Sales Adalah

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Sales. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Sales


Pengertian Sales

Sales adalah salah satu bagian dari suatu perusahaan yang kegiatannya menjual, memastikan produk yang terlihat ataupun yang tidak terlihat laku dengan harga yang sesuai dengan perencanaan awal yang sudah ditetapkan tetapi juga dengan persetujuan dan kesepakatan konsumen.


Pengertian Sales Menurut Para Ahli

1. Menurut Kusnadi (2000:19)
sales adalah suatu bentuk kegiatan yang tujuannya dapat dibebankan kepada pembeli atas barang atau jasa yang dijual.


2. Menurut Nitisemito (1998:13)
Sales adalah suatu bentuk kegiatan yang tujuannya untuk dapat melancarkan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen secara efisien dengan maksud agar mampu menghasilkan permintaan yang efektif.


3. Menurut Assuari (2004:5)
Sales adalah suatu bentuk kegiatan manusia yang dapat mengarahkan agar mampu memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.


4. Menurut Philip Kotler
Sales adalah proses sosial manaherial yang mana individu dan kelompok akan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.


Jenis – Jenis Sales

  • Sales Direct

Sales direct adalah sales yang tugasnya langsung menjual jasa/produk pada konsumen. Pendapatannya sangat tergantung pada kemampuan jualnya, jadi biasanya jika ada gaji pokok, nilainya kecil.


  • Sales Distribusi

Sales distribusi adalah sales yang tugasnya mendistribusikan produk pada Reseller, Outlet, Toko, Mini Market dan Supermarket. Sales seperti ini sifatnya rutin, jadi biasanya mendapat gaji tetap meski pendapatan variabel serta bonus juga ada berdasarkan target value yang sudah di tentukan tiap bulanya.


  • Sales Promo

Sales promo adalah yang seperti itu. Ia menjual, tapi fungsi sebenarnya adalah dalam hal marketing secara keseluruhan. Ia membawa citra produk. Tidak jarang sales jenis ini membagi – bagi marchandise pada pembeli – pembelinya. Sales ini tidak benar – benar untuk mencari profit, tapi justru lebih ke expense/ membangun imej.


  •  Sales Mixed Direct – Distribusi

Sales jenis ini fungsinya mendistribusi, tapi targetnya langsung ke konsumen. Keahlian yang dibutuhkan relatif sama dengan sales distribusi. Biasanya produk – produk yang dijual bukan produk branded. Contohnya saja barang – barang komoditas seperti perkakas rumah tangga, bahan makanan dan kebutuhan – kebutuhan harian lainnya.


Fungsi Sales

  • Mengarahkan Sasaran
  • Meyakinkan Calon Pelanggan
  • Memenuhi Kebutuhan Pelanggan
  • Menawarkan Produk ke Konsumen

Tugas Sales

  • Melakukan expansi atau pengembangan pasar
  • Menjaga Hubungan Baik Dengan Relasi
  • Mencari dan juga mengumpulkan informasi yang saling berkaitan antar satu sama lain dengan produk pesaing
  • Mencari informasi tentang kualitas produk yang akan dijual
  • Melakukan pemantauan terhadap SPG yang ditunjuk perusahaan
  • Mencari, mengamati, dan mengumpulkan informasi tentang produk yang diproduksi pesaing

Tips Menjadi Sales yang Sukses

  • Menjadi Pendengar yang Baik
  • Tangguh Saat Menangani Penolakan
  • Pintar dalam Membangun Hubungan
  • Jeli Melihat Peluang
  • Memiliki Manajemen Waktu yang Tepat

Demikianlah pembahasan mengenai √ Sales : Pengertian, Jenis, Fungsi, Tugas & Tipsnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :