Contoh Surat Pengunduran Diri

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Jika kamu adalah seorang karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan dan ingin melakukan pengunduran diri atau resign, silahkan lihat bagaimana cara membuat surat resign pengunduran diri yang baik dan benar agar perusahaan tempat anda bekerja mau menerima keputusan anda dan tidak menimbulkan sesuatu yang tidak baik di saat kamu akan kembali bekerja di tempat kamu sebelumnya.

Sebagai seorang karyawan, ada banyak alasan bagi anda untuk melakukan pengunduran diri kerja resign dari perusahaan tempat bekerja misalnya karena lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan kepribadian anda saat itu, atau gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang diperintahkan oleh perusahaan, resign karena ingin mengurus keluarga, resign karena masalah kesehatan yang tidak kunjung baik dan yang terakhir karena mendapatkan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan dan memiliki salary lebih banyak ketimbang tempat kerja sebelumnya.

Oleh Karena itu kamu dapat mempelajari cara membuat surat pengunduran diri untuk perusahaan kamu, dan disimak secara seksama agar surat pengunduran diri kamu bagus dan dapat di terima dengan baik oleh pihak perusahaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar


Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri Merupakan sebuah surat yang menjadi syarat administratif, biasanya ditulis untuk dapat memberitahukan keinginan seorang karyawan, untuk mengundurkan diri dari jabatan dan tugas yang sedang di jabat saat itu.

Dengan kata lain, ini adalah bentuk resmi untuk berhenti. Tujuan surat pengunduran diri adalah untuk membuat catatan pemberitahuan resmi, memberikan detail tentang hari terakhir karyawan, menguraikan langkah selanjutnya, dan menjaga hubungan positif dengan pemberi kerja.


Alasan Karyawan Mengundurkan Diri

Ada beberapa alasan yang pada akhirnya membuat pekerja ingin keluar dari pekerjaan dan berikut ini adalah ulasannya yang perlu Anda ketahui

  • Kurangnya kepercayaan dan otonomi
  • Tidak dihargai atau diakui
  • Kurangnya rasa hormat
  • Kurang atau bahkan tidak ada kesempatan untuk tumbuh dan berkembang, tidak ada peluang kemajuan
  • Tidak dapat berkembang
  • Manajer yang buruk
  • Manajemen yang buruk
  • Komunikasi yang buruk
  • Merasa stres atau terlalu banyak bekerja
  • Kurangnya dukungan


Manfaat Surat Pengunduran Diri

Manfaat pada surat pengunduran diri adalah memiliki manfaat yang tak terduga :

  • Mengedepankan profesionalitas dan keluar secara terhormat.
  • Merupakan antisipasi bagi perusahaan untuk mencari pengganti bagi posisi yang kosong
  • Langkah yang seusai dengan etika dan menjaga nama baik.
  • Agar perusahaan dapat segera mencari pengganti posisi yang akan dikosongkan


Struktur Surat Pengunduran Diri

Jika kamu ingin membuat suatu surat pengunduran diri, maka jangan lupa memperhatikan format-format sebagai berikut ini :

  • Nama Kota & Tanggal
  • Nama Perusahaan & Alamat Perusahaan
  • Salam Pembuka
  • Alasan mengapa Anda ingin mengundurkan diri
  • Mencantumkan tanggal kapan Anda akan mengundurkan diri
  • Mengucapkan permohonan maaf dan terimakasih
  • Salam penutup dan tanda tangan


Syarat Baik Dalam Surat Pengunduran Diri

Mengundurkan diri dari sebuah perusahaan bukanlah hal yang sangat mudah untuk di terima di dalam perusahaan. Walaupun akan berpisah, kamu harus tetap menjaga hubungan baik demi mempertahankan nama baik dan koneksi di dunia kerja. Maka dari itu, berikut adalah unsur-unsur dalam contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan.


1. Tujuan Yang Logis

Terangkan alasan kamu kenapa telah mengambil keputusan dalam mengundurkan diri dari sebuah intansi dengan singkat, padat, dan jelas. Tidak usah jelaskan alasan secara panjang. Perusahaan hanya perlu tahu alasanmu kenapa mengundurkan diri.


2. Pilih Kata Yang Sopan

Rangkailah kata-kata yang baik serta sopan yang dapat di terima oleh perusahaan, bukan seperti akan meninggalkan perusahaan tempat kamu bekerja, kamu dapat berbicara isi pendapat kamu selama bekerja di perusahaan selama ini. sehingga jika kamu meninggalkan perusahaan, nama kamu akan tetap baik di mata perusahaan dan rekan-rekan kerja kamu,


3. Identitas Diri

Di dalam contoh surat pengunduran diri kerja, nama, alamat, dan jabatan wajib dicantumkan dalam surat pengunduran diri kamu tujuannya agar suatu bentuk data perusahaan sebagai informasi yang lebih detail dan lengkap.


4. Ucapkan Rasa Terima Kasih

Unsur berikutnya yang wajib ada di dalam contoh surat resign kerja adalah ucapan rasa terima kasih atas kamu telah di terima dan bergabung di perusahaan kamu saat ini.

Pada bagian paragraf kedua setelah penjelasan alasan mengundurkan diri, jangan lupa kamu sampaikan rasa terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bekerja pada perusahaan yang menaungimu selama ini. Poin ini akan membuatmu tampak lebih profesional dan rendah hati, sehingga perusahaan pun merasa lebih segan.


5. Beri Juga Ucapan Permintaan Maaf

Selain ucapan terima kasih, kamu juga perlu menambahkan kata permintaan maaf jika selama bekerja masih ada beberapa tugas yang belum terselesaikan. dan mempunyai kesalahan selam bekerja dari yang sengaja maupun tidak sengaja serta kamu juga dapat menyapaikan permintaan maaf atas selama kamu bekerja kamu telah melakukan yang kurang aktif atau kesalahan yang lain.


Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut ini adalah contoh yang dapat saya berikan dan menjadi gambaran kalian semua dalam membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar serta dapat di terima baik oleh perusahaan tempat saat ini kamu bekerja atau akan meninggalkan perusahaan, adalah sebagai berikut :

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Asisten Manajer

Lampung, 26 Agustus 2020

Kepada

Yth. Human Resource Development

PT. Jaya Sampurna

Jalan Sutyoso, Lampung

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Asisten Manajer Logistik di PT.Jaya Sampurna, berdasarkan surat keputusan Direksi, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Akmal Batubata

Departemen : Opersional

Jabatan : Asisten Manajer Logistik

ID Karyawan : EDPS 0023

Bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Asisten Manajer Logistik terhitung sejak tanggal 26 Agustus 2020.

Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikan selama ini. Semua hal ini akan membantu saya untuk menjadi seorang yang lebih profesional lagi. Saya juga ucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran direksi PT.Jaya Sampurna beserta dengan rekan-rekan di departemen Operasional jika selama ini saya terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Demi kelancaran tugas jabatan asisten manajer logistik, saya bersedia untuk membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga kedepannya PT.Jaya Sampurna dapat terus berkembang lebih baik lagi.

Hormat Saya

Ridwan Aykal


2. Contoh Surat Pengunduran Diri Manajer Proyek

Jakarta, 21 Juni 2020

Kepada

Yth. Human Resource

PT Kencan Bersama

Jl. saturnus no.009

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Manajer Proyek di PT Kencan Bersama, berdasarkan keputusan direksi, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Sausi Bahari

Departemen : Pengembangan dan Riset

Jabatan : Manajer Proyek

ID Karyawan : EMP-199

Berniat untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Manajer Proyek terhitung sejak tanggal 21 Juni 2020.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan selama ini. Semua hal ini akan membantu saya untuk menjadi seorang yang lebih profesional lagi. Saya juga menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran direksi PT Kencan Bersama beserta dengan rekan-rekan di departemen Pemgembangan dan Riset jika selama ini terdapat banya kesalahan baik yang tidak disengaja maupun yang disengaja.

Demi kelancaran tugas jabatan proyek manajer, saya bersedia untuk membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga kedepannya PT Kencan Bersama dapat terus berkembang lebih baik lagi.

Hormat saya,

Afran sai


3. Contoh Surat Pengunduran Diri Operator Mekanik

Jakarta Selatan, 11 April 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Sentosa Jaya Indah
Jl. Ir. Soekarna No 23-88
Jakarta Selatan

Dengan hormat

Melalui surat ini, saya Ahmad Musa bermaksud mengajukan pengundurkan diri dari PT. Sentosa Jaya Indah Terus sebagai Operator Mekanik terhitung mulai tanggal 11 April 2016.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang dapatkan ketika saya bekerja untuk PT. Sentosa Jaya Indah. Saya juga menghaturkan maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. MPT. Sentosa Jaya Indah jika selama saya bekerja ada kekeliruan dan kesalahan yang saya lakukan.

Saya berharapkan PT. Maju Selaras Bersama semakin terus berkembang pesat dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

( tanda tangan )

Liliana Sundari


4. Contoh Surat Pengunduran Diri Sales Marketing

Palembang, 10 Maret 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Tetap Jaya
Jalan Jembatan Merah Nomor 111
Palembang

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Abdul Wahid bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Tetap Jaya sebagai Sales Marketing, terhitung sejak hari ini tanggal 10 Maret 2016. Saya Sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Tetap Jaya. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman dibindang yang lain.

Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Tetap Jaya atas setiap kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak sengaja.

Saya berharap PT. Tetap Jaya semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya dan banyak orang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(tanda tangan)

Abdul Wahid


5. Contoh Surat Pengunduran Diri Official Administrator

Depok, 11 Mei 2019

YTH,

Bapak/Ibu Manager PT Karunia Jaya
Depok jl beringin jaya no.1

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Atun

Jabatan : Official Administrator

No. Karyawan : RK431000

Dengan Surat ini, saya mengajukan dan memohon untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Official Administrator di PT Karunia Jaya. Pengunduran diri yang saya ajukan ini didasari karena alasan kesehatan dan keluarga.

Besar harapan saya kepada Bapak/Ibu petinggi perusahaan bisa memahami dan mengizinkan saya untuk mengundurkan diri. Ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada rekan-rekan, teman dan pejabat lain selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya juga memohon maaf apabila ada salah kata ataupun tingkah saya didalam menjabat kepada bawahan, teman atau atasan. Demikaian surat pengunduran diri ini saya buat.

Terima kasih atas segala perhatiannya.

Pemohon,

Ttd.


6. Contoh Surat Pengunduran Diri Manager Training (MT) Officer

Bandung, 31 Juli 2016

Asep Sunandar

YTH. Personalia

BANK BNI Syariah

KCP Bandung

Salam Hormat,

Dengan surat ini, saya Kahla Rifda memohon untuk mengundurkan diri dari Bank BNI Syariah sebagi Manager Training (MT) Officer. Terhitung dari tanggal 31 Juli 2016 karena adanya alasan masalah pada kesehatan keluarga yang akhirnya membuat saya tidak dapat fokus dalam bekerja.

Saya sangat berterimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan pada saya untuk menjadi bagian karyawan dari Bank BNI Syariah KCP Bandung.

Saya memohon maaf pada semua karyawan serta manajemen Bank BNI Syariah KCP Bandung apabila terdapat salah yang sudah saya lakukan saat bekerja.

Harapan besar saya, Bank BNI Syariah KCP Bandung bisa terus maju dan berkembang dengan baik.

Hormat Saya,

Kulailatul Tisa


7. Contoh Surat Pengunduran Diri IT Support

September, 4, 2015

To: Mr. Yanual Aldis

HRD Departement

PT Pertamina Tbk

Dear Mr. Yanual Aldis:

I would like to inform you that I am resigning from my position as IT Support for PT Pertamina tbk, effective Aprl 15, 2015.

Thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last two years. I have truly enjoyed my tenure with PT Pertamina tbk, and am more than grateful for the encouragement you have given me in pursuing my professional and personal growth objectives.

If I can be of any assistance during this transition in order to facilitate the seamless passing of my responsibilities to my successor, please let me know. I would be glad to help however I can.

Sincerely,

Yanual Aldis


8. Contoh Surat Pengunduran Diri Kepala Marketing

Jakarta, 11 Januari 2011

Kepada Yth,

Manager PT Media Cendana Cakrawala Tbk.

Jl. Kampung Gadung No. 12

Jakarta Utara

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya sebagai Kepala Marketing di PT Media Cendana Cakrawala Tbk., Sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai ketenagakerjaan dan undang-undang Tenaga Kerja, oleh sebab itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Catur

Departemen : PT Media Cendana Cakrawala Tbk.

Jabatan : Kepala Marketing

No. Karyawan : EMP-1111

Berniat untuk mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Media Cendana Cakrawala Tbk. karena faktor kondisi kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk dapat bekerja dengan baik. Untuk itu saya berharap jika perusahaan dapat memahami kondisi dan memberikan hak-hak yang sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, terima kasih atas segala bentuk dukungan dan bantuan saat saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Catur


9. Contoh Surat Pengunduran Diri Customer Service

Betung, 1 April 2019

Kepada

Yth. Pimpinan

Maju Sekali, Betung

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Nining Ayuna

Alamat: Jln. Pembangunan No. 1 Kec. Helvetia Kota Betung

Jabatan: Customer Service

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal 1 April 2019.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih sebesar-besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja dengan profesional pada perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

Catur Nugroho


10. Contoh Surat Pengunduran Diri General Accounting

Kalimantan, 07 Agustus 2019

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Malam Dingin
Jln. Merdeka Bangsa Palembang

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                  : Jelita Ayu Dewi
Tempat/Tgl Lahir: Medan, 23 Januari 1991
Alamat                : Medan
Jabatan               : General Accoaunting Hotel Malam Dingin

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 07 Agustus 2019 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Malam Dingin akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Malam Dingin, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Jelita Ayu Dewi


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan,Terimakasih


Baca Juga Artikel Lainnya :