√ Arsitektur : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Teori dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Arsitektur : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Teori dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di sarjanaekonomi.co.id. Kali ini akan membahas mengenai Arsitektur.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Arsitektur? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Arsitektur : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Teori dan Contoh Terlengkap
√ Arsitektur : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Teori dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Arsitektur

Kata Arsitektur berasal dari kata “archi” yang artinya kepala dan “techton” yang berarti tukang. Bapak arsitektur dunia yaitu Marcus Pollio Vitrovius, ia terkenal dengan De Architecture.

Arsitektur merupakan salah satu seni yang dilakukan setiap individu untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan.

 


Sejarah Arsitektur

Arsitektur terlahir dari dinamika antara kebutuhan atau kondisi lingkungan yang kondusif, keamanan dan sebagainya dan cara suatu bahan bangunan yang tersedia dan teknologi konstruksi.

Arsitektur prasejarah dan primitif adalah tahapan permulaan dinamika. Selanjutnya manusia mengalami kemajuan dan pengetahui mulai terbentuk melalui tradisi lisan dan praktik, sehingga arsitektur menjadi keterampilan.

Kata Arsitektur berasal dari kara “Archi” yang artinya kepa dan “Techton” yang artinya merancang suatu bangunan yang dihasilkan dair ide dan imajinasi mereka.

Didunia ada bapak arsitektur yakni Marcus Pollio Vitrovius yang terkenal dengan De Architectrure.

 


Fungsi Arsitektur

 

1. Fungsi Artistik

Fungsi ini menganggap arsitektur sebagai salah satu bentuk dari seni. Karenanya, arsitektur fungsional diartikan sebagai sebuah bentukan bernilai artistik (keindahan).

Baca Juga :  √ SIUP : Pengertian, Jenis, Manfaat, Syarat, dan Contohnya Secara Lengkap

 

2. Fungsi Perwadahan

Fungsi perawadahan melihat arsitektur dari segi fisik. Yaitu suatu ruang yang bisa mewadahi aktivitas tertentu, sehingga yang ada di dalamnya bisa merasakan keamanan dan kenyamanan.

 

3. Fungsi Modifikasi

Fungsi modifikasi adalah penegasan arsitektur sebagai sebuah bangunan. Yang berfungsi untuk mengantisipasi, kontrol dan juga adaptasi dengan lingkup fisiknya. Hal ini merujuk pada iklim di tempat tersebut.

 

4. Fungsi Filter Lingkungan

Disini, arsitektur berfungsi sebagai suatu alat filterisasi untuk lingkungan. Baik dari segi fisik , maupun sosial.

 

5. Fungsi Pembentuk Perilaku

Dalam konteks ini, arsitektur memiliki fungsi atau kemampuan untuk melakukan modifikasi, membentuk dan bahkan memanupulasi suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang, yang melakukan interaksi aktif dengan bentuk dari arsitektur.

 

6. Fungsi Investasi Modal

Yang terakhir adalah, bahwa arsitektur juga memiliki tujuan guna mendatangkan keuntungan. Sedangkan investasi yang disebutkan di atas adalah sebuah usaha memanfaatkan sumber daya yang ada.

Baik uang, tenaga dan modal guna menghasilkan nilai tambah tertentu. Contohnya adalah keuntungan profit dan benefit.

 


Teori Arsitektur

 

1. Theory in Architecture

Theory in Architecture mengenai segi formal, segi tektonik, struktur, dan juga prinsip estetika yang melandasi perubahan arsitektur.

Teori yang masuk ke dalam klasifikasi ini biasanya berwujud deskriptif, perspektif, dan superfisial.

 

2. Theory of Architecture

Theory of Architecture ialah bagaimana cara arsitek untuk mengembangkan prinsip dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknik, dan juga gambar dalam proses desain dan pembuatan bangunan.

 

3. Theory about Architecture

Theory about Architecture bertujuan untuk dapat menjelaskan arti dan pengaruh arsitek, memposisikan arsitek dalam konteks sosial budaya, dan juga menjelaskan bagaimana arsitek digunakan dan diterima dikalangan masyarakat.

Baca Juga :  √ Seminar : Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, Fungsi dan Unsur Terlengkap

 


Contoh Arsitektur

 

1. Arsitektur Desain

Desain arsitektur ini sangat erat kaitannya dengan perancangan sebuah bangunan. Karena yang dimaksud disini berarti sebuah gambaran imajinatif yang kemudian direalisasikan.

Contoh arsitektur desain adalah pembangunan rumah minimalis dan lain sebagainya.

 

2. Arsitektur Komputer

Dalam teknik komputer, ada yang namanya arsitektur komputer. Ini merupakan konsep untuk merencanakan dan menyusun perangkat dasar pada sistem komputer.

Adapun contoh dari arsitektur Komputer adalah membuat set intruksi dan aritmetika yang akan dipakai dalam teknik pengalamatan dan sebagainya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Arsitektur : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Teori dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :