√ 8 Pengertian Rasio Profitabilitas Menurut Para Ahli

Pengertian Rasio Profitabilitas Menurut Para Ahli

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda. Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Rasio Profitabilitas. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ 8 Pengertian Rasio Profitabilitas Menurut Para Ahli


Pengertian Rasio Profitabilitas Menurut Para Ahli

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Rasio profitabilitas yaitu sebuah kemampuan kemungkinan untuk mendatangkan keuntungan (memperoleh laba).


2. Bank Indonesia

Rasio profitabilitas yakni salah satu kuran mengenai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan selama periode tertentu.


3. Kasmir

Rasio profitabilitas merupakan suatu rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan.


4. Susan Irawati

Rasio profitabilitas ialah berbagai rasio yang digunakan untuk mengukur efisiensi penggunaan aktiva perusahaan atau merupakan kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu (biasanya semesteran, triwulanan dan lain-lain) untuk melihat kemampuan perusahaan dalam beroperasi secara efisien.


5. R. Agus Sartono

Rasio profitabilitas adalah beberapa kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri.


6. Gitman

Rasio profitabilitas sebagai hasil bersih dari sejumlah kebijakan dan keputusan perusahaan. Rasio profitabilitas mengukur seberapa besar kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan.


7. Van Horne dan Wachowicz

Rasio profitabilitas dalam hubungnya dengan penjualan terdiri atas margin laba kotor (gross profit margin) dan margin laba bersih (net profit margin). Profitabilitas dalam hubungannya dengan investasi terdiri atas tingkat pengembalian atas aktiva (return on total assets) dan tingkat pengembalian atas ekuitas (return on equity).


8. Syafri

Rasio profitabilitas yaitu segala rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam mendapatka laba melalui semua kemampuan dan sumber yang ada seperti kegiatan penjualan, kas, modal, jumlah karyawan, jumlah cabang dan sebagainya.

Baca Juga :  Contoh Likuiditas

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 8 Pengertian Rasio Profitabilitas Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

Send this to a friend