Contoh Surat Lamaran Kerja

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.ID – Ketika Kamu sudah lulus dalam sekolah atau perguruan tinggi pasti langkah selanjutnya kamu akan mencari sebuah pekerjaan untuk membuktikan hasil selama kamu menempuh pendidikan, dan kamu akan mencari karir di dalam sebuah pekerjaan maka tentu saja yang perlu buat ketika melamar kerja adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan poin yang sangat penting yang akan menentukan apakah Anda diterima kerja pada tempat yang Anda lamar atau tidak. Anda tentu harus mempromosikan diri Anda secara benar dan detail tanpa perlu mengada-ada yang tentu saja menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang akan menerima kamu kerja.

Anda tentu harus menulis suatu surat lamaran kerja dengan baik dan benar agar kemungkinan diterima di perusahaan yang Anda inginkan semakin besar. Hal ini dikarenakan begitu banyak orang yang ingin mendapat suatu pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai. Sehingga untuk memasuki perusahaan yang Anda inginkan bisa saja menjadi susah karena persaingan yang ketat.

Oleh karena itu kita akan membahas sedikit banyak nya tentang cara membuat suatu lamaran pekerjaan yang baik dan benar, karena surat lamaran pekerjaan adalah salah satu ujung tombak agar kamu dapat di panggil dalam interview tahap selanjutnya, mari kita belajar bersama di dalam artikel ini, selamat membaca.

Contoh Surat Lamaran Kerja Dengan Struktur yang Baik & Benar

 


Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat menegenai suatu permohonan yang dibuat oleh para pencari kerja (pelamar Pekerjaan), untuk dikirimkan kepada  perusahaan yang dimana para pencari kerja melamar di perusahaan yang mereka inginkan  pada suatu badan usaha atau instansi guna mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk para pencari kerja.

 


Fungsi Surat Lamaran Kerja

Fungsi utama dalam surat lamaran kerja adalah untuk mengajukan suatu permohonan kerja pada suatu perusahaan. Dengan surat lamaran kerja yang berarti secara resmi kita mengajukan pekerjaan kepada sebuah perusahaan yang ingin kita lamar di perusahaan tersebut.

1. Sebagai Alat Komunikasi

Jelas dari fungsi utama sebuah surat adalah sebagai alat komunikasi yang baik, surat lamaran kerja ini memuat mengenai sebuah informasi yang menjelaskan tentang semua data yang di perlukan oleh perusahaan, seperti riwayat hidup, pengalaman kerja dan skill yang dibutuhkan. sebagai pertimbangan akan di terima atau tidak.


2. Sebagai Alat Pertimbangan

Seorang akan mempertimbangkan skill dan kemampuan serta pengalaman yang di miliki kepada calon pekerjanya layak atau tidak menduduki posisi yang yang dibutuhkan perusahaan.

 


Struktur Surat Lamaran Kerja

Sama halnya dengan surat resmi yang ada di dalam perusahaan, surat lamaran kerja juga mempunyai kerangka tertentu. Kerangka ini hanya bisa digunakan dan disetujui oleh pihak yang berwenang, seperti manajer atau supervisor. Di bawah ini adalah struktur surat lamaran kerja :


1. Tempat dan tanggal penulisan surat

Posisi kop surat ada di bagian atas dan menunjukkan identitas perusahaan berupa nama perusahaan, logo, alamat, nomor telepon, dan email kamu sebagai awal identitas kamu yang di tulis di bagian pojok kanan atas surat lamaran pekerjaan. dapat diketahui oleh perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.

 


2. Alamat Perusahaan Yang Di Tuju

Jika kamu ingin melamar pekerjaan maka kamu juga harus dapat menegtahui tempat dan alamat perusahaan kamu, saat kamu ingin melamar dan kamu dapat menulisnya, di dalam surat lamaran kerja agar perusahaan dapat melihat bahwa kamu melamar pekerjaan di perusahaan yang benar lokasinya. jika kamu tidak mengetahui nama HRD di dalam perusahaan yang akan kamu lamar, maka kamu dapat menulisnya dengan

Yth. Bapak/Ibu HRD PT Suka Jaya Abadi

Jalan Cucur Timur  No.109, Palembang

Kamu harus tahu,  jika surat ini ditujukan ke subjek tertentu, maka kamu bisa menggunakan “Yth.”. Tapi, jika ditujukan untuk perusahaan tanpa subjek tertentu, maka kamu dapat menggunakan “Kepada”. Jadi, jangan gunakan kedua-duanya, ya. Kemudian, untuk “PT”, tidak perlu diikuti dengan tanda titik (.).

 


3. Salam Dan Pembuka Surat

Salam pembuka surat biasanya ditulis dengan awal sebuah kalimat, “Dengan hormat”. Sementara itu, pembuka surat bisa kamu isi dengan kata pengantar. Secara umumnya, kamu bisa jelaskan dari mana kamu mendapat informasi perusahaan terkait lowongan pekerjaan tersebut dan posisi yang kamu pilih.

Contohnya :

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Jobstreet, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Sebagai Sales Marketing.


4. Isi Surat

Kemudian, di bagian isi surat ini, kamu dapat isi dengan data diri kamu. Serta tuliskan nama lengkapmu, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon/HP, e-mail, serta pendidikan terakhir. Di bagian ini, kamu dapat jelaskan sedikit banyaknya tentang kemampuan yang kamu miliki, baik itu softskill maupun hardskill. kalau kamu punya pengalaman magang, PKL, atau lainnya, bisa kamu tulis juga, Namun, kalau kamu belum punya pengalaman, kamu bisa tulis pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti di sekolah maupun kuliah.

Contoh :

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

nama : Nia Kharisma Putri

tempat dan tanggal lahir : Jakarta, 15 Februari 1997

alamat : Jalan Beringin Raya No. 145, Depok

e-mail : [email protected]

no. HP : 0813-7856-2213

Saya merupakan fresh graduate Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Djuanda Bhakti. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan menjabat sebagai ketua Divisi Media Komunikasi dan Informasi. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kreatif, dan dapat bekerja sama dalam tim.

Perlu kamu dapat perhatikan dalam penulisan data diri karena bentuknya daftar yang menggunakan titik dua (:), semua awal baris ditulis dengan huruf kecil. Penulisan titik dua (:) juga sebaiknya dibuat rata sebaris agar terlihat rapi. Selain itu, kalimat yang kamu gunakan juga harus singkat dan jelas. Jadi, jangan bertele-tele supaya nggak memberikan kesan jenuh ketika dibaca oleh tim HRD.

 


5. Lampiran / Syarat Lamaran Pekerjaan

Di bagian lampiran atau syarat lamaran, berisi tentang  kamu bisa tulis dokumen-dokumen apa aja yang kamu lampirkan sebagai pendukung atau persyaratan pelamar. Biasanya sih, dokumen-dokumen ini berupa daftar riwayat hidup (CV), fotocopy ijazah, pas foto, dan portofolio. Bahkan, kalau kamu pernah mengikuti lomba, seminar, atau pelatihan yang mendapat sertifikat, kamu bisa lampirkan fotocopy sertifikatnya juga. Itu bisa menjadi nilai tambah buat kamu di perusahaan yang kamu tuju.

Contoh penulisannya

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan

1. pas foto Ujuran 3 X 4

2. fotocopy KTP,

3. daftar riwayat hidup,

4. fotocopy ijazah terakhir,

5. fotocopy transkrip nilai,

6. sertifikat keikutsertaan organisasi.


6. Penutupan Surat

Di bagian penutup surat, kamu bisa jelaskan bahwa kamu memiliki besar harapan untuk dapat diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih untuk perusahaan.

Contoh :

Demikian surat lamaran pekerjaan ini yang dapat saya buat dengan sesungguhnya. Saya berharap, Bapak/Ibu dapat mempertimbangkandan menerima saya untuk bergabung di perusahaan yang bpk/ibu pimpin dan memberi kesempatan agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci di tahapan berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.


7. Tanda Tangan Pelamar

Terakhir, untuk tanda tangan dan nama pelamar bisa kamu tulis di pojok kanan surat.

Contohnya.

Hormat Saya,

Djayusman Arsono


Contoh Surat Lamaran Kerja

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh graduate

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Bpk/Ibu Pimpinan
PT Sentosa Abadi Group
Jl. Cincin Putih No. 109
Depok

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari surat kabar xxx pada 5 Mei 2019, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai content creator di PT Maju Mundur. Saya pria, 27 tahun, lulusan S1 Sastra Indonesia, Universitas Ambarawa, tahun 2019 dengan IPK 3,7.

Berikut data pribadi saya :

Nama                           : Gunawan Bhakti
Tempat/Tanggal Lahir : Depok, 8 Oktober 1995
Pendidikan Terakhir    : S1
Alamat                         : JL. Tenggiri. 13 G
Telepon (HP)                : 0857-8765-0990
Status                           : Belum Menikah

Saat ini, saya dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani. saya juga aktif berorganisasi, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup, serta siap bekerja secara mandiri maupun tim.

Berikut dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotokopi ijazah S1 dilegalisir
3. Fotokopi transkrip nilai
4. Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas foto terbaru
6. Fotokopi SKCK

Demikianlah surat permohonan pekerjaan ini. Sekali lagi, besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Gunawan Bhakti


2. Contoh Surat Lamaran Kerja Magang

Yogyakarta, 14 Agustus 2020

Perihal     : Permohonan Magang
Lampiran : 1 (satu)

Yth.
HRD PT Djaya Manjur Family
Jalan Bawal 443, Sleman, Cengkareng

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                     : Paijo
NIM                       : 008877665532
Alamat                   : Jalan Kali Urang 88,  Cengkareng
Perguruan Tinggi  : Universitas Teknologi Cengkareng
Program Studi      : S1 Sistem Komputer

Dengan surat ini saya bermaksud mengajukan izin untuk dapat melaksanakan Kerja Praktik (magang) selama 1 (satu) sampai 3 (tiga) bulan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
2. Fotokopi Kartu Mahasiswa
3. KHS terakhir dengan IPK
4. Pas foto terbaru ukuran 3×4 2 lembar
5. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Demikian permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan permohonan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

botani


3. Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing

Yogyakarta, 18 Desember 2019

Kepada Yth

HRD Manager PT Rocket Manajemen Group

Jl. Gagak Surtumo No. 14 Garut

Perihal : Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari surat kabar xxx tertanggal 18 Desember 2019, PT Rocket Manajemen membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai tenaga marketing di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut data diri:

Nama                          : Idil Syaputra

Tempat/tgl lahir         : Garut, 11 Maret 1994

Jenis kelamin             : Laki-laki

Pendidikkan terakhir : S1 Manajemen

Alamat                       : Jl. Sutami No. 2 Garut

Telepon/HP               : 0812-6781-0990

Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. Saya juga berpengalaman di posisi tersebut, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup fasih serta bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

  • Foto ukuran 3 x 4
  • Fotokopi KTP
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi Ijazah terakhir
  • Fotokopi SKCK
  • Fotokopi surat pengalaman kerja

Besar harapan untuk dipanggil wawancara sehingga dapat menjelaskan secara detial mengenai potensi dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Idil Syaputra


4. Contoh Surat Lamaran Kerja Sales Marketing

 
 

Bandar Lampung, 10 Maret 2021

Perihal : Lamaran PekerjaanKpd Yth,Bpk/Ibu Pimpinan  Human Resources Department
PT Aruna Jaya Sentosa

jl.Pattimura no.10 Kupang,Teluk Betung Utara Bandar Lampung

Dengan hormat,

Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah posisi Sales Marketing yang di butuhkan oleh perusahaan dan saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Agus Sukocho

Tempat / tgl. lahir       : Bandar lampung, 24 January 1990

Pendidikan Terakhir  : Universitas Tritunggal, Bandar Lampung

No Telp                     : 0857-2020-3421

Pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja dan latar belakang pendidikan saya cukup baik saya akan bekerja dengan kemampuan saya untuk perusahaan dan  Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, Antara lain :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto Copy Ijazah S1 Manajemen
  3. Foto Copy Transkrip Nilai
  4. Foto Copy SKCK
  5. Foto  Copy KTP
  6. Foto  Copy SIM C
  7. Foto ukuran 4×6 yang terbaru

Demikian surat permohonan pekerjaan ini dapat saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dan saya akan bekerja dengan sangat baik  sesuai dengan target perusahaan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Agus Sukocho


5. Contoh Surat Lamaran Kerja Apoteker

Karawang, 21 Oktober 2020

Kepada :

Yth. Bpk/Ibu Pimpinan HRD PT Luana Lestari Group

Di tempat

Hal : Lamaran Pekerjaan Sebagai Apoteker

Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                           : Andin Kusuma Ayu Putri, S.Farm

Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 10 April 1999

Usia                              : 22 tahun

Pendidikan Terakhir     : S1 Farmasi Universitas Jaga Tingkir

Alamat Asal                  : Jalan Widya Sari Rt/Rw 01/01 No 14, Semarang, Jawa Tengah

Domisili                        : Semarang

Telepon                        : 0898-4434-0978

Berdasarkan informasi pembukaan lowongan kerja di apotek baru yang ada pada area jalan kota solo, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan kepada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai apoteker. Sebagai bahan pertimbangan dalam lamaran, saya lampirkan daftar riwayat hidup, fotokopi kartu tanda penduduk, surat izin mengemudi tipe C, ijazah S1 Farmasi, serta sertifikasi gelar dan beberapa sertifikat pendukung.

Demikian surat lamaran pekerjaan yang benar ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Besar harapan saya dapat diterima dan cocok dalam posisi yang dibutuhkan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat Saya,

Andin Kusuma Ayu Putri, S.Farm


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang, Contoh Surat Lamaran Kerja Dengan Struktur yang Baik & Benar artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Word