Endorser Adalah

By Guru Ekonomi #2010, #alasan ikut management endorse, #apa influencer, #apa itu endorse, #apa itu endorsement, #apa manfaat dan resiko celebrity endorser, #arti buzzer politik, #arti cowok endorse, #arti endorse, #arti endorse apa sih, #arti endorse baju, #arti endorse pp, #arti endorsement dalam asuransi, #Aspek - Aspek Endorse, #Aspek - Aspek Endorser, #aspek celebrity endorser, #atribut celebrity endorser, #Bentuk dan Peran Endorser, #Bentuk Endorse, #Bentuk Endorser, #brand image adalah, #buku tentang celebrity endorser, #buzzer adalah, #buzzer jokowi, #buzzer kol, #caption endorse makanan di instagram, #cara menawarkan endorse, #celebrity endorse adalah, #celebrity endorser adalah, #celebrity endorser menurut para ahli, #celebrity endorser menurut shimp, #celebrity endorser menurut shimp 2010, #contoh artis endorse, #contoh endorse, #contoh endorse makanan, #contoh endorsement, #contoh endorser, #contoh kuesioner tentang brand ambassador, #contoh syarat dan ketentuan endorse, #daftar jadi endorse, #dampak negatif endorse, #dampak negatif endorsement, #dampak negatif promosi, #dampak positif dan negatif endorsement, #dimensi daya tarik iklan menurut para ahli, #endorse adalah, #endorse adalah wikipedia, #endorse makanan, #endorse paling berpengaruh, #endorse produk, #endorsee, #endorsement, #endorsement adalah, #endorsement adalah brainly, #endorsement adalah pdf, #endorsement dalam pemasaran, #endorser adalah, #endorser indonesia, #harga endorse selebgram termurah, #hukum endorse, #indikator celebrity endorser, #influencer adalah, #jasa endorsement, #jelaskan tentang endorser dalam iklan, #judul skripsi tentang selebgram, #jurnal tentang endorsement, #kekuatan endorsement, #Kekurangan Endorse, #Kekurangan Menggunakan Endorser, #kelebihan dan kekurangan brand ambassador, #kelebihan dan kekurangan selebgram, #Kelebihan Endorse, #Kelebihan Menggunakan Endorser, #kelebihan promosi, #keuntungan jadi endorse, #keuntungan menjadi brand ambassador, #key opinion leader, #kuesioner celebrity endorser, #lay endorser, #makalah tentang endorse, #maksudnya endorse di ig, #manfaat endorse, #menggunakan artis sebagai endorser, #pengaruh endorse terhadap penjualan, #pengertian celebrity endorser, #Pengertian Endorse, #Pengertian Endorse Menurut Para Ahli, #Pengertian Endorser, #Pengertian Endorser Menurut Para Ahli, #pengertian selebriti, #Peran Endorse, #Peran Endorser, #perbedaan brand ambassador dan endorser, #perbedaan buzzer influencer dan endorsement, #perbedaan endorse dan brand ambassador, #perbedaan influencer dan endorser, #perbedaan kol dan influencer, #pertanyaan tentang endorsement, #perusahaan buzzer, #proses endorsement, #resiko endorsement, #salah satu komponen dari marketing mix 4p, #selebgram menurut para ahli, #skripsi celebrity endorser, #skripsi tentang endorsement, #social buzzer indonesia, #sosiago, #sosiago sign in, #spesifikasi produk menurut royan, #teori endorsement, #tugas dan fungsi endorser, #tuliskan tiga keunggulan melakukan promosi melalui endorsement, #typical person endorser adalah
√ Endorser : Pengertian, Aspek, Peran, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap
√ Endorser : Pengertian, Aspek, Peran, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Endorser. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Endorser : Pengertian, Aspek, Peran, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap


Pengertian Endorser

Endorse ini juga ialah sebuah bentuk dukungan atau rekomendasi yang diberikan seseorang kepada sebuah merek atau produk, dimana dukungan tersebut dilakukan oleh seseorang yang memiliki pengaruh atau public figure, misalnya seorang artis.

Endorser merupakan suatu strategi marketing dengan memanfaatkan icon orang-orang terkenal seperti artis, tokoh dan bintang iklan lainnya yang memiliki pengaruh langsung dan kuat serta menggunakan atribut kesohorannya tersebut untuk menarik konsumen melakukan pembelian.

Penggunaan endorser diharapkan bisa memberikan asosiasi positif antara produk dengan endorser, yaitu berupa konsumen bisa secara cepat dan jelas mengingat dan mengenali sebuah merek (brand awareness).

Setelah mendapatkan identifikasi yang jelas, diharapkan nantinya pembelian terhadap produk akan meningkat.


Pengertian Endorser Menurut Para Ahli

1. Sonwalkar dkk

Endorser ialah sebuah bentuk komunikasi dimana seorang selebriti bertindak sebagai juru bicara dari sebuah produk atau merek tertentu.


2. Shimp

Endorser yaitu pendukung iklan atau yang dikenal juga sebagai bintang iklan untuk mendukung suatu produk.


3. Hardiman

Endorser yakni sebagai orang yang dipilih mewakili image sebuah produk (product image). Biasanya dari kalangan.


4. Suryadi

Endorser adalah salah satu icon atau sering disebut juga sebagai direct source (sumber langsung) untuk mengantarkan sebuah pesan dan atau memperagakan sebuah produk atau jasa dalam kegiatan promosi yang bertujuan untuk mendukung efektifitas penyampaian pesan produk.


5. Belch dan Belch

Endorser merupakan seorang pembicara yang mengantarkan sebuah pesan dan atau memperagakan sebuah produk atau jasa.


Peran Endorser

1. Pernyataan (Testimonials)

Apabila secara personal selebriti menggunakan produk tersebut, maka pihaknya bisa memberikan kesaksian mengenai kualitas juga benefit dari produk atau merek yang diiklankan tersebut.


2. Dukungan (Endorsement)

Ada waktunya selebriti diminta untuk membintangi iklan produk dimana dia secara pribadi tidak ahli dalam bidang tersebut.


3. Aktor (Actor)

Selebriti diminta untuk mempromosikan suatu produk/merek tertentu terkait dengan peran yang sedang ia bintangi dalam suatu program tayangan tertentu.


4. Juru bicara (Spokeperson)

Selebriti yang mempromosikan produk, merek, atau suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu masuk dalam kelompok peran spokeperson.

Penampilan mereka akan diasosiasikan dengan merek/produk yang mereka wakili.


Aspek-Aspek Endorser

1. Kredibilitas (credibility)

Kredibilitas mengacu kepada kecenderungan untuk percaya atau mempercayai pendukung (endorser).

Kredibilitas dari sumber atau penyampai informasi dapat mempengaruhi keyakinan, pendapat, sikap, dan perilaku terhadap proses internalisasi, dimana penerima pesan meyakini informasi yang diadposi dari pemberi pesan yang kredibel.

Terdapat dua komponen kredibilitas yang perlu diperhatikan, yaitu :

  • Keahlian (Expertise) yaitu Keahlian mengacu pada pengetahuan, pengalaman, atau keterampilan yang dimiliki oleh pendukung (endorser).
  • Kepercayaaan (trustworthiness) yakni Kepercayaan mengacu pada kejujuran yang dirasakan, integritas, dan dapat dipercaya oleh orang banyak.

2. Daya Tarik (Attractiveness)

Daya tarik terdiri dari tiga hal, yaitu kesamaan, keakraban dan disukai. Daya tarik tidak hanya fisik, tapi juga meliputi sejumlah karakteristik yang menjadi kelebihan pendukung, seperti keterampilan intelektual, sifat, kepribadian, karakteristik gaya hidup, dsb.

Daya tarik seorang endorser tidak terlepas dari dua hal penting, yaitu tingkat kesukaan di depan penonton iklan (likability) dan tingkat kesamaan personalitas yang ingin dimiliki oleh pengguna produk (similarity).


3. Kekuatan (Power)

Kekuatan merupakan karisma yang dipancarkan oleh narasumber sehingga dapat mempengaruhi pemikiran, sikap, atau tingkah laku konsumen karena pernyataan atau pesan pendukung tersebut.


Kekurangan Menggunakan Endorser

1. Publisitas Negatif

Selebriti yang kehilangan popularitasnya atau terkena masalah dapat berdampak pada turunnya nilai brand yang diiklankan.

Oleh karena itu ketika selebriti yang mendukung brand tersebut terlibat dalam masalah hukum, masalah pribadi, atau masalah lainnya yang dapat menurunkan nilai jual mereka dan akan berdampak terhadap produk yang akan diiklankan.


2. Overshadowing

Ketika suatu produk dipasarkan dan menggunakan selebriti yang sangat dominan imagenya bisa jadi image tersebut mengalahkan identitas dari produk yang diendorse tersebut.

Selebriti yang digunakan sebagai endorser dapat mendistraksi perhatian konsumen terhadap mereka yang biasa dikenal dengan istilah selebriti shadow.

Konsumen memang memperhatikan selebritinya tetapi mengalami problem dalam mengingat produk apa yang mereka iklankan.


3. Over Exposure

Seorang selebriti bisa menjadi endorser pada berbagai macam produk sehingga tidak ada produk yang spesifik yang dapat diasosiasikan dengannya.


4. Over Usage

Digunakannya beberapa selebriti endorser untuk pemasaran suatu produk sehingga masyarakat akan kebingungan siapa sebenarnya endorser dari produk tersebut.


5. Extinction

Kontrak panjang dari seorang selebriti endorser akan menimbulkan kepunahan dalam penyerapan identitas asosiasi produk.

Jika selebriti tidak dapat menstabilkan perilakunya, maka akan berakibat pada pergeseran asosiasi yang dicitrakan selebriti terhadap perusahaan.


6. Financial Risk

Penggunaan selebriti dalam proses bauran promosi merupakan suatu langkah yang memerlukan pembiayaan yang sangat tinggi dan dapat menimbulkan financial risk bagi perusahaan tersebut.


Kelebihan Menggunakan Endorser

  • Memiliki kekuatan menghentikan, artinya selebriti sebagai endorser bisa digunakan untuk menarik perhatian dan membantu menyelesaikan kekacauan yang dibuat iklan-iklan lainnya.
  • Merupakan figur yang disukai audiens diharapkan memiliki kekaguman terhadap selebriti sebagai endorser yang akan berpengaruh juga produk atau perusahaan yang diiklankan. Sebelum memutuskan memilih seorang selebriti sebagai endorser, perusahaan harus memeriksa dan mengukur popularitas dan daya tarik selebriti tersebut sebagai orang terkenal.
  • Memiliki keunikan karakteristik yang bisa membantu mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan pada audiens. Selebriti sebagai endorser yang memiliki kesesuaian karakteristik dengan produk yang akan diiklankan akan lebih membantu dalam menyampaikan pesan dalam sebuah cara yang dramatis.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Endorser : Pengertian, Aspek, Peran, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */