√ Marketing : Pengertian, Fungsi, Konsep, dan Tugas Terlengkap

Diposting pada
√ Marketing : Pengertian, Fungsi, Konsep, dan Tugas Terlengkap
5 (100%) 10 vote[s]

√ Marketing : Pengertian, Fungsi, Konsep, dan Tugas Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id apakah ada yang tahu mengenai Marketing? Dalam pembahasan kali ini akan dibahas sebuah pengertian dari Marketing beserta fungsi dan tugasnya. Mari simak penjelasannya secara lengkap dibawah ini.

 

√ Marketing : Pengertian, Fungsi, Konsep, dan Tugas Terlengkap
√ Marketing : Pengertian, Fungsi, Konsep, dan Tugas Terlengkap

 

Pengertian Marketing

Pemasaran atau Marketing adalah salah satu rangkaian kegiatan untuk memenuhi suatu kebutuhan dan kepuasan konsumen.

Caranya dengan membuat suatu produk, menentukan harganya, tempat penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen. Proses pemasaran adalah untuk membawa produk ke pasar.

Dengan demikian, langkah-langkahnya meliputi suatu riset pasar yang luas, penargetan pasar dan segmentasi pasar, menentukan strategi distribusi, penetapan harga dan promosi, mengembangkan suatu strategi komunikasi, penganggaran, dan visi tujuan pembangunan pasar jangka panjang.

Banyak bagian proses pemasaran misalnya desain produk, arahan, manajemen merek, periklanan, Copywriting,dll yang akan melibatkan penggunaan seni kreatif.

Atau defnisi marketing juga yaitu perpaduan antara kegiatan yang saling berhubungan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga suatu perusahaan dapat mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan suatu promosi supaya kebutuhan para konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan keuntungan

 

 

Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

 

1. Jay Abraham

Marketing dapat dianggap suskes apabila kamu sudah bisa tampak lebih baik bagi pelanggan kamu.

 

2. Philip Kotler

Marketing merupakan salah satu dari kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dikerjakan oleh individu atau sekelompok suapaya mendapatkan apa yang diinginkan dengan membuat sebuah produk lalu menukarnya dengan nominal tertentu kepada pihak lain.

 

3. Tung Desem Waringin

Marketing ialah suatu kegiatan mengkomunikasikan suatu nilai tambah atau perceive value ke yang lebih tinggi.

 

4. Laksita Utama Suhud

Marketing ialah berbagai usaha yang harus dilakukan suapaya membuat suatu bisnis atau usaha akan selalu tampak lebih baik di kalangan pasar dibanding para pesaing bisnis.

 

5. John Westwood

Marketing merupakan sebuah usaha yang terpadu agar terpenuhnya semua kebutuhan konsumen secara menguntungkan.

 

6. Firmanzah

Ilmu Marketing yang dapat dikembangkan dikalangan bisnis & diarahkan untuk mengejar sebuah laba.

 

7. Yuswohady

Marketing merupakan suatu ilmu supaya dapat memenangkan sebuah persaingan.

 

8. Bagozzi

Marketing ialah salah satu kegiatan yang memungkinkan terjadinya pertukaran antara 2 belah pihak bahkan lebih.

 

9. Al Ries & Jack Trout

Marketing merupakan sebuah pertempuran dalam benak konsumen sehingga positioning ialah yang paling terutama, konsumen diasumsikan selaku makhluk yang rasional.

 

10. Hermawan Kertajaya

Marketing merupakan suatu strategic business concept yang merekat dalam mindset.

 

11. Swasta (1996)

Marketing bersandar pada suatu konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands). Manusia harus bisa menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya.

Usaha untuk memenuhi suatu kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bisa juga diartikan sebagai suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual.

 

12. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Marketing adalah sebuah proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan (1). Marketing ialah sesuatu hal yang menyebar luaskan ketengah-tengah masyarakat (2).

 

13. Willian J.Staton

Pemasaran adalah salah satu dari sistem total dari salah satu kegiatan bisnis untuk merencanakan, menentukan harga , mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial.

 

14. Sutisna

Pemasaran adalah suatu usaha yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasaran.

 

15. Muntaha

Pemasaran adalah suatu proses pengolahan, produksi dan penyampaian informasi atau pesan-pesan melalui satu atau lebih saluran kepada khalayak sasaran secara berkesinambungan serta bersifat dua arah dengan tujuan menunjang dan efisiensi pemasaran suatu produk.

 

16. Djaslim Saladin

Pemasaran adalah salah satu  sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan suatu perusahaan.

 

17. Kotler (1997)

Marketing yaitu salah satu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain.

 

18. Wikipedia

Pemasaran adalah salah satu kegiatan, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

 

19. American Marketing Association dalam Kleindl dan Burrow (2005)

Marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing juga dapat diartikan lebih sederhana yakni sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.

Saat ini marketing juga telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.  Kegiatan marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet diperuntuhkan untuk melakukan kegiiatan marketing yang dikenal sebagai e-marketing.

 

20. Harper W. Boyd

Pemasaran yakni salah satu dari proses yang melibatkan salah satu kegiatan – kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain.

 

21. Horrison

“Marketing is a process of planning and executing the conception, pricing, promotion and distribution of ideas, goods, services, organisations and events to can create exchanges that satisftify individual and organisational objectives”

Artinya Marketing atau pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi dari ide, barang, jasa, organisasi dan kegiatan untuk dapat menciptakan pertukaran yang memuaskan untuk tujuan individu dan organisasi.

 

 

Tugas dan Tanggung Jawab Marketing

Banyak sekali tugas marketing dalam suatu organisasi atau perusahaan. Berikut ini adalah tugas marketing dalam suatu organisasi atau perusahaan  diantaranya :

  1. Bertugas untuk menyerap suatu informasi dan menyampaikan kepada perusahaan tentang produk dan perusahan.
  2. Bertugas untuk dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat.
  3. Memperkenalkan suatu produk beserta perusahaan kepada masyarakat luas.
  4. Bertugas menjual suatu produk demi penghasilan pendapatan perusahaan.
  5. Bertugas sebagai menjembatani antara perusahaan dengan lingkungan eksternal.
  6. Meningkatkan suatu kualitas dan penjualan produk dalam perusahaan.

 

 

Jenis – Jenis Marketing

 

1. Telemarketing

Telemarketing adalah suatu metode pemasaran langsung yang seorang penjual memberikan sejumlah calon konsumen dalam membeli produk atau jasa, baik melalui telepon atau juga melalui wajah setelah muka atau Penunjukan Web conferencing yang dapat dijadwalkan selama panggilan berlangsung. Telemarketing merupakan penjualan yang dicatat pitches di program untuk dimainkan melalui telepon dalam hal ini panggilan otomatis.

 

2. Internasional Marketing

Arti dari hal ini merupakan pemasaran Internasional (IM) atau pemasaran global yang merujuk kepada pemasaran dilakukan oleh perusahaan luar negeri atau di seberang perbatasan nasional.

 

3. Turbo Marketing

Kecepatan merupakan suatu kekhasan untuk zaman ini. Zaman ini adalah zaman yang serba cepat, maka dalam situasi ekonomi yang turbulen dan tak pasti sekalipun, butuh strategi, turbo marketing.

 

4. Word of Mouth (WOM)

Dari mulut ke mulut yang juga dikenal sebagai viva voce ini mengacu pada komunikasi lisan dan informasi yang lewat dari orang ke orang.

 

5. New Wave Marketing

New Wave Marketing sesungguhnya merupakan suatu dekonstruksi terhadap pendekatan marketing tradisional yang bersifat “vertikal”.

 

6. Viral Marketing

Viral marketing dan periklanan virus adalah suatu istilah-istilah mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan jaringan sosial yang sudah ada untuk dapat menghasilkan peningkatan brand awareness atau untuk bisa mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk) melalui replikasi diri proses virus, analog dengan penyebaran virus atau virus computer.

 

7. Mass Marketing

Pemasaran massal adalah suatu strategi cakupan pasar di mana perusahaan memutuskan untuk mengabaikan perbedaan segmen pasar dan pergi setelah seluruh pasar dengan satu tawaran.

 

8. Business to Business Marketing

Pemasaran Bisnis ke Bisnis (B2B) adalah suatu perusahaan pemasaran langsung utama yang mengkhususkan diri dalam memimpin generasi, generasi permintaan dan retensi pelanggan.

 

9. Consumer to Consumer Marketing

Dari mulut ke mulut (juga dikenal sebagai viva voce) untuk mengacu pada komunikasi lisan dan informasi yang lewat dari orang ke orang.

 

10. Goverment Marketing

B2G (Bisnis kepada Pemerintah) pemasaran yang memerlukan suatu strategi yang berbeda dari B2C (Business to Consumer) dan B2B (Business to Business) pemasaran.

Minor salah langkah yang mungkin mudah diperbaiki dalam kampanye pemasaran adalah B2C dan B2B yang dapat menyebabkan masalah besar ketika pemasaran kepada pemerintah.

 

 

Fungsi Marketing

 

1. Fungsi Pertukaran

Melalui kegiatan marketing, maka suat barang atau jasa dapat dikenal dan diminati oleh suatu pasar. Dalam hal ini fungsi pertukaran adalah suatu proses pembelian produk yang dilakukan konsumen dengan menukar uangnya dengan produk yang ditawarkan.

 

2. Fungsi Distribusi Fisik

Produk yang dihasilkan oleh seorang produsen tentunya tidak langsung tiba di depan konsumen begitu saja, ini harus melalui proses distribusi. Distribusi fisik ini juga harus melalui berbagai proses, mulai dari pengambilan, klasifikasi, penyimpanan, packing, hingga pengiriman ke lokasi terdekat dengan konsumen.

 

3. Fungsi Perantara

Kegiatan marketing ini juga berfungsi sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Fungsi perantara ini dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui pencarian suatu informasi, pembiayaan, klasifikasi produk, dan lain-lain.

Secara garis besar, tiga poin di atas merupakan suatu fungsi utama dari marketing. Selain itu, beberapa fungsi lain dari kegiatan marketing adalah sebagai berikut ini :

  • Berfungsi sebagai sales, yaitu suatu kegiatan penjualan produk yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
  • Berfungsi sebagai alat promosi, yaitu slah satu kegiatan memperkenalkan suatu produk atau perusahaan kepada khalayak luas dengan tujuan agar produk atau perusahaan tersebut diminati oleh masyarakat.
  • Berfungsi untuk riset dan pengembangan, yaitu suatu proses marketing yang menyerap berbagai informasi bermanfaat mengenai tanggapan masyarakat terhadap produk sehingga suatu perusahaan dapat melakukan peningkatan kualitas produk di masa depan.
  • Berfungsi untuk dapat mewujudkan konsep marketing communication, yaitu sebagai peran marketing dalam menjalin hubungan baik dengan masyarakat atau perusahaan lain.

 

 

Bidang Yang Membutuhkan Jasa Marketing

  1. Perusahaan
  2. Produsen
  3. Distributor
  4. Pengecer
  5. Industri
  6. Pemerintah dan Pemerintah Daerah
  7. Badan Amal,dll.

 

 

Konsep Pemasaran atau Marketing

 

1. Dapat Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan

Sangat penting sekali untuk dapat membedakan mana itu kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia merupakan salah satu hal ketidakadaan beberapa kepuasan yang paling mendasar, seperti manusia sangat membutuhkan sandang, pangan dan papan ada juga kebutuhan lainnya misalnya seperti keamanan, hak milik dsb.

Kebutuhan ini tidak dapat diciptakan oleh masyarakat maupun pemasar, akan tetapi mereka merupakan hakikat biologis dan kondisi atau keadaan manusia itu sendiri. Selain itu manusia juga akan selalu menginginkan berbagai macam hal supaya mereka merasa puas misalnya seperti nginginkan rekreasi atau berwisata, pendidikan dan berbagai macam jasa.

 

2. Produk

Produk merupakan suatu penawaran yang dapat dibegi kedalam 3 kategori, yang diantaranya barang, jasa, dan gagasan. Semua produk yang dihasilkan oleh seorang produsen merupakan sesuatu yang ditawarkan kepada konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhannya.

 

3. Nilai, Biaya dan Kepuasan

Dalam hal ini tergantung dari pemikiran setiap konsumen terhadap suatuproduk yang digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.

Misalnya seorang pelajar untuk dapat memuaskan dan memenuhi kebutuhannya saat berangkat ke sekolah dia memilih menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Jika seorang pelajar tersebut memakai kendaraan umum seperti bus kekurangannya mungkin sedikit lambat tapi lebih aman, sedangkan jika pelajar tersebut menggunakan kendaraan pribadi seperti motor akan lebih cepat tapi kurang aman.

Pada masing-masing produk tersebut jika diamati akan memiliki suatu kepuasan yang berbeda dalam memenuhi kebutuhan tergantung dari pemikiran setiap konsumen.

 

4. Pertukaran dan Transaksi

Jika persyaratan yang telah disetujui oleh kedua belah pihak maka pertukaran akan terjadi. Pertukaran seharusnya dapat dilihat sebagai suatu proses.

Kedua belah pihak akan terlibat dalam suatu pertukaran jika menuju kepada kesepakatan. Jika sudah tercapai kesepakatan, maka suatu transaksi akan terjadi.

 

5. Hubungan dan Jaringan

Pemasaran hubungan yaitu salah satu transaksi untuk memuaskan pihak-pihak kunci misalnya seperti pelanggan, pemasok dan penyalur yang dimana tujuannya untuk dapat mempertahankan bisnis jangka panjang.

Sedangkan hasil dari suatu pemasaran hubungan yaitu untuk dapat mengembangkan berbagai macam aset unik yang dimiliki oleh perusahaan yang biasanya disebut juga dengan jaringan pemasaran.

Jaringan pemasaran ini umumnya terdiri dari berbagai perusahaan lagi dan pihak-pihak yang memiliki berbagai macam kepentingan seperti misalnya konsumen, para pekerja, pemasok, penyalur dsb.

 

6. Pasar

Pasar terdiri dari pembeli atau konsumen yang memiliki suatu kebutuhan tertentu yang mungkin kebutuhannya tersedia dan mampu melaksanakan pertukaran nilai, sehingga dapat terjadi suatu transaksi untuk memuaskan kebutuhannya.

Ukuran pasar tergantung dari jumlah konsumen yang ingin memuaskan kebutuhannya dan memiliki sumber daya untuk dapat ditukarkan dengan apa yang mereka butuhkan.

 

7. Pemasar dan Calon Pembeli

Pemasar yaitu orang yang mencari calon pembeli yang nantinya akan terlibat dalam sebuah pertukaran nilai, sehingga calon pembeli dapat terpenuhi kebutuhannya.

Calon pembeli yaitu orang yang akan diidentifikasi oleh pemasar dan nantinya mungkin dapat terlibat dalam suatu pertukaran nilai sehingga terjadi transaksi.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Marketing : Pengertian, Fungsi, Konsep, dan Tugas Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan yang luas bagi para pembaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Strategi Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Contohnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Tujuan Terlengkap

Baca Juga :  √ Pengertian Pasar, Ciri - Ciri, Fungsi dan Jenisnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen & Strateginya Lengkap