Contoh Surat Pengalaman Kerja

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.ID – Saat melamar sebuah pekerjaan di dalam perusahaan baru, ada berbagai surat dan berkas yang pastinya harus kita persiapkan terlebih dahulu, salah satunya adalah surat pengalaman kerja yang akan kamu buat. Surat ini penting buat kamu miliki karena dapat menjadi pertimbangan rekruiter untuk menerima kamu di perusahaannya yang akan kamu lamar. Untuk itu, jangan segan untuk memintanya ke pihak perusahaan.

Oleh karena itu kita akan membahas sedikit banyak nya tentang cara membuat suatu surat pengalaman kerja yang baik dan benar, karena surat pengalaman kerja pekerjaan adalah salah satu ujung tombak agar kamu dapat di panggil dalam interview tahap selanjutnya, mari kita belajar bersama di dalam artikel ini, selamat membaca.

Contoh Surat Pengalaman Kerja Serta Cara Membuatnya Lengkap


Pengertian Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja adalah surat yang dikeluarkan suatu perusahaan atau organisasi untuk membuktikan bahwa seseorang pernah bekerja di dalam perusahaan selama beberapa waktu tertentu. Surat ini adalah bukti yang kredibel. Surat kerja ini hanya diperuntukkan kepada karyawan dengan catatan riwayat kerja yang baik dan telah bekerja lebih dari setahun lamanya. Adapun informasi yang dijelaskan dalam surat pengalaman ini adalah job desc dan sikap karyawan selama bekerja, lama hubungan kerja di dalam perusahaan, dan penyebab putusnya hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan.


Apa Itu Surat Pengalaman Kerja?

Surat pengalaman kerja merupakan suatu surat tentang pernyataan dan berakhirnya hubungan kerja karyawan dengan perusahaan yang mencantumkan pengalaman karyawan tersebut selama dalam bekerja.

Keterangan yang dicantumkan dalam surat pengalaman kerja meliputi sebagai berikut:

  • Sifat pekerjaan yang dilakukan, misalnya tentang deskripsi pekerjaan atau hal lainnya terkait posisi karyawan yang bersangkutan
  • Lamanya suatu hubungan kerja yang berlangsung antara karyawan dan perusahaan
  • Bagaimana karyawan menjalankan pekerjaannya, termasuk sikap sampai dengan integritas karyawan
  • Keterangan penyebab berakhirnya suatu hubungan kerja

Saat ini peraturan terkait surat lamaran tidak disebutkan secara langsung, tapi seharusnya surat ini sudah masuk dalam perjanjian awal dalam kerja.


Manfaat Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja, atau yang seringkali disebut sebagai surat referensi merupakan salah satu surat keterangan yang bisa jadi sangat bermanfaat, terutama ketika Anda sudah bekerja dan ingin melamar di perusahaan yang baru.

  • Menunjukkan kinerja pegawai – manfaat yang paling penting yang bisa Anda peroleh ketika membuat surat keterangan kerja adalah agar Anda bisa menunjukkan suatu kinerja Anda selama di perusahaan yang lama.
  • Bentuk apresiasi perusahaan – karena surat keterangan kerja ini merupakan hal yang bernilai baik, maka tentu saja seharusnya di dalam surat keterangan kerja ini akan tercantum banyak hal positif mengenai diri Anda.
  • Bukti pengalaman kerja yang sah – ketika Anda melamar di perusahaan yang baru, CV memang bisa dijadikan sebagai salah satu acuan penting bagi pihak HRD untuk menilai pengalaman kerja dan portofolio Anda.
  • Pencairan Jaminan Hari Tua – sebagai salah satu surat resmi yang memiliki bukti otentisitas maka surat pengalaman kerja bisa Anda gunakan untuk melakukan pencairan tunjangan sosial di lembaga ketenagakerjaan.
  • Persyaratan administratif untuk pendaftaran berbagai hal – mirip dengan beberapa manfaat di atas, banyak proses pendaftaran baik itu pekerjaan, beasiswa, hingga pendidikan lanjut yang mempersyaratkan surat pengalaman kerja bagi pelamarnya.
Baca Juga :  Modernisasi Adalah

Alasan Karyawan Membutuhkan Surat Pengalaman Kerja

Persaingan bisnis semakin ketat, apalagi persaingan dalam mendapatkan suatu pekerjaan. dalam perusahaan selalu berusaha untuk mendapatkan karyawan yang terbaik yang cocok dengan kondisi dan posisi perusahaan butuhkan. Surat pengalaman kerja secara tidak langsung adalah rekomendasi dan petunjuk bahwa karyawan telah bekerja dengan baik selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Berikut ini beberapa alasan kenapa surat pengalaman kerja menjadi sangat penting :

  • Membuktikan Pengalaman Telah Bekerja Sebelumnya
  • Sebagai Syarat Administrasi untuk Melamar Pekerjaan
  • Sebagai Bukti bukan Kutu Loncat yang selalu pindah-pindah dalam bekerja
  • Penarikan Dana BPJS

Pentingnya Surat Pengalaman Kerja bagi HRD

Pencarian kandidat yang berkualitas dan cocok pun tak kalah sulitnya dengan mencari kerja bagi job seeker. Ditambah lagi persaingan yang ketat juga untuk mendapatkan kandidat dengan kompetitor yang semakin ketat, HRD wajib melakukan manajemen SDM dengan menyeleksi semua kandidat secara keseluruhan. Bagi HRD, surat pengalaman kerja berguna sekali sebagai bahan pertimbangan untuk menerima lamaran kerja. Memang banyak pencari kerja di luar sana yang memiliki berbagai kualifikasi dan talenta. Akan tetapi, tidak semua kandidat yang dipilih dapat cocok dan sesuai dengan perusahaan yang di butuhkan.

Surat ini tak hanya merujuk tentang hard skill dan job desc, tetapi juga merujuk mengenai sikap karyawan selama bekerja di perusahaan sebelumnya, berbagai informasi yang ada di dalam surat pengalaman kerja akan menunjukkan bagaimana gambaran karakter sikap dan loyalitas karyawan jika karyawan akhirnya bergabung di dalam perusahaan. Hal ini sangat berpengaruh untuk mengendalikan tingkat employee turnover atau jumlah karyawan yang mengajukan peberhentian kerja.


Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja

Perihal cara membuat surat Pengalaman Kerja, ada beberapa komponen yang pasti ada dalam surat pengalaman kerja. Meski pencetakan merupakan wewenang perusahaan, ada baiknya Anda memahami tiap komponen dan format standar surat pengalaman kerja.


1. Identitas Karyawan

Karena bersifat personal, komponen ini yang wajib ada jelas merupakan identitas tentang karyawan. Identitas ini mencakup Nomor Induk Karyawan (NIK), nama, jabatan atau posisi serta departemen. Komponennya terbilang opsional, bisa tergantung pada format standar yang ditetapkan di dalam perusahaan.


2. Jabatan Karyawan

Selain itu penting juga tertulis tentang jabatan terakhir saat kamu masih bekerja di perusahaan sebelumnya Anda kerja di perusahaan beserta penempatan lokasi kerjanya. Hal ini tentu saja sangat penting agar ketika kamu melamar di perusahaan yang baru Anda tidak perlu mulai dari awal lagi.


3.  Masa Kerja

Masa kerja merupakan berapa lama kamu telah bekerja di perusahaan sebelumnya, di dalamnya harus sangat jelas kapan pertama kali saat anda masuk kerja hingga waktu kamu pensiun, masa kerja akan dapat di gunakan oleh HRD dI kantor pada saat anda bekerja di kantor yang baru untuk menilai loyalitas karyawan anda.


4. Tanda Tangan

Sebagai salah satu surat resmi yang mempunyai berbagai manfaat, sudah tentu di dalam surat pengalaman kerja harus tercantum tanda tangan dari para pejabat di kantor Anda. Seperti surat pengalaman kerja yang akan ditandatangani oleh pejabat HRD sesuai dengan jabatan terakhir Anda (memiliki jabatan di atas jabatan terakhir Anda).

Baca Juga :  Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Kami akan memberi beberapa contoh surat pengalaman kerja dan bisa kamu ikuti dan semoga contoh ini ada dapat paham dan mengerti betapa pentingya surat pengalaman kerja saat anda melamar pekerjaan di perusahaan yang baru, berikut contoh surat pengalaman kerja sebagai erikut :

1. Contoh Surat Pengalaman Kerja

PT Jaya Muncul

Jl. Panglima Polim 23, Jakarta

SURAT PENGALAMAN KERJA

Certificate of Employment

No : 105/SPK-CX/V2019

Hal : Surat Pengalaman kerja

Dengan surat ini kami dari PT Jaya Muncul  menyatakan bahwa:

Nama  : Rangga Winata

Alamat : Jl. Mujair Nomor 23, Pulo Air, Jakarta

Jabatan : Call Center

Merupakan karyawan PT Jaya Muncul sejak 20 Januari 2017 sampai dengan 5 Agustus 2019. Saudara Rangga Winata merupakan seorang karyawan yang jujur, ulet, dan telah berkontribusi dengan baik terhadap perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini yang bersangkutan telah mengajukan pengunduran diri atas kehendak pribadinya.

Kami selaku pihak perusahaan berterima kasih atas dedikasi dan loyalitas saudara Rangga Winata selama bekerja di PT Jaya Muncul. Semoga saudara Rangga Winata mendapatkan kesuksesan yang diharapkan di kemudian hari.

Jakarta, 5 Agustus 2019

Direktur PT Jaya Muncul


2. Contoh Surat Pengalaman Kerja

Surat Keterangan Kerja
No. : 201/P-SPK/04/10/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : Carolina Melinda
Jabatan             : Manajer Personalia dan Umum

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama Lengkap : Antoni Wibowo
Alamat              : Jl Gledek No. 41

Telah bekerja di PT Susah Senang Bersama yang bergerak dalam bidang distribusi minyak goreng terhitung sejak tanggal 01 April 2015 sampai dengan 21 Mei 2020, dengan jabatan terakhir sebagai Marketing.

Selama menjadi pegawai kami, Saudara Antoni Wibowo telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan aktivitas yang merugikan perusahaan.

Yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauan sendiri.

Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses di masa yang akan datang.

Demkian surat keterangan pengalaman kerja ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Surabaya, 21 Mei 2020

PT Susah Senang Bersama

Carolina Melinda
Manajer Personalia dan Umum


3. Contoh Surat Pengalaman Kerja

No. : 2010/BK-AY/09/17/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :

Nama          : Hellen Aliana
Nomor KTP : 0811267854
Alamat        : Mekar Sari

Adalah benar pernah bekerja pada PT Maju Motor Sentosa kantor cabang Karanggondang dari tanggal 01 Desember 2005 sampai dengan tanggal 01 July 2011 dengan posisi terakhir sebagai Accounting Staff.

Dengan tugas dan tanggungjawab :

  1. Melakukan verifikasi bukti-bukti transaksi keuangan sebelum diinput ke sistem informasi akuntansi.
  2. Mengerjakan rekonsiliasi bank.
  3. Menyelesaikan data-data pemesanan yang masih dalam proses.
  4. Membuat memorial, pembukuan, asuransi, dan pemakaian.
  5. Membuat laporan piutang.

Semua pekerjaan di atas dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan baik tanpa merugikan perusahaan.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini kami buat dengan sebenarnya untuk digunakan sesuai dengan peruntukkannya.

PT Maju Motor Sentosa
Majapahit, 01 July 2011

Samsul Bakhri
Human Capital Departement


4. Contoh Surat Pengalaman Kerja

No. : 205/LKKJ-J/20/05/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini, Manajer Keuangan PT Berlian Lestari Group selaku koordinator semua aktivitas finance & accounting.

Dan melakukan evaluasi, serta analisis administrasi laporan untuk mendukung kelancaran aktivitas operasional perusahaan, menerangkan bahwa :

N a m a Lengkap         : Farenza Medha
Tempat/Tanggal Lahir : Lampung, 11 Januari 1993
Alamat                         : Jl. Cut-Nyadien No. 10 Lampung
Masa Kerja                   : Maret 2017 – April 2020

Telah bekerja sebagai Kasir dengan tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Mengelola kebutuhan uang tunai untuk pembayaran sehingga dapat dibayarkan tepat waktu, baik tunai maupun giro.
  2. Membuat Laporan Kas untuk disampaikan kepada bagian pembukuan.
  3. Melakukan kliring
  4. Memasukkan data transaksi setiap hari
  5. Memeriksa saldo serta transaksi keuangan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  6. Melakukan R/C bank.

Dan selama bekerja, Saudari Farenza Medha telah menunjukkan performa yang sangat memuaskan.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini dibuat untuk digunakan seperlunya.

PT Berlian Lestari Group
Sidoarjo, 07 Juli 2020

Muhammad Munawir
Manajer Keuangan


5. Contoh Surat Pengalaman Kerja

Nomor : 206/SKP-SM/14/06/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :

N a m a                                            : Ni Komang Lasmini
Tempat/Tanggal Lahir                     : Sawoan, 16 September 1991
Nomor Identitas (KTP/SIM/Paspor) : 5000140945329
Alamat Rumah                                 : Jl. Udang No. 113 Rawon, Guras
Telepon/HP                                     : 0819 4431 5671

Adalah benar-benar pernah bekerja di perusahaan yang kami pimpin sebagai Staf Dokumentasi dengan tugas dan tanggung jawab :

  1. Memeriksa dan mengeluarkan invoice pelanggan yang sudah jatuh tempo untuk diserahkan ke bagian penagihan setiap hari.
  2. Mendokumentasikan invoice dan faktur dari administrasi piutang.
  3. Memeriksa dan menyerahkan Bilyet Giro yang sudah jatuh tempo kepada kasir untuk dikliring.
  4. Menyusun laporan data-data faktur dan pembayaran yang selanjutnya disampaikan kepada manajer keuangan.

Yang bersangkutan resign dari perusahaan dengan kemauan sendiri dan niat baik untuk mencoba tempat kerja baru yang lebih menantang.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini dibuat agar dipergunakan dengan semestinya.

Guras, 23 November 2029

PT Sinergi Jaya Makmur

Alona Cintya Putri
CEO


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Surat Pengalaman Kerja : Pengertian, Manfaat, Contoh & Cara Membuatnya Lengkap. artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca sudah dapat memahami dan bisa cara membuat surat pengalaman lamaran pekerja dan semoga kalian para pencari kerja dapat di terima di perusahaan yang kalian lamar serta kalian mendapat wawasan tambahan,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :