Sales Promotion

By Dosen Ekonomi #10 jenis jenis promosi, #5 tugas seorang promotor, #alasan jadi promotor samsung, #apa definisi place, #apa itu sales person, #apa saja yang termasuk consumer promotion, #apa saja yang termasuk fungsi pemasaran, #artikel sales promotion, #bagaimana cara melakukan promosi produk, #bagaimana langkah dalam pengembangan produk, #bentuk dan media promosi, #bentuk promosi, #bentuk sales promotion, #bentuk sales promotion banded, #bentuk-bentuk promosi kewirausahaan, #bentuk-bentuk sales promotion, #berilah pengertian tentang publisitas, #business promotion, #buy-back allowance adalah, #ciri ciri sales promotion, #consumer-oriented promotion adalah, #contest and sweepstakes, #contoh iklan sederhana, #contoh kalimat sales promotion, #contoh kasus sales promotion, #contoh promosi hp, #contoh promosi makanan, #contoh promosi penjualan, #contoh promosi produk kosmetik, #contoh promosi public relation, #contoh sales, #contoh sales promotion, #contoh sales promotion brainly, #contoh sales promotion dalam bahasa inggris, #contoh sales promotion makanan, #definisi sales promotion, #event promotion adalah, #event sponsorship adalah, #example of promotion product, #fungsi dari seorang sales person yaitu, #fungsi promosi brainly, #fungsi sales promotion, #industrial salesmanship adalah, #jelaskan perkembangan media promosi, #jelaskan publik relation dalam bisnis ritel, #jelaskan yang dimaksud periklanan, #jelaskan yang dimaksud strategi word of mouth, #jenis jenis promosi menurut para ahli, #jenis sales promotion, #jurnal sales promotion, #karakteristik sales promotion, #kegunaan strategi sales promotion yaitu, #kekuatan utama promosi penjualan, #kelebihan dan kekurangan sales promotion, #kerangka konsep sales promotion, #Keyword, #macam-macam sales promotion, #macam-macam strategi dan media promosi, #makalah sales promotion, #manfaat promosi online, #manfaat sales promotion, #market sales promotion techniques adalah, #materi sales promotion, #missionary salesman adalah, #objek pasar, #pengertian publicity, #pengertian sales menurut para ahli, #pengertian sales promotion, #pengertian sales promotion pdf, #peranan promosi, #perencanaan promosi, #point of purchase adalah, #price of deals, #price off promotion adalah, #promosi penjualan dalam pemasaran, #promosi penjualan menurut para ahli, #promosi toko, #promosi toko adalah, #proposal sales promotion, #publicity, #publicity adalah, #sales force promotion adalah, #sales fronting adalah, #sales promotion adalah, #sales promotion bri, #sales promotion contoh, #sales promotion menurut para ahli, #sales promotion menurut schiffman, #sales promotion ppt, #sales promotion shampoo, #sales promotionpdf, #salesmanship adalah, #sasaran dan manfaat sales promotion, #sasaran promosi, #sasaran sales promotion, #sebutkan 3 tujuan advertising, #sebutkan 5 tugas pokok promosi penjualan, #sebutkan alat promosi penjualan, #sebutkan beberapa manfaat kegiatan promosi, #sebutkan ciri ciri sales promotion, #sebutkan dan jelaskan objek ilmu menjual, #sebutkan jenis jenis personal selling, #sebutkan jenis-jenis wiraniaga, #sebutkan manfaat promosi brainly, #sebutkan minimal lima tujuan promosi produk, #sebutkan tugas-tugas seorang sales promotion, #sebutkan yang termasuk dalam bauran promosi, #sifat sales promotion, #sifat yang harus dimiliki seorang sales, #skripsi sales promotion, #strategi sales promotion, #teknik promosi rebates, #teknik teknik sales promotion, #tie-in sales adalah, #trade promotion and co-marketing adalah, #trade-oriented sales promotion, #tugas sales promotion officer, #tujuan sales promotion, #tuliskan jenis-jenis promosi penjualan, #tuliskan langkah sasaran promosi, #tuliskan sasaran promosi
Sales Promotion

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Sales Promotion. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Sales Promotion


Pengertian Sales Promotion

Sales promotion adalah salah satu yang termasuk dalam tipe marketing yang biasanya dapat digunakan untuk memperkenalkan atau menampilkan produk baru dari perusahaan sehingga dapat menghabiskan produk lama, dan tentu saja menaikkan angka penjualan dari setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.


Pengertian Sales Promotion Menurut Para Ahli

1. Menurut Utami (2008:134)
Sales promotion adalah dorongan jangka pendek untuk pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa.


2. Menurut Kotler (2005:298)
Sales promotion adalah berbagai macam kumpulan alat-alat insentif, yang sebagiannya dapat dilakukan dalam jangka waktu pendek dan dirancang untuk dapat merangsang pembelian produk atau jasa tertentu dengan lebih cepat dan lebih besar oleh konsumen atau pedagang.


3. Menurut Shimp (Shimp, 2007)
Sales promotion mengacu pada segala insentif yang digunakan produsen dalam perdagangan (untuk pedagang besar / wholesalers, pengecer / retailers, atau anggota saluran lainnya), untuk konsumen agar membeli produk / merek mereka, dan untuk mendorong tenaga penjual agar lebih agresif dalam menjual produk / merek mereka.


4. Hermawan (2012)
Sales promotion adalah salah satu bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat dirancang untuk merangsang/ mendorong pembelian suatu produk tertentu dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.


Klasifikasi Sales Promotion

a. Promosi Bisnis
Untuk memperoleh konsumen baru, mempertahankan hubungan dengan konsumen, memperkenalkan produk baru, menjual lebih banyak kepada konsumen lama, serta mendidik konsumen.

b. Promosi Konsumen
Untuk merangsang / mendorong konsumen untuk membeli.

c. Promosi Dagang
Untuk mendorong para pedagang grosir (wholesalers), pengecer (retailers), eksportir, dan importir untuk memperdagangkan barang / jasa produsen / perusahaan.

d. Promosi Tenaga Penjualan
Untuk memotivasi para tenaga penjualan.


Tujuan Sales Promotion

  1. Peningkatan frekuensi dan kuantitas.
  2. Membangun database konsumen dan peningkatan ingatan konsumen.
  3. Peningkatan uji coba dan pengulangan pembelian.
  4. Memperkuat brand image dan memperkuat brand relationship.
  5. Cross-selling dan perluasan dari penggunaan dari suatu merk.
  6. Menghitung penawaran-penawaran dari pesaing.

Sifat – Sifat Sales Promotion

  •  Insentif

Mengandung makna memberikan keistimewaan dan rangsangan yang bernilai bagi konsumen.

  • Mengundang

Mengundang atau mendorong khalayak konsumen untuk segera membeli saat itu juga.

  • Komunikatif

Bermakna promosi penjualan mampu menarik perhatian khalayak dan memberi informasi untuk memperkenalkan produk-produk pada konsumen.


Peran Sales Promotion

  • Short-Termism

Sales promotion juga merupakan salah satu alat promosi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena dapat bekerja dengan cepat, tepat dan dapat memberikan dampak secara langsung.

  • Competition for shelf space

Sales promotion juga dapat membantu para pengusaha pabrik untuk memenangkan shelf space sehingga dapat membantu penjual menarik peningkatan kepadatan lalu lintas pertokoan dan penggunaan sumber penghasilan yang terbatas.

  • Managerial Accountability

Adanya suatu peningkatan tekanan terhadap manajer pemasaran untuk lebih bertanggung jawab akan pengeluaran mereka, kegiatan sales promotion juga dapat mempermudah manajer pemasaran dalam menghitung segala pengeluaran, karena hasil dari aktivitas sales promotion dapat dihitung lebih cepat , tepat dan tentunya lebih mudah digunakan perusahaan.

  • Brand Performance

Kemajuan yang saat ini semakin berkembang adalah kemajuan teknologi yang memungkinkan penjual untuk menyampaikan daya guna merek atau produk yang dipromosikan dengan lebih efektif.

  • Brand Expansion

Keputusan yang harus dibuat oleh konsumen hanya berdasarkan suatu tingkatan karena kualitas dan jenis merek yang semakin meningkat pula. Sales promotion juga dapat membuat para konsumen lebih mudah dalam menentukan suatu bentuk keputusan untuk membeli produk tersebut.


Contoh Sales Promotion

1. Voucher dan Kupon
Voucher dan kupon, keduanya dapat menciptakan kesan eksklusif saat kamu memberikannya pada orang-orang terpilih.

2. Giveaway
Sales promotion bisa dilakukan dengan mengoptimalkan media sosial sebuah brand. Berfungsi tidak hanya menaikkan angka penjualan saja tetapi juga dapat berfungsi agar para pengguna media social merasa beruntung apabila mereka memenangkan giveaway tersebut.

3. Buy one get one free
Buy One Get One Free atau dikenal juga dengan BOGO, memberikan suatu keuntungan konsumen dengan mendapatkan 2 produk dengan membayar seharga 1 buah produk sehingga dapat menarik para konsumen.

4. Sample Gratis
Memberikan sample gratis dapat memicu konsumen untuk membeli produk yang kamu jual. Bahkan, yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh konsumen.

5. Hadiah Gratis
Banyak cara untuk mengoptimalkan taktik sales promotion, salah satunya dengan memberikan hadiah gratis karena bisanya konsumen lebih senang apabila mendengar terdapat hadiah saat membeli produk.

6. Diskon
Faktanya, potongan harga dapat mendorong minat beli konsumen terhadap sebuah produk.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Sales Promotion : Pengertian, Tujuan, Sifat, Peran, Klasifikasi & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :

/* */