√ 6 Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 6 Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai E-Commerce. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 6 Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 6 Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli

 

1. Laudon & Laudon

E-Commerce yaitu satu sistem beli dan jual beberapa produk dengan cara elektronik oleh customer serta dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai penghubung transaksi usaha.

 

2. David Baum

E-Commerce ialah satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

 

3. Kalakota dan Whinston

E-Commerce yakni

  • Perspektif Komunikasi, E-Commerce ialah sebuah proses pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui komputer ataupun peralatan elektronik lainnya.
  • Perspektif Proses Bisnis, E-Commerce merupakan sebuah aplikasi dari suatu teknologi menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
  • Perspektif Layanan, E-Commerce yaitu suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, manajemen, dan konsumen untuk mengurangi biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman
  • Perspektif Online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual produk atau barang serta informasi melalui layanan internet maupun sarana online yang lainnya.

 

4. Vermaat

E-Commerce adalah salah satu transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan elektronik seperti internet. Dengan kata lain, siapapun yang memiliki jaringan internet dapat berpartisipasi dalam kegiatan E-Commerce.

 

5. Jony Wong

E-Commerce (Perdagangan Elektronik) merupakan suatu pembelian, penjualan, dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik.

 

6. Onno. W. Purbo

E-Commerce ialah satu set dinamis teknologi, aplikasi, serta sistem usaha yang menghubungkan perusahaan, customer, serta komunitas tertentu lewat transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, serta informasi yang dilakukan dengan cara elektronik.

 

 

Komponen E-Commerce

 

1. Produk

E-commerce mendukung penjualan berbagai jenis produk yakni :

  • Produk Digital : ebook, membership, software, musik, dan lain sebagainya.
  • Produk Fisik : buku, pakaian, gadget, makanan, dan sebagainya.

 

2. Tempat Menjual Produk

Kegiatan e-commerce dilakukan di internet, maka dibutuhkan domain dan hosting untuk membuat website sebagai media pemasaran.

 

3. Cara Menerima Pesanan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meneriman pesanan. Diantaranya adalah dengan memanfaatkan email, telepon, SMS, Chatting (baca pengertian chatting), dan lain sebagainya.

 

4. Metode Pembayaran

Beberapa metode pembayaran e-commerce pada umumnya menggunakan transfer via ATM, kartu kredit, COD, e-payment.

 

5. Metode Pengiriman

Cara pengiriman barang e-commerce di Indonesia biasanya menggunakan jasa pengiriman barang (JNE, TIKI, Pos Indonesia, dan lain-lain). Namun, ada juga yang menggunakan jasa antar dari Ojek Online.

 

6. Customer Service

Layanan pelanggan merupakan komponen yang sangat penting dalam operasional e-commerce. Aktivitas ini umumnya dilakukan melalui email, formulir online, FAQ, telepon, chatting, dan social media.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 6 Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Kecelakaan Kerja : Pengertian, Jenis, Penyebab dan Pencegahannya Terlengkap

Baca Juga :  √ Analisis : Pengertian, Jenis, dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Hubungan Internasional : Pengertian, Asas, Manfaat dan Tujuan Terlengkap

Baca Juga :  √ Pemasaran Jasa : Pengertian, Karakteristik, Jenis, Faktor pendorong, Bauran, Tujuan & Strategi Lengkap