Sales Promotion

Sales Promotion

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Sales Promotion. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Sales Promotion


Pengertian Sales Promotion

Sales promotion adalah salah satu yang termasuk dalam tipe marketing yang biasanya dapat digunakan untuk memperkenalkan atau menampilkan produk baru dari perusahaan sehingga dapat menghabiskan produk lama, dan tentu saja menaikkan angka penjualan dari setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.


Pengertian Sales Promotion Menurut Para Ahli

1. Menurut Utami (2008:134)
Sales promotion adalah dorongan jangka pendek untuk pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa.


2. Menurut Kotler (2005:298)
Sales promotion adalah berbagai macam kumpulan alat-alat insentif, yang sebagiannya dapat dilakukan dalam jangka waktu pendek dan dirancang untuk dapat merangsang pembelian produk atau jasa tertentu dengan lebih cepat dan lebih besar oleh konsumen atau pedagang.


3. Menurut Shimp (Shimp, 2007)
Sales promotion mengacu pada segala insentif yang digunakan produsen dalam perdagangan (untuk pedagang besar / wholesalers, pengecer / retailers, atau anggota saluran lainnya), untuk konsumen agar membeli produk / merek mereka, dan untuk mendorong tenaga penjual agar lebih agresif dalam menjual produk / merek mereka.


4. Hermawan (2012)
Sales promotion adalah salah satu bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat dirancang untuk merangsang/ mendorong pembelian suatu produk tertentu dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.

Baca Juga :  √ 8 Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Klasifikasi Sales Promotion

a. Promosi Bisnis
Untuk memperoleh konsumen baru, mempertahankan hubungan dengan konsumen, memperkenalkan produk baru, menjual lebih banyak kepada konsumen lama, serta mendidik konsumen.

b. Promosi Konsumen
Untuk merangsang / mendorong konsumen untuk membeli.

c. Promosi Dagang
Untuk mendorong para pedagang grosir (wholesalers), pengecer (retailers), eksportir, dan importir untuk memperdagangkan barang / jasa produsen / perusahaan.

d. Promosi Tenaga Penjualan
Untuk memotivasi para tenaga penjualan.


Tujuan Sales Promotion

  1. Peningkatan frekuensi dan kuantitas.
  2. Membangun database konsumen dan peningkatan ingatan konsumen.
  3. Peningkatan uji coba dan pengulangan pembelian.
  4. Memperkuat brand image dan memperkuat brand relationship.
  5. Cross-selling dan perluasan dari penggunaan dari suatu merk.
  6. Menghitung penawaran-penawaran dari pesaing.

Sifat – Sifat Sales Promotion

  •  Insentif

Mengandung makna memberikan keistimewaan dan rangsangan yang bernilai bagi konsumen.

  • Mengundang

Mengundang atau mendorong khalayak konsumen untuk segera membeli saat itu juga.

  • Komunikatif

Bermakna promosi penjualan mampu menarik perhatian khalayak dan memberi informasi untuk memperkenalkan produk-produk pada konsumen.


Peran Sales Promotion

  • Short-Termism

Sales promotion juga merupakan salah satu alat promosi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena dapat bekerja dengan cepat, tepat dan dapat memberikan dampak secara langsung.

  • Competition for shelf space

Sales promotion juga dapat membantu para pengusaha pabrik untuk memenangkan shelf space sehingga dapat membantu penjual menarik peningkatan kepadatan lalu lintas pertokoan dan penggunaan sumber penghasilan yang terbatas.

  • Managerial Accountability

Adanya suatu peningkatan tekanan terhadap manajer pemasaran untuk lebih bertanggung jawab akan pengeluaran mereka, kegiatan sales promotion juga dapat mempermudah manajer pemasaran dalam menghitung segala pengeluaran, karena hasil dari aktivitas sales promotion dapat dihitung lebih cepat , tepat dan tentunya lebih mudah digunakan perusahaan.

  • Brand Performance
Baca Juga :  Cash Dividend

Kemajuan yang saat ini semakin berkembang adalah kemajuan teknologi yang memungkinkan penjual untuk menyampaikan daya guna merek atau produk yang dipromosikan dengan lebih efektif.

  • Brand Expansion

Keputusan yang harus dibuat oleh konsumen hanya berdasarkan suatu tingkatan karena kualitas dan jenis merek yang semakin meningkat pula. Sales promotion juga dapat membuat para konsumen lebih mudah dalam menentukan suatu bentuk keputusan untuk membeli produk tersebut.


Contoh Sales Promotion

1. Voucher dan Kupon
Voucher dan kupon, keduanya dapat menciptakan kesan eksklusif saat kamu memberikannya pada orang-orang terpilih.

2. Giveaway
Sales promotion bisa dilakukan dengan mengoptimalkan media sosial sebuah brand. Berfungsi tidak hanya menaikkan angka penjualan saja tetapi juga dapat berfungsi agar para pengguna media social merasa beruntung apabila mereka memenangkan giveaway tersebut.

3. Buy one get one free
Buy One Get One Free atau dikenal juga dengan BOGO, memberikan suatu keuntungan konsumen dengan mendapatkan 2 produk dengan membayar seharga 1 buah produk sehingga dapat menarik para konsumen.

4. Sample Gratis
Memberikan sample gratis dapat memicu konsumen untuk membeli produk yang kamu jual. Bahkan, yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh konsumen.

5. Hadiah Gratis
Banyak cara untuk mengoptimalkan taktik sales promotion, salah satunya dengan memberikan hadiah gratis karena bisanya konsumen lebih senang apabila mendengar terdapat hadiah saat membeli produk.

6. Diskon
Faktanya, potongan harga dapat mendorong minat beli konsumen terhadap sebuah produk.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Sales Promotion : Pengertian, Tujuan, Sifat, Peran, Klasifikasi & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca Juga :  Pemasaran Jasa

Baca Juga Artikel :

Send this to a friend