√ 18 Pengertian Kas Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 18 Pengertian Kas Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Kas. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 18 Pengertian Kas Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 18 Pengertian Kas Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Kas Menurut Para Ahli

 

1. Dwi Martani

Sebuah aset keuangan yang paling likuid yang dipergunakan untuk kegiatan operasional perusahaan dan membayar kewajiban perusahaan.

 

2. Rudianto

Suatu alat pertukaran yang dimiliki oleh perusahaan dan siap untuk digunakan dalam transaksi perusahaan setiap kali diperlukan.

 

3. Thomas Sumarsan

Salah satu aset lancar yang sifatnya sangat likuid dan dapat digunakan secara langsung untuk keperluan operasional perusahaan.

 

4. Rizal Effendi

Segala sesuatu “baik yang berbentuk uang atau juga bukan” yang dapat digunakan sebagai salah satu alat pembayaran atau alat pelunasan kewajiban.

Beberapa yang termasuk kas yakni rekening giro di bank “cash in bank” dan juga uang kas yang ada diperusahaan “cash on hand”, kas dalam sebauh perusahaan merupakan salah satu harta yang paling lancar, sehingga dalam neraca dapat ditempatkan paling atas dalam kelompok paling atas.

 

5. Munawir

Sejumlah uang tunai yang dapat digunakan untuk bisa membiayai operasi suatu perusahaan, termasuk dalam pengertian kas ialah cek yang telah diterima dari para pelanggan dan simpanan perusahaan di bank dalam suatu bentuk giro atau demand deposit, yaitu sebuah simpanan di bank yang dapat diambil kembali (dengan menggunakan cek atau juga bilyet).

Baca Juga :  √ Kas : Pengertian, Jenis dan Ciri Terlengkap

 

6. Standar Akuntansi Keuangan

Salah satu alat pembayaran yang siap dan bebas digunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan.

 

7. Zaki Baridwan

Suatu alat pertukaran dan digunakan sebagai suatu ukuran dalam akuntansi.

 

8. Theodarus M. Tuanakotta AK.

Kas dan bank meliputi uang tunai dan simpanan-simpanan di bank yang langsung dapat diuangkan pada setiap saat tanpa mengurangi nilai simpanan tersebut.

 

9. Ikatan Akuntansi Indonesia

Sebuah mata uang kertas dan logam baik rupiah maupun valuta asing yang masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

 

10. Gito Sudarmo, dkk.

Sebagai salah satu nilai uang kontan yang ada dalam suatu perusahaan beserta pos-pos lain yang ada dalam jangka waktu dekat dapat diuangkan sebagai salah satu alat pembayaran kebutuhan finansial yang mempunyai sifat cukup tinggi pada tingkat likuiditasnya.

 

11. Thomas Sumarsan

Salah satu aset lancar yang paling likuid, yang berarti dapat digunakan secara langsung untuk keperluan operasional perusahaan.

Kas terdiri dari uang tunai dan saldo rekening koran perusahaan di bank.

 

12. Wikipedia

Suatu uang yang dalam bentuk fisik mata uang, contohnya uang kertas dan koin.

Dalam pembukuan dan keuangan, kas adalah aktiva lancar yang dapat digunakan secara langsung atau segera untuk pembayaran transaksi. Kas dipandang baik sebagai cadangan untuk pembayaran.

 

13. Soemarso

Segala sesuatu (baik yang berbentuk uang atau bukan) yang dapat tersedia dengan cara diterima sebagai alat pelunasan kewajiban pada nilai nominalnya.

 

14. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) NO.2

Kas terdiri dari saldo kas (cash on hand) dan rekening giro.

 

15. Djarwanto

Suatu uang tunai dan alat pembayaran lainnya yang digunakan untuk membiayai operasi perusahaan.

Baca Juga :  √ CV (Persekutuan Komanditer) : Pengertian, Jenis, Ciri, Unsur dan Kelebihan Terlengkap

 

16. Basalamah

Sejumlah uang yang dimiliki oleh perusahaan.

 

17. Mardiasmo

Sejumlah uang tunai baik kertas maupun uang logam, simpanan uang di bank yang setiap saat dapat diambil (simpanan giro),dan bentuk-bentuk alat pembayaran lainnya yang mempunyai sifat seperti mata uang.

 

18. Warfield

Aktiva yang paling likuid, merupakan media pertukaran standar dasar pengukuran serta akuntansi untuk semua pos-pos lainnya. Pada umumnya kas diklasifikasikan sebagai aktiva lancar.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 18 Pengertian Kas Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :