Efektivitas Adalah

Diposting pada

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Efektivitas. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Efektivitas : Pengertian, Rumus, Kriteria dan Aspek Terlengkap


Pengertian Efektivitas

Efektivitas merupakan salah satu keadaan yang dapat menunjukkan suatu tingkat keberhasilan atau pencapaian suatu tujuan yang juga bisa diukur dengan kualitas, kuantitas, dan waktu, sesuai dengan yang sudah direncanakan sebelumnya.


Rumus Efektivitas

Efektivitas = (Output Aktual/Output Target) ≥ 1

  • Apabila suatu hasil perbandingan antara output aktual dengan target output <1, maka efektivitas tidak tercapai.
  • Apabila sebuah hasil perbandingan antara output aktual dengan target output ≥ 1, maka efektivitas tercapai.

Kriteria Efektivitas

  • Efektivitas Keseluruhan yaitu sejauh mana seseorang atau organisasi melaksanakan seluruh tugas pokoknya.
  • Produktivitas yakni sebuah kuantitas produk atau jasa pokok yang dihasilkan seseorang kelompok atau organisasi.
  • Efisiensi ialah salah satu ukuran keberhasilan suatu kegiatan yang dinilai berdasarkan besarnya sumber daya yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  • Laba merupakan beberapa keuntungan atas penanaman modal yang dipakai untuk menjalankan suatu kegiatan.
  • Pertumbuhan adalah berbagai perbandingan antara keadaan organisasi sekarang dengan keadaan masa sebelumnya “tenaga kerja, fasilitas, harga, penjualan, laba, modal, market share dan lainnya”.
  • Stabilitas sebagai pemeliharaan struktur, fungsi dan sumberdaya sepanjang waktu, khususnya dalam masa-masa sulit.
  • Semangat Kerja yaitu segala kecenderungan seseorang berusaha lebih keras mencapai tujuan organisasi, misalnya perasaan terikat, kebersamaan tujuan dan perasaan memiliki.
  • Kepuasan Kerja yakni arus timbal-balik atau kompensasi positif yang dirasakan seseorang atas peranannya dalam organisasi.
  • Penerimaan Tujuan Organisasi ialah yang dapat diterimanya tujuan-tujuan organisasi oleh setiap individu dan unit-unit di dalam suatu organisasi.
  • Keterpaduan merupakan adanya beberapa komunikasi dan kerjasama yang baik antar anggota organisasi dalam mengkoordinasikan usaha kerja mereka.
  • Keluwesan Adaptasi adalah semua kemampuan individu atau organisasi untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan.
  • Penilaian Pihak Luar yaitu beberapa penilaian terhadap individu atau organisasi dari pihak-pihak lain di suatu lingkungan yang berhubungan dengan individu atau organisasi tersebut.
Baca Juga :  Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli

Aspek-Aspek Efektivitas

1. Aspek Peraturan & Ketentuan

Efektivitas pada suatu aktivitas baru bisa dianggap tercapai dengan melihat berfungsi atau tidaknya aturan yang sudah dibuat dalam menjaga kelangsungan proses kegiatan tersebut.

Adapaun aturan tersebut berhubungan dengan aturan baik yang berkaitan terhadap peserta didik maupun berkaitan dengan guru. Jika aturan itu berjalan dengan baik maka aturan tersebut telah berjalan dengan efektif.


2. Aspek Program Atau Rencana

Dalam hal ini arti aspek ini adalah rencana pembelajaran pada peserta didik yang terprogram dengan baik, apabila semua rencana dapat dijalankan dengan baik maka dapat disebut telah mencapai efektivitas.


3. Aspek Fungsi Atau Tugas

Suatu perusahaan baru dapat disebut efektivitas jika menjalankan tugas dan fungsi secara baik, denikian pula dengan model pembelajaran akan tercapai efektivitas bilamana fungsi dan tugasnya berjalan dengan baik dan proses pembelajaran peserta didik berjalan dengan baik serta memberikan hasil yang yang di harapkan.


4. Aspek Kondisi Ideal Atau Tujuan

Pada aspek ini suatu program atau aktivitas dapat disebut mencapai efektivitas apabila jika dilihat dari hasil yang sesuai dengan yang di harapkan, apabila keadaan ideal atau tujuan program atau aktivitas diraih dengan baik.

Penilaian pada aspek ini bisa dilihat dari keberhasilan peserta didik dalam proses belajar mengajar.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Efektivitas : Pengertian, Aspek, Kriteria & Rumusnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :