Contoh Surat Referensi Kerja

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.ID – Referensi kerja sangat butuhkan bagi kamu yang ingin mencari suatu pekerjaan atau berpindah perusahaan lain. Meski begitu, mungkin ada yang belum paham tentang apa itu referensi kerja.

Dengan referensi kerja, kamu dapat meyakinkan kepada perekrut bahwa dirimu layak untuk direkrut di dalam perusahaan. Untuk melamar sebuah pekerjaan tidak cukup hanya dengan mengandalkan CV saja beserta portofolio yang kamu miliki.

Jika ingin semakin meyakinkan para perekrut bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk di rekrut, sering kali kamu perlu memberikan referensi kerja kepada perusahaan.

Referensi yang dimaksud adalah referensi dari berbagai pihak yang sudah mengenalmu dengan baik atau pernah bekerja sama denganmu dalam suatu perusahaan.

Lalu seperti apa bentuk referensi kerja dan cara membuat nya?. baiklah disini saya akan memberi tahu kamu cara membuat suatu referensi kerja yang baik dan benar semoga dapat bermanfaat untuk yang membaca artikel ini.

Contoh Surat Referensi Kerja dan Cara Membuatnya yang Benar


Pengertian Referensi Kerja

Surat referensi Kerja atau yang biasa dikenal dengan sebutan surat referensi kerja adalah sebuah surat yang telah dikeluarkan oleh perusahaan untuk menjelaskan tentang perilaku, jabatan, dan kinerja seorang karyawan dalam jangka waktu tertentu.

Surat referensi kerja dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk perusahaan kepada pelamar untuk melamar pekerjaan yang baru. Surat referensi kerja menjelaskan tentang status pelamar tersebut, misalnya masih karyawan kontrak, atau sudah menjadi karyawan tetap di suatu perusahaan.

Selain itu surat referensi kerja juga berisi data diri tentang karyawan, nama di perusahaan atau suatu lembaga, masa jabatan, posisi jabatan di perusahaan, dan alasan pengunduran diri. Surat ini biasanya dikeluarkan oleh perusahaan tempat bekerja sebelumnya dan ditulis oleh seseorang yang berwenang ( Atasan atau bagian personalia)


Fungsi Surat Referensi Kerja

Dilihat dari fungsinya, surat referensi kerja sangat dibutuhkan oleh seseorang yang hendak lamaran kerja yang baru. Selain itu untuk melamar pekerjaan surat ini juga memiliki beberapa fungsi, baik untuk keperluan pribadi seseorang seperti membuka rekening bank, kartu kredit atau atau untuk mengajukan cicilan KPR.

Berikut beberapa fungsi surat referensi kerja, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Untuk Melamar Pekerjaan

Yang pertama tentu untuk melamar sebuah pekerjaan, Ada banyak manfaat jika anda memiliki berbagai surat referensi kerja untuk melamar pekerjaan seperti untuk keperluan syarat administratif, bukti dalam pengalaman bekerja, bukti kinerja kita yang positif anda selama bekerja sampai sebagai bukti bahwa anda telah resign secara baik – baik dari perusahaan sebelumnya. Tentu perusahaan tidak akan menerbitkan surat referensi kerja jika anda bermasalah di dalam perusahaan di saat kamu resign.

Anda akan memiliki nilai positif jika kamu memiliki surat ini untuk melamar sebuah pekerjaan dan tentunya perusahaan akan semakin yakin dan tertarik  untuk merekrut anda dibandingkan kandidat lain yang tidak memiliki surat referensi kerja seperti kamu.


2. Keperluan Perbankan

Jika Anda hendak membuat sebuah rekening baru dan kebetulan tidak berdomisili di di tempat kamu saat ini, maka Anda membutuhkan surat referensi kerja sebagai syarat dalam pembuatan. Anda juga membutuhkan surat referensi kerja untuk membuat kartu kredit yang baru, mengajukan suatu pinjaman bank misalnya untuk KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) dan KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Baca Juga :  22 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT (Perseroan Terbatas)

Surat referensi kerja tersebut digunakan sebagai jaminan dan bukti bahwa pemohon pinjaman memiliki sebuah pekerjaan dan mendapatkan penghasilan tetap sehingga dapat membayar cicilan pinjaman.


3. Mengajukan Beasiswa

Salah satu persyaratan pada pendaftaran beasiswa jalur profesional yaitu dengan memiliki surat referensi kerja yang sudah dilegalisir. Beasiswa ini biasanya diberikan dari pemerintah atau program swasta.


Struktur Surat Referensi Kerja

Surat referensi kerja yang baik dan benar sebaiknya mencakup seluruh informasi tentang kamu yang dibutuhkan untuk keperluan profesional. Oleh karena itu, dalam pembuatan surat referensi kerja harus benar, sebaiknya memiliki tentang:

  • Kop surat yang dapat berisi tentang nama, alamat, dan nomor telepon perusahaan
  • Perihal surat
  • Isi surat yang berisikan:
  1. Biodata (untuk nama, jabatan, nomor KTP dari pembuat surat ( seperti nama perusahaan tempat Anda bekerja) dan yang diterangkan (karyawan).
  2. Lama waktu kamu bekerja dengan jabatan atau posisi terakhir kamu
  3. Penilaian kamu dari atasan.
  •  Penutup
  •  Pengesahan (tempat dan tanggal dibuatnya surat serta tanda tangan dan nama penanda tangan).

Isi surat harus mencakup data yang faktual seperti posisi dan lama waktu bekerja serta data yang bersifat subjektif (penilaian dari atasan).


Cara Membuat Referensi Surat Kerja

1. Fokus pada Ulasan Pekerjaan

Saat kamu akan membuatnya, kamu hanya perlu meminta sebuah salinan deskripsi suatu pekerjaan, jenis posisi dan industri yang ingin diraih oleh mantan karyawan sebelumnya. Lalu kemudian, tinjau pada perihal tersebut dan tulis bahwa mantan karyawan tersebut cocok untuk dapat bertanggung jawab di posisi yang ingin ia peroleh.


2. Mengumpulkan Informasi

Untuk mengumpulkan informasi kamu harus bertanya salinan resume atau CV kepada mantan karyawan, sehingga kamu bisa memberi sebuah pernyataan tentang pengalaman kerja dan informasi penting dari mantan karyawan tersebut.


3. Menuliskan Sebuah Deskripsi Pekerjaan

Selanjutnya kamu perlu menuliskan sebuah deskripsi pekerjaan mantan karyawan tersebut. Deskripsi ini meliputi  yaitu tanggung jawab dan kegiatan apa saja yang sudah mantan karyawan kerjakan dalam waktu karyawan tersebut bekerja. Lalu kamu bisa mendapatkannya dari SOP perusahaan atau bertanya langsung kepada mantan karyawan secara langsung.


4. Memberikan Informasi Keterampilan Secara Jelas

Dalam menulis sebuah surat referensi ini, kamu haru memberikan informasi secara jelas cara mantan karyawan menunjukkan keterampilannya untuk perusahaan.


5. Memberikan Hal yang Positif Karyawan

Berikan sebuah pernyataan bahwa mantan karyawan yang diterangkan adalah sebuah kandidat yang terbaik. Kamu dapat mengatakan hal-hal yang baik seperti “merekomendasikan karyawan ini tanpa syarat”, atau ”karyawan ini sangat profesional dan teladan selama bekerja di perusahaan”.


6. Berikan Informasi Kontak Pembuat Surat

Memberikan suatu informasi kontak agar perusahaan yang dilamar mantan karyawan dapat menghubungi kamu dengan mudah dan cepat. Hal ini akan mempercepat sebuah proses verifikasi data lamaran kamu di perusahaan atas poin–poin yang ada di dalam surat kamu tersebut.


Contoh Surat Referensi Pekerjaan

saya akan memberi sedikit banyak dari contoh yang akan saya bagikan, semoga dengan melihat contoh ini kamu menjadi paham dan mengerti cara pembuatan surat referensi kamu dan baik, agar proses perekrutan karyawan kamu bisa lolos dan menjadi kandidat yang di pilih oleh perusahaan tempat kamu melamar kerja, contoh di antara nya adalah sebagai berikut :


1. Contoh Surat Referensi Melamar Pekerjaan Dari Perusahaan

PT. Anak Kembar Jaya Group

Anak Kembar Jl. Wolter Mangonsari  No. 77 Depok

Website: www.xxx.com, Telp: (021) —­, Faks: (021) —­

              ===================================================

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. : 21/HRD/V/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama   : Anisa Jaballeta

Jabatan : Direktur PT. Saudara Bersama

Alamat : Jl. Wolter Mangonsari  No. 77 Depok

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Clarisa Ayundari

Alamat : Jl. Tole Iskandar No. 07 Depok

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 17 Januari 2015 sampai dengan 19 Desember 2017, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Cabang.

Selama menjadi staf kami, Saudari Mimin Sulastri telah menunjukkan dedikasi  serta  loyalitas  yang sangat baik terhadap perusahaan kami dan tidak pernah melakukan penyelewengan tugas. Dalam hal ini yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas kehendaknya sendiri.

Perusahaan sangat berterima kasih dan berharap agar yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini kami buat agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Depok, 19 Desember 2017

Anisa Jaballeta


2. Contoh Surat Referensi Melamar Pekerjaan Dari Perusahaan Swasta

PT. Trininikultur Abadi

Jl. Andora Beringin No. 145 Palembang

No. Telp. 021­471579

===================================================

SURAT PENGALAMAN KERJA

No. 02/XI/2016

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama      : William Gildan

Jabatan   : Personalia

Menyatakan bahwa :

Nama    : Anugrah Antono

Jabatan : Kepala Cabang

Adalah benar salah satu karyawan kami yang telah bekerja dari tanggal 09 Januari 2014 hingga 18 Maret 2016 dengan jabatan Kepala Cabang. Dalam masa bakti kerjanya telah menunjukan kinerja yang baik tanpa berbuat sesuatu yang merugikan perusahaan.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya semoga dapat dipergunakan dengan semestinya.

Jakarta, 18 Maret 2016

William Gildan

Personalia
PT. Trininikultur Abadi


3. Contoh Surat Surat Referensi Kerja Menggunakan Kop Surat

Kepada yth

Kepala Cabang Bank BNI

Cab : Cibadak

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini  :

Nama      : Anggara Wnarsa
Jabatan   : Site Manager

Dengan ini menerangkan, bahwa      :

Nama              : Budi Laksono

No KTP            : 6402140603680002

Alamat di KTP : Klaten, Rt.001,Rt.007, kel. Bulurejo Kec. Jerimi . Jateng

Dengan ini menerangkan bahwa yang bersangkutan benar bekerja pada perusahaan kami :

Nama perusahaan    : PT. Handoyo Cipta Makmur

Alamat                      : Jl. Taman Anggerk No. 10 Tomang, Bandung

Tel/Fax                     :  021-5602411/021-5603211

Proyek                      : Proyek Pembangunan Monumen Desa Purbalina, Ds. Kramba

Demikian surat keterangan / rekomendasi ini dikeluarkan dan ditanda tangani sebagai syarat untuk pembukaan rekening pada bank BNI.

Diketahui

Anggara Wnarsa
Site Manager


3. Contoh Surat Referensi Kerja Jabatan Manajer

PT. Intirian Mulia
Jl. Zaenudin SM No. 137
lAMPUNG
021-878909

===================================================

SURAT KETERANGAN KERJA
No : 020/SK.PSS/V/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama     : Amsori Munawir
Jabatan  : Direktur
Alamat   : Jl. Letjan Panjaitan No. 12 Lampung
Telp.       : 021 – 445781

Menerangkan bahwa :
Nama                   : Abidin Khairul
Tempat/Tgl Lahir : Lampung/13/05/1991
Alamat                 : Jl. Ir Daryono No. 101 Lampung

Adalah benar-benar karyawan perusahaan kami dengan jabatan sebagai Manager Marketing, terhitung semenjak 16 Semptember 2018 sampai dengan 27 Agustus 20120.

Demikian surat keterangan ini kami perbuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 27 Oktober 2020
Direktur PT. Intirian Mulia,

Amsori Munawir


4. Contoh Surat Referensi Kerja Sebagai Leader

PT. Sinergi Saudara Group
Jl. Pegangsaan No.3F
Palembang
0411-2019191

===================================================

SURAT KETERANGAN KERJA
No : 001/SK.PSS/IV/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama    : Yan Pranajaya
Jabatan : Direktur
Alamat  : Jl. Kranggan No. 123 Bekasi
Telp      : 0821-7895-9077

Menerangkan bahwa :
Nama                   : Ahmad Subarja
Tempat/Tgl Lahir : Bekasi/11/10/1992
Alamat                 : Jl. Alternatif Cibubur No. 123 Bekasi

Adalah benar-benar karyawan perusahaan kami dengan jabatan sebagai Wirehouse Leader, terhitung semenjak 10 Februari 2018 sampai dengan 28 Maret 2020.

Demikian surat keterangan ini kami perbuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Palembang, 07 Mei 2020

Direktur PT. Sinergi Saudara Group

Yan Pranajaya


5. Contoh Surat Referensi Kerja Sebagai Staff Produksi

PT. Berjalan Kembar Putri
Jl. Danau Kemuning Teh Rangon Km. 40 Kalimantan 670977
Telp. 022 665778 Fax. 022 331956 Mobile. 0b9878987
Website: www.BerjalanKembarPutri.com Email: [email protected]

===================================================

SURAT REFERENSI KERJA
No. 0389/HMM/HRD/SFK-2/IX/19

Dengan ini mernerangkan bahwa  :
Nama     : Bandarsyah Junaidi
NIK         : 320840809
Alamat    : Jl. Danau Hitam No. 13 Kalimantan

Telah bekerja pada PT. Berjalan Kembar Putri, pada :
Jabatan                   : Staff Produksi
Departemen           : General Affair
Masa Kerja             : 29 Oktober 2017 – 22 November 2019
Alasan Pemutusan : Selesai Masa Kontrak Kerja

Kami mengucapkan terima kasih atas usaha dan kerjasama yang telah diberikan pada PT. Berjalan Kembar Putri. Harapan kami semoga lebih sukses dan lebih berhasil dimasa yang akan datang.

Demikian surat referensi ini dibuat agar digunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 05 Januari 2020,

PT. Berjalan Kembar Putri,

Robert Allfuson


6. Contoh Surat Referensi Kerja Untuk Bidan

RUMAH SAKIT SWASTA   LAMPUNG

JL. Raden Sales  No. 55 Bandar Lampung

Telp. : (0721) 456675, Fax :(031) 145778

===================================================

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 02/SPK­02/RSUDN/VI/2016

Yang bertanda tangan di bawah ini  :

Nama    : Nur Hayati, MM.

Jabatan : Kepala Rumah Sakit Sawasta Lampung

Alamat : JL. Nur Iskan  No. 77, Bandar Lampung

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa  :

Nama   : Yessinta Yunasri.

Alamat : Kaliawi gg Cempaka 2, Kecamatan Kebon Jeruk, Bandar Lampung

Telah bekerja pada Rumah Sakit  Sawasta Lampung sejak tanggal 12 Pebruari 2015 hingga 21 Maret 2019 dengan jabatan terakhir sebagai Bidan tetap.

Selama menjadi karyawan kami, Saudari Yessinta Yunasri telah mampu bekerja dengan baik dan menunjukkan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan dengan semestinya.

Jombang, 12 April 2016
Kepala RSSL Lampung

Nur Hayati, MM.


7. Contoh Surat Referensi Kerja Bahasa Inggris

name

Certificate of Employment

…/……../………/……

===================================================

This certifies that Mr/Mrs …………… has been working for PT. ………..since ………….. (mm/dd/yy)…… as an ………. For our ………………….. Division.

During his work, he showed hard working and a good responsibility of his job.

We would not hesistate to recommend his as he has performed for his duties.

On behalf of the management, we want to thank him for high dedication and performed he gave during to the company.

We wish his all the vey best in his career.

Cilacap, (mm/dd/yy)

……………………………..

Head HRD


8. Contoh Surat Referensi Kerja Hotel

HOTEL KEMBAR 44
Jl. Kebun Asem No.141, Talang, Tegineneng, Kota Semarang, Semarang 3332

===================================================

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama    : Alamudin Aryansyah
Jabatan : Direktur Utama
Alamat  : JL. Kota Baru No.144, Talang, Kota Semarang, Semarang

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa,

Nama                          : Khairul Anwar
Tempat tanggal lahir  : Semarang, 12 Desember 1994
Alamat                        : Jalan Mangkabuming No 5 Golak-Galik, Semarang

Terhitung sejak April 2015 sampai dengan Agustus 2019 bekerja di Hotel Kembar 44 di Jl. Kebun Asem. Selama bekerja yang bersangkutan mempunyai histori sangat baik.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 02 Desember 2019

Alamudin Aryansyah


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Contoh Surat Referensi Kerja dan Cara Membuatnya yang Benar semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan. Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :