√ 7 Pengertian Aktiva Tetap Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 7 Pengertian Aktiva Tetap Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Aktiva Tetap. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 7 Pengertian Aktiva Tetap Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 7 Pengertian Aktiva Tetap Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Aktiva Tetap Menurut Para Ahli

 

1. PSAK

Aktiva tetap ialah salah satu aktiva yang berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun terlebih dahulu yang digunakan dalam operasi perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun.

 

2. Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI)

Aktiva tetap yaitu sebuah aktiva berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai dengan dibangun terlebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun.

 

3. Baridwan

Aktiva tetap yakni berbagai aset-aset yang berwujud yang sifatnya relatif permanen digunakan dalam kegiatan perusahaan yang normal. Istilah permanen menunjukkan sifat dimana aset yang bersangkutan dapat digunakan dalam waktu yang relatif lama.

 

4. Carl S. Warren dkk

Aset tetap (fixed asset) merupakan suatu aset yang bersifat jangka panjang atau secara relatif memiliki sifat permanen seperti peralatan, mesin, gedung, dan tanah.

 

5. Mulyadi

Aktiva tetap adalah segala kekayaan perusahaan yang memiliki wujud, mempunyai manfaat ekonomi lebih dari satu tahun dan diperoleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan perusahaan dan bukan untuk dijual.

 

6. Smith dan Skousen

Baca Juga :  √ Green Marketing : Pengertian, Komponen, Tujuan dan Manfaat Terlengkap

Aktiva tetap sebagai harta berwujud (tangible assets) dapat diobservasi dengan menggunakan satu alat perasa fisik atau lebih.

 

7. Sofyan Syafri Harahap

Aktiva tetap yaitu semua aktiva yang menjadi hak milik perusahaan yang digunakan secara terus-menerus dalam kegiatan menghasilkan barang dan jasa perusahaan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 7 Pengertian Aktiva Tetap Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :