√ Pengertian Operasional Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada
√ Pengertian Operasional Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (100%) 11 votes

√ Pengertian Operasional Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id mengertikah menngenai Operasional? Jika kamu belum memahami apa itu Operasional, mari simak penjelasannya secara lengkap menurut para ahli.

√ Pengertian Operasional Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Operasional Menurut Para Ahli Terlengkap

Definisi operasional adalah suatu definisi yang berdasarkan pada suatu karakteristik yang dapat diamati atau dapat dilakukan observasi dari apa yang sedang didefinisikan ataupun juga dapat mengubah konsep-konsep.

Definisi atau pengertian operasional dapat dibagi menjadi tiga maca yaitu sebagai berikut :

1. Pengertian Operasional Tipe A

Merupakan operasioanal yang dapat disusun atau ditata berdasarkan pada suatu operasi yang harus dilakukan, sehingga dapat menyebabkan suatu gejala ataupun keadaan yang didefinisikan menjadi nyata ataupun dapat terjadi.

 

2. Pengertian Operasional Tipe B

Merupakan operasional yang dapat disusun berdasarkan paga bagaimana suatu obyek tertentu yang didefinisikan dapat dioperasionalisasikan ini adalah berupa apa yang dilakukannya ataupun apa yang menyusun karakteristik-karakteristik dinamisnya.

 

3. Pengertian Operasional Tipe C

Adalah operasional yang dapat disusun berdasarkan pada suatu penampakan seperti obyek ataupun gejala yang didefinisikan, adalah apa saja yang dapat menyusun suatu karakteristik-karakteristik setatisnya.

 

Pengertian Variabel

Variabel adalah sebuah konsep yang memiliki suatu variabilitas. Konsep adalah suatu abstraksi atau penggambaran dari suatu peristiwa atau fenomena tertentu. Variabel disebut juga dengan obyek atau masalah penelitian.
Berikut ini adalah jenis-jenis variabel antara lain :

  • Variabel Bebas atau Variabel Pengaruh yaitu suatu variabel kuasa, treatment, serta tidak bebas.
  • Variabel Perantara atau Variabel Penghubung adalah suatu variabel yang menjembatani pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat
  • Variabel Pendahulu adalah suatu variabel bebas yang bisa berpengaruh pada variabel tergantung namun sekaligus berpengaruh pada variabel bebas terhadap variabel tergantung tersebut.
  • Variabel Prokondisi adalah suatu variabel yang keberadannya merupakan sebagai prasyarat bagi bekerjanya suatu variabel bebas terhadap variabel tergantung.

 

Ditinjau dari segi korelasi antar variabel dalam suatu penelitian, terdapat juga beberapa bentuk korelasi yaitu :

  • Korelasi Simetris ialah apa yang terjadi apabila antar dua variabel ada hubungan, namun tidak ada mekanisme yang saling mempengaruhi, masing-masing bersifat mandiri.
  • Korelasi Asimetris adalah suatu korelasi antar dua variabel dengan satu variabel (bebas bersifat yangmempengaruhi varibel yang lain (terikat)
  • Korelasi Timbal Balik adalah suatu korelasi antar dua variabel yang atara keduanya saling mempengaruhi.

 

Definisi Operasional

Dalam penelitian juga perlu memberi definisi, sehingga peneliti dan pembaca tidak mengaitkan pikiranya dengan hal lain. Tipe-tipe definisi yaitu :

  • Definisi Konsepsi ( Definisi Konstitutif ) ialah suatu definisi yang diperoleh dari kamus. Ialah definisi akademik serta mengandung sebuah pengertian yang universal (menyeluruh) untuk suatu kata maupun kelompok kata. Definisi ini biasanya juga bersifat abstrak serta formal.
  • Definisi Operasional ( Definisi Fungsional).

 

 

Pengertian Operasional Menurut Ahli Terlengkap

  • Nani Darmayanti

Operasional adalah suatu rumusan tentang ruang lingkup serta ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan dan penelitian suatu karya ilmiah.

 

  • Rhonda Abrams dan Alice Laplante

Operasional adalah suatu aspek yang penting karena tanpanya, maka tidak ada yang dapat dikerjakan.

 

  • Walizer dan Wienir

Operasional adalah seperangkat petunjuk yang lengkap tentang apa yang harus bisa diamati (observasi) dan bagaimana juga mengukur suatu variabel ataupun suatu konsep definisi operasional tersebut dan dapat membantu kita untuk dapat mengklarifikasi gejal di sekitar ke dalam kategori khusus dari suatu variabel.

 

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Operasional adalah suatu operasi yang didasarkan pada aturan operasi yang sesuai dan tidak menyimpang dari suatu norma atau kaidah.

 

  • Hoover

Operasional yaitu operasi yang memuat identifikasi sesuatu hal yang bersifat (variabel) sehingga dapat digunakan untuk penelitian (observasi).

 

  • Asep Hermawan

Operasional adalah suatu penjelasan bagaimana kita dapat mengukur variabel. Pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan angka-angka maupun atribut-atribut tertentu.

 

  • Widjono Hs

Operasional adalah suatu batasan pengertian yang dijadikan sebagai pedoman untuk melakukan suatu kegiatan ataupun pekerjaan.

 

  • Nursalam

Operasional adalah suatu definisi berdasarkan karakteristik yang diamati dari suatu yang didefinisikan tersebut.

 

  • Husein Umar

Operasional adalah suatu penentuan suatu konstruck sehingga menjadi variabel maupun variabel-variabel yang dapat diukur.

 

  • Budi Pranata

Operasional adalah suatu kuantitas atau jumlah yang tidak cocok.

 

  • Kerlinger

Pengertian operasional menurut Kerlinger membagi menjadi dua definisi yaitu :

– Operasional Yang Dapat Diukur
Pengertian operasional yang dapat diukur ini menyatakan suatu konsep yang dapat diukur dalam penyelidikan.

– Operasional Eksperimental
Yaitu sebuah peneliti yang menguraikan secara lebih rinci variabel-variabel yang diteliti.

 

  • Singarimbun (1997)

Operasioanal merupakan sebagai suatu unsur penelitian yang merupakan suatu petunjuk tentang bagaimana suatu variabel yang dapat diukur dalam rangka memudahkan pelaksanaa penelitian dilapangan, sehingga memerlukan operasionalisasi dari masing-masing konsep yang akan digunakan dalam menggambarkan perilaku atau gejala yang dapat diamati dengan kata-kata yang dapat diuji dan diketahui suatu kebenarannya.

 

Demikianlah penjelasan mengenai √ Pengertian Operasional Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan luas bagi para pembaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Analisis : Pengertian, Jenis, dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Analisis Data : Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Prosedur Terlengkap

Baca Juga :  √ Lengkap Pengambilan Keputusan : Pengertian, Dasar, Fungsi, Faktor dan Proses

Baca Juga :  √ Investasi : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenis Terlengkap