Resensi Buku

Diposting pada

Resensi Buku – Hai teman-teman online, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi. Tahukah anda apa itu resensi buku ?? Jika belum tahu apa itu resensi buku, tenang jangan panik, karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai artikel yang berjudul Resensi Buku. Untuk itu simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Contoh Resensi Buku


Pengertian Resensi

Resensi adalah suatu kegiatan untuk membahas, menilai, mengkritik, atau mengungkapkan kembali isi sebuah karya dengan memberikan sinopsis, data, serta kritikan dan masukan terhadap karya tersebut.

Secara etimologis, istilah “resensi” diadaptasi dari bahasa Belanda “resentie” dan bahasa Latin “recensio” yang artinya mengulas kembali. Resensi dalam suatu karya berisi kelebihan dan kekurangan karya tersebut yang disampaikan kepada masyarakat.


Pengertian Resensi Menurut Para Ahli

1. Menurut Panuti Sudjiman

Resensi yakni sebuah pembahasan dan penilaian yang pendek tentang suatu karya tulis yang memiliki konteks untuk memberi arti penilaian, mengungkap secara sekilas, membahas, atau mengkritik buku.


2. Menurut Euis Sulastri

Resensi yakni sebuah kupasan atau pembahasan mengenai buku, film, atau drama yang biasanya disiarkan atau disajikan melalui media massa, seperti koran atau majalah.


3. Menurut W.J.S. Poerwadarminta

Resensi yakni sebuah pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, serta memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca, dimiliki, atau dibeli.


4. Menurut Yus Rusyana

Resensi yakni sebuah tulisan mengenai buku pengetahuan, sastra, kamus, ensiklopedia, dan sebagainya yang mengikhtisarkan, menggambarkan, menjelaskan, dan menilai buku.


5. Menurut Saryono (1997:56)

Resensi yakni sebuah tulisan berupa esai dan bukan merupakan bagian suatu ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku yang berisi sebuah kelebihan, kekurangan, ulasan pertimbangan baik dan buruknya karya tersebut.


Unsur-Unsur Resensi

1. Judul

Judul semestinya harus memiliki kesinambungan dengan isi resensi karena judul akan menarik dan memberikan perhatian yang cukup besar untuk para pembacanya.


2. Identitas Buku

Penyusunan data buku dapat dilakukan dengan sebagai berikut.

  • Judul buku
  • Pengarang
  • Penerbit
  • Tahun terbit beserta cetakannya
  • Dimensi buku
  • Harga buku

3. Isi Resensi Buku

Pada bagian ini biasanya berisi mengenai sinopsis, yaitu berupa ulasan singkat buku dengan kutipan singkat serta kelebihan dan kekurangan buku, rumusan kerangka buku dan bahasa yang digunakan dalam menyampaian karya tersebut.


4. Penutup Resensi Buku

Pada bagian penutup biasanya hanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.


Struktur Resensi

1. Identitas

Berisikan judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Pada bagian ini umumnya tidak dinyatakan secara langsung, seperti yang tampak pada teks ulasan film dan lagu.


2. Analisis

Bagian paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.


3. Sinopsis

Bagian ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.


4. Evaluasi

Bagian paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.

Baca Juga :  Notaris Adalah

5. Orientasi

Bagian ini biasanya terletak di paragraf pertama, yakni penjelasan tentang kelebihan buku seperti penilaian yang baik dari si pembaca & penghargaan yang pernah didapatkan oleh buku yang diresensi.


Tujuan Resensi

  1. Menguji suatu kualitas karya untuk dapat dibandingkan dengan karya sejenis lainnya.
  2. Mengajak para pembaca untuk dapat turut mendiskusikan karya yang diulas atau diresensi secara singkat namun mudah dipahami.
  3. Memberikan sebuah masukan atau rekomendasi kepada pembuat karya berupa kritik atau pun saran guna meningkatkan karya selanjutnya untuk penulis.
  4. Memberikan informasi dan pemahaman secara singkat dan jelas mengenai karya yang diresensi.
  5. Membantu para pembaca atau penikmat karya untuk dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu karya.
  6. Membantu para pembaca atau penikmat karya untuk dapat mengetahui latar belakang dan alasan mengapa sebuah karya dibuat.
  7. Membantu para pembaca atau penikmat karya untuk dapat mengetahui gambaran dan penilaian dari sebuah karya secara lebih singkat namun tetap mudah dipahami.

Manfaat Resensi

1. Mengembangkan Kreativitas

Semakin rajin menulis, maka semakin terasah kemampuan dalam menulis untuk setiap individu. Sehingga mampu meningkatkan kualitasnya dalam menulis.


2. Sebagai Bahan Pertimbangan.

Memberikan sebuah gambaran pada pembaca mengenai sebuah karya sehingga dapat memengaruhi mereka atas karya tersebut.


3. Sarana Promosi

Buku yang diresensi adalah buku baru. Sehingga, resensi menjadi media untuk dapat mempromosikan buku baru tersebut agar lebih dikenal masyarakat.


4. Mendapat Imbalan

Mendapatkan sebuah imbalan serta buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit buku, apabila resensi yang dibuatnya masuk koran atau majalah.


Jenis-Jenis Resensi

1. Resensi Informatif

Resensi informatif adalah suatu resensi yang hanya dapat menyampaikan isi dari resensi secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku tetapi disampaikan juga secara jelas.


2. Resensi Deskriptif

Resensi deskriftif adalah sebuah resensi yang membahas secara detail pada tiap bagian atau babnya.


3. Resensi Kritis

Resensi kritis adalah sebuah resensi yang memiliki suatu bentuk mengenai ulasan secara detail dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu yang dituangkan secara kritis dan objektif.


Langkah-Langkah Meresensi Buku

  • Kenalilah buku mulai dari tema, identitas penerbit, siapa pengarang, dan golongan buku (ekonomi, pendidikan, bahasa, dan lain-lain).
  • Bacalah buku secara komprehensif, cermat, dan teliti.
  • Tandailah bagian-bagian buku yang dianggap khusus atau penting.
  • Buatlah sinopsis atau intisari buku.
  • Tentukanlah susunan organisasi penulisan isi, bahasa, dan aspek teknis resensi.
  • Koreksi dan revisilah hasil resensi.

Contoh Resensi Buku dan Novel

1. Contoh Resensi Buku Jangan Kuliah! Kalau Gak Sukses

Identitas Buku

Judul buku : Jangan Kuliah! Kalau Gak Sukses
Penulis : Setia Furqon Kholid
Penerbit : Rumah Karya
Tahun terbit : 2015
Jumlah halaman : 191 halaman

Sinopsis

Bagian pertama di buku motivasi ini berisi mengenai hukum-hukum kehidupan. Disisipkan didalamnya motivasi dari orang-orang hebat disertai kutipan ayat-ayat Al-Qur’an. Tujuannya yaitu untuk mendorong mahasiswa dalam memulai gerakan perubahan atas dirinya sendiri.

Buku ini juga dapat dijadikan sebagai suplemen bagi mahasiwa yang ingin sukses. Tambahan motivasi bagi mahasiswa yang ingin sukses akan tetapi belum bergerak untuk menjemput kesuksesannya. Isi buku yang disajikan sangat menarik berisi langkah-langkah memulai perubahan membuat buku ini tak bosan dibaca.

Baca Juga :  Cara Membuat Proposal Yang Baik dan Benar

Melihat dari isinya, buku ini sangat cocok untuk mahasiwa dari berbagai bidang dan keahlian. Bisa juga direkomendasikan untuk anak SMA yang hendak kuliah agar pola sukses yang mereka inginkan bisa tergambarkan.

Kelebihan Buku

  • Ukuran buku dan jenis huruf yang digunakan juga sangat pas dan enak dipandang mata.
  • Pemaparan isi buku menarik sekali dan sarat akan kiat-kiat sukses.
  • Penulis sering menyisipkan kata-kata yang sangat tepat untuk mahasiswa.

Kekurangan Buku

  • Design sampul yang terlalu banyak warna serta beragamnya jenis huruf yang digunakan membuat cover kurang menarik.
  • Terdapat kesalahan dalam penulisan kata dan pengunaan tanda baca yang kurang tepat.

2. Contoh Resensi Novel Laskar Pelangi

Identitas Novel

Judul buku resensi : Laskar Pelangi
Genre : Roman
Penerbit : Yogyakarta, Bandung Pustaka
Penulis : Andrea Hirata
Tahun terbit : 2005
Jumlah halaman : 529 hlm
Nomor Edisi Terbit : ISBN 970-3062-79-7.

Sinopsis

Novel yang ditulis oleh Andrea Hirata ini menceritakan 10 orang anak yang tinggal di Belitung Timur, Desa Gantung Kabupaten Gantung. Kisah ini awal mulanya karena Depdikbud yang mengancam akan embubarkan sekolah Muhammadiyah apabila sekolah tersbut tidak memiliki 10 murid.

Kepala sekolah Pak Hafran telah mengumumkan jika jumlah muridnya tidak mencapai 10 orang maka Depdikbud akan membubarkan sekolah tersebut. Namun tak lama setelah Pak Hafran mengumumkan hal tersebut maka datang Harun dan ibunya yang hendak mendaftarkan dirinya di sekolah Muhammadiyah tersebut.

Kisah Laskar Pelangi dari sini dimulai, ketika Bu Muslimah yang akrab disapa Bu Mus yang memberi nama mereka dengan sebutan Laskar Pelangi. Laskar Pelangi ini tak hanya menceritakan mengenai Borek yang ceroboh, Kucai yang sering protes, Mahar yang diam-diam memiliki bakat yang menakjubkan, Ikal yang mengalami peristiwa jatuh cinta, dan Lintang yang pekerja keras dan tidak mudah menyerah.

Nama yang diberikan oleh Bu Mus ini dikarenakan para murid yang jumlahnya hanya 10 orang ini memiliki semangat yang sangat luar biasa. Buktinya hal itu ditunjukkan dengan kecerdasan Lintang yang mampu mengalahkan Drs.Zulfikar yang terkenal memiliki otak yang cerdas dan jabatan yang tinggi di PN.

Kemenangan yang telah diraih oleh Mahar pada acara karnaval 17 Agustus. Kisah Laskar Pelangi ini tidak hanya menceritakan mengenai kisah mereka dalam lingkup sekolah saja tetapi juga menceritakan kisah yang berliku mulai dari kisah kematian ayah Lintang yang dengan tidak sengaja memaksa Lintang yang dijuluki Einstein kecil itu dipaksa untuk putus sekolah. Dan tak lama kisah haru disusul oleh Ikal yang harus melanjutkan sekolahnya di kampung halamannya di luar kampung Belitong.

Kelebihan Novel

  • Mempunyai gaya penulisan yang khas dan menarik sehingga mudah dikenal banyak orang.
  • Novel ini juga menceritakan tentang kisah persahabatan yang sangat kental dan haru, kisah juang para sahabat dalam menggapai mimpinya dengan adanya sentuhan etnis melayu yang kental.

Kekurangan Novel

  • Penulis seolah tidak menjelaskan waktu yang jelas. Karena kisah dari novel ini diangkat dari kisah nyata namun penulis seolah mengaburkan waktu tepat yang terjadi pada saat hal itu terjadi. Seolah-olah ingin melindungi pemerintahan pada saat itu.


3. Contoh Resensi Novel Dear Nathan

Identitas Novel

Judul buku : Dear Nathan
Penerbit : Best Media
Tahun Terbit : Maret 2016
Jumlah Halaman : 528 hlm
Nomor Edisi : ISBN 978-602-6940-14-8

Baca Juga :  Globalisasi Adalah

Sinopsis

Novel Dear Nathan ini bergenre roman, yang mengisahkan suatu kisah di masa putih abu-abu. Di dalam kisah tersebut terkisah 2 insan yang memiliki kepribadian yang sangat berbeda bak langit dan bumi. Sebut saja Salma, gadis lugu yang sangat takut jika berbuat kesalahan itu pindah ke sekolah yang di dalamnya terdapat banyak sekali murid-murid yang berlatar belakang urakan.

Sungguh hal ini membuat Salma merasa tidak nyaman. Terlebih lagi pada hari pertama Salma pindah ke sekolah barunya dan ia sudah mendapatkan masalah karena telat datang ke sekolah barunya. Namun ada seorang laki-laki yang membantu Salma lolos dari hukuman keterlambatan pada saat itu, dia bernama Nathan cowok yang sangat terkenal dengan sifatnya yang sering membuat ulah disekolah.

Namun seiring berjalannya waktu Nathan merasa ada yang berbeda dalam dirinya, ia merasa bahwa Salma dapat memberikan hal yang positif untuknya dan selama berada dekat Salma, Nathan sering merasa ada perasaan yang aneh menyelimutinya.

Setelah banyak waktu yang ia habiskan bersama dengan Salma selama di sekolah Nathan banyak mengalami perubahan, ia yang terkenal dengan sifatnya yang senang membuat olah setelah mengenal Salma ia menjadi pribadi yang lebih baik lagi, namun apakah Salma merasakan hal yang sama dengan apa yang Nathan rasakan? Nathan pun takut untuk menyatakan perasaan yang sesungguhnya kepada Salma karena selama ini Salma selalu bersikap jutek dan cuek terhadap Nathan.

Kelebihan Novel

Novel ini menceritakan sebuah kisah masa SMA yang sangat epik sekali karena adanya kehadiran sosok seorang Nathan yang mempunyai karakter yang unik, penulis juga sengaja membuat sosok Nathan sebagai cowok yang memiliki karakter yang agak sulit untuk ditebak, namun yang menjadi spesial dsri Nathan ini meskipun ia banyak di cap tidak baik oleh orang-orang di sekolahnya, akan tetapi Nathan bukan tipikal cowok yang suka menyakiti perasaan cewe, hal itu terlihat dari sikap yang ia lakukan dan kata-kata yang ia lontarkan pada novel Dear Nathan tersebut. Dan penulis sangat cerdas karena membuat semua tokoh yang berperan dalam cerita Novel Dear Nathan ini memiliki karakter yang kuat.

Kekurangan Novel

Penggunaan kaidah literasi pada novel Dear Nathan ini tidak tersusun dengan baik. Para pembaca seringkali menemukan suatu diksi yang tidak pas dan kata-kata yang digunakan terbilang tidak baku dan efisien. Kekurangan ini sebenarnya dapat dimaklumi karena novel Dear Nathan ini diangkat dari Wattpad. Para pembaca merasa tidak cocok pada penggunaan bahasa yang digunakan oleh peran Nathan saat ia menggunakan kata saya-kamu, rasanya itu tidak sesuai dengan kepribadian Nathan yang berkarakter bad guy.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Resensi Buku : Pengertian, Jenis, Unsur, Struktur, Tujuan, Manfaat, Langkah & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.