.


Tugas atau Peranan Brand Ambassador

  • Memberikan kesaksian (testimonial).
  • Memberikan dorongan dan penguatan (endorsement).
  • Bertindak sebagai aktor dalam topik (iklan) yang diwakilinya.
  • Bertindak sebagai juru bicara perusahaan.

Karakteristik Brand Ambassador

  • Transparansi adalah ketika seorang selebriti mendukung sebuah merek yang terkait dengan profesi mereka.
  • Kesesuaian ialah konsep kunci pada Brand ambassador yakni memastikan bahwa ada kecocokan antara merek dan selebriti.
  • Kredibilitas yaitu tingkatan dimana konsumen melihat bahwa sumber (ambassador) memiliki pengetahuan keahlian atau pengalaman yang relevan dan sumber (ambassador) tersebut dapat dipercaya untuk memberikan informasi yang objektif dan tidak biasa.
  • Daya tarik yakni tampilan non fisik yang menarik yang dapat menunjang suatu produk maupun iklan.
  • Power merupakan kharisma yang dipancarkan oleh narasumber untuk mempengaruhi konsumen sehingga konsumen terpengaruh untuk membeli maupun menggunakan produk.
  • Attractiveness (daya tarik) yaitu bukan hanya berarti daya tarik fisik, tetapi meliputi sejumlah karakteristik yang dapat dilihat khalayak dalam diri pendukung kecerdasan, sifat-sifat kepribadian, gaya hidup, keatletisan tubuh, dan sebagainya.
  • Trustworthiness (kepercayaan) yakni dimana tingkat kepercayaan, ketergantungan, seperti seseorang yang dapat di percaya.
  • Expertise (keahlian) ialah keahlian yang mengacu pada pengetahuan, pengalaman, atau keterampilan yang dimiliki seseorang pendukung yang berhubungan dengan topik yang diwakilinya.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Brand Ambassador : Pengertian, Tugas, Manfaat & Karakeristiknya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :