Surat Pengunduran Diri

Diposting pada

Contoh Surat Pengunduran Diri dan Cara Membuatnya Terbaru  Bekerja merupakan kegiatan setiap orang setelah menempuh pendidikan setelah lulus. Dalam dunia kerja, akan ada saat dimana kita harus mengundurkan diri dari suatu pekerjaan dalam alasan apapun. Hal tersebut dapat dikarenakan alasan yang mendesak ataupun pilihan pekerjaan yang lebih baik.

Ketika mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan, hendaknya juga menghormati atasan yang telah memberi kita kesempatan untuk pekerjaan, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri karyawan merupakan hal yang penting apabila Anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Lalu apa kalian masih bingung cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar, agar atasan kamu yang menerima surat pengunduran diri dari kamu dapat di terima dengan baik dan perusahaan, oleh karena itu kita dapat belajar bersama cara membuat suarat pengunduran diri yang baik dan benar.

Contoh Surat Pengunduran Diri dan Cara Membuatnya Terbaru


Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri merupakan sebuah surat yang menyatakan tentang pekerjaan yang akan ditujukan kepada atasan dengan pernyataan mengenai pengunduran diri dari pekerjaannya saat ini.

Surat pengunduran diri termasuk ke dalam surat yang bersifat formal. Oleh karena itu, surat pengunduran diri haruslah menggunakan bahasa yang formal dan sopan. terdapat beberapa unsur yang harus ada di dalam surat pengunduran diri, seperti :

  • Awalan “Kepada Yth.”
  • Identitas penulis (nama lengkap, jabatan, lama bekerja).
  • Alasan logis mengundurkan diri.
  • Akhiran “Terima Kasih”

Meskipun surat pengunduran diri termasuk ke dalam surat yang bersifat formal, tetapi surat pengunduran diri lebih sopan apabila ditulis dengan menggunakan tangan daripada diketik.


Alasan Karyawan Mengundurkan Diri

Ada beberapa alasan yang akhirnya membuat seseorang ingin keluar dari pekerjaan yang saat ini kita jalani dan berikut ini adalah ulasannya yang perlu di ketahui :

  • Kurangnya kepercayaan dan otonomi
  • Tidak dihargai atau diakui di perusahaan
  • Kurangnya rasa hormat
  • Kurang atau bahkan tidak ada kesempatan untuk tumbuh dan berkembang, tidak ada peluang kemajuan jenjang karir
  • Tidak dapat berkembang
  • Manajer yang buruk
  • Manajemen yang buruk
  • Komunikasi yang buruk
  • Merasa stres atau terlalu banyak bekerja
  • Kurangnya dukungan

Manfaat Surat Pengunduran Diri

Ada beberapa manfaat kita kita ingin mengundurkan diri lalu membuat surat pengunduran diri terlebih dahulu untuk perusahaan yang akan kita tinggalkan selama berkarir, Hak setiap karyawan dan memiliki manfaat yang tidak terduga seperti:

  • Mengedepankan profesionalitas dan keluar secara terhormat.
  • Merupakan antisipasi bagi perusahaan untuk mencari pengganti bagi posisi yang kosong
  • Langkah yang seusai dengan etika dan menjaga nama baik.
  • Agar perusahaan dapat segera mencari pengganti posisi yang akan dikosongkan

Struktur Surat Pengunduran Diri

Pada umumnya surat pengunduran diri sama seperti dengan surat lamaran kerja yang kita buat saat ingin melamar pekerjaan. Namun, terdapat perbedaan mengenai tujuan serta isi dari kedua surat tersebut. Biasanya, surat pengunduran diri tersusun atas beberapa unsur untuk memperhatikan format-format berikut ini tertera hal seperti:

Baca Juga :  Contoh Surat Pengalaman Kerja

Jika ingin membuat surat pengunduran diri,

  • Nama Kota & Tanggal
  • Nama Perusahaan & Alamat Perusahaan
  • Salam Pembuka
  • Alasan mengapa Anda ingin mengundurkan diri
  • Mencantumkan tanggal kapan Anda akan mengundurkan diri
  • Mengucapkan permohonan maaf dan terimakasih
  • Salam penutup dan tanda tangan

Format pada tulisan ini berbeda-beda tidak semua sama ini semua tergantung dari ketentuan perusahaan.


Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Selain dengan menyusun surat pengunduran diri dari sebuah struktur, bahwa penulisan surat pengunduran diri haruslah ditulis menggunakan etika yang baik dan berlaku. Penulis harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

  • Mengawali dengan penghormatan “Kepada Yth.”
  • Isi surat haruslah singkat, jelas dan padat.
  • Tidak menyertakan kesan buruk kepada perusahaan yang akan kita tinggal.
  • Menyertakan alasan mengundurkan diri dengan logis serta masuk akal.
  • Mengucapkan terima kasih atas pekerjaan yang telah diberikan oleh perusahaan.
  • Akan lebih baik jika menyelipkan sebuah kenang-kenangan sebagai ucapan rasa terima kasih.

Jika kalian menggunakan etika diatas, maka perusahaan atau atasan kalian akan melihat kalian sebagai pekerja yang baik yang nantinya akan berdampak ketika kalian melamar pekerjaan yang baru.


Contoh Surat Pengunduran Diri

Dalam pembuatan surat pengunduran diri kita akan berpindah bekerja di tempat perusahaan lain, namun kita juga harus mengundurkan diri secara baik-baik, agar nama kita selalu baik di mata atasan dan perusahan, sehingga kita dapat mengundurkan diri dengan tenang dan bisa melanjutkan karir di perusahaan yng baru.


1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi

Serang, 14 January 2020

Kepada Yth,
Kepala PT Sinerki Makmur
Di Balaraja Indonesia Natara, Serang Banten

Dengan Hormat,

Nama                      : Junaidi Ilham
Departemen            : Marketing
Jabatan                    : Staf Marketing
No Induk Karyawan : 14566782

Dengan surat ini, saya yang merupakan salah seorang karyawan PT Sinerki Makmur, ingin mengajukan pengunduran diri dengan alasan ingin melanjutkan bisnis keluarga.

Adapun surat ini dibuat berdasarkan dengan ketentuan yang tertulis pada surat kesepakatan bersama, yang terkait dengan karyawan maupun perusahaan. Serta dibuat berdasarkan dengan undang-undang kerja, dan prosedur hubungan industrial tanpa ada tendensi negative tersembunyi di dalamnya.

Demikianlah surat permohonan pengunduran ini saya yang dibuat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun

Hormat Saya,

Junaidi Ilham


2. Contoh Surat Pengunduran Diri Exspedisi

PT. Expedisi Kilat

Jalan Malayati, Semarang

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Asisten Manajer Logistik di PT. Expedisi Kilat, berdasarkan surat keputusan Direksi, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Nauval Atmanto

Departemen : Opersional

Jabatan : Asisten Manajer Logistik

ID Karyawan : EMPL009

Bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Asisten Manajer Logistik terhitung sejak tanggal 21 Mei 2020.

Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikan selama ini. Semua hal ini akan membantu saya untuk menjadi seorang yang lebih profesional lagi. Saya juga ucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran direksi PT. Expedisi Kilat beserta dengan rekan-rekan di departemen Operasional jika selama ini saya terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Demi kelancaran tugas jabatan asisten manajer logistik, saya bersedia untuk membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga kedepannya PT. Expedisi Kilat dapat terus berkembang lebih baik lagi.

Hormat saya,

Nauval Atmanto


3. Contoh Surat Pengunduran Diri Manajer

Makasar, 26 April 2021

Kepada Yth,

Direktur PT. Sinar Jaya

Jln. Cileunyi No. 90

Bandung.

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ananda Atmaja

NIK : 264658247

Jabatan : Manajer Keuangan

Alamat : Jln. Merdeka Timur No. 234, Bandung ( Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan )

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan manajer keuangan di perusahaan PT. Sinar Jaya, terhitung pada tanggal 24 Mei 2021.

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu dan seluruh jajaran perusahaan karena telah diberikan kepercayaan dan kesempatan untuk bekerja dengan profesional selama ini. Saya juga ingin berterima kasih atas bimbingan yang telah diberikan, baik secara langsung maupun tidak.

Saya juga memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi dapat menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu. Semoga perusahan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin maju ke depannya.

Surat pengunduran diri ini saya buat atas keinginan sendiri tanpa adanya paksaan.

Hormat saya,

Ananda Atmaja


4. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Lampung, 21 Desember 2020

Kepada Yth,
HRD PT. Catur Group
di Jalan Kuala, Liwa, Lampung Barat

Dengan Hormat,

Melalui surat yang tertulis ini, saya atas nama Anggun bermaksud untuk mengajukan permohonan diri dari PT. Catur Group yang dimana saya memiliki posisi sebagai call center.

Saya melakukan permohonan ini karena ingin pindah domisili tinggal. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan selama 7 tahun ini. Mohon maaf apabila selama bekerja saya melakukan suatu kesalahan yang merugikan semua pihak.

Demikian surat ini saya buat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari siapapun. Semoga PT. Catur Group akan semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

Anggun


5. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Bekasi, 14 April 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Anggaran Munar
Jl. Ir. Soekarna No 23-25
Bekasi, Cibubur

Dengan hormat

Melalui surat ini, saya Solikin bermaksud mengajukan pengundurkan diri dari PT. Anggaran Munar sebagai Operator Mekanik terhitung mulai tanggal 14 April 2019.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang dapatkan ketika saya bekerja untuk PT. Anggaran Munar. Saya juga menghaturkan maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. Anggaran Munar jika selama saya bekerja ada kekeliruan dan kesalahan yang saya lakukan.

Saya berharapkan PT. Anggaran Munar berkembang pesat dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

( tanda tangan )

Solikin


6. Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

To: Makmur Jaya Management
Tech-Q Corporat
East Kuningan, South Bandung

Dear Makmur Jaya Management,

With the deepest regret that I am writing to inform you of my decision to resign from the position of Marketing staff for Tech-Q Corporat, effective February 28th march, 2021.

I was recently offered a new opportunity with a company headquartered close to my home and have decided to take their offer.

It has been a pleasure working with you and the entire Tech-Q Marketing team for the past seven years. In my time here, I have grown professionally and made life-long friends. In particular, I would like to thank you for providing me with a rewarding learning experience during my time at Tech-Q.

You have my full commitment and cooperation for a smooth transition of responsibilities. Please let me know how I can be of further assistance

Sincerely,

Serly


7. Contoh Surat Pengunduran Diri IT

Bogor, 18 April 2020

Yth. Ibu HRD PT. Sehat Cabang Group

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                  : Michael
Tempat, tgl. lahir : Bogor, 10 November 1999
Jabatan                : Front End Developer
Departemen         : IT
Bekerja sejak        : 2020

Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sehat Cabang Group, karena adanya masalah pribadi yang tidak bisa dijelaskan. Namun saya berterimakasih karena Selama saya bekerja di PT. Sehat Cabang Group ini, saya menerima banyak ilmu dan pengalaman kerja. Sehingga saya ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh rekan kerja yang ada. Sekian surat pengunduran diri saya. Tak lupa saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan ayng saya buat.

Hormat saya,

Michael


8. Contoh Surat Pengunduran Diri Operator Produksi

Magetan, 4 Agustus 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Multi Group
Jl. Induk Raya No 12-18
Kendari

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Indah Ningsih bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Multi Group sebagai Operator Produksi, terhitung dari tanggal 2 Agustus 2016. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Karya Jujur Mandiri. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Multi Group apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Multi Group semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Anjani Rahmani


9. Contoh Surat Pengunduran Diri Operator Mekanik

Lampung, 01 Mei 2015

Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Kirana Sukses
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Kirana Sukses berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama            : Nisa Ambar
Departemen  : PT. Kirana Sukses
Jabatan          : Mekanik
No. Karyawan : 000678

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT. Kirana Sukses dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Nisa Ambar


10. Contoh Surat Pengunduran Diri HRD

Malang, 21 Mei 2019

Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Budi Berlian Motor
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Budi Berlian Motor berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama            : Jainin Agus
Departemen  : PT. Budi Berlian Motor
Jabatan          : HRD
No. Karyawan : 000456

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT. Budi Berlian Motor dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Jainin Agus


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi dan Cara Membuatnya Terbaru ( LENGKAP ). artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :