√ 27 Contoh BUMN di Indonesia Terlengkap

Diposting pada

√ 27 Contoh BUMN di Indonesia Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Contoh BUMN. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ 27 Contoh BUMN di Indonesia Terlengkap
√ 27 Contoh BUMN di Indonesia Terlengkap

Pengertian BUMN

BUMN merupakan salah satu badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.

Seluruh entitas BUMN berada di bawah pengawasan dan pengelolaan Kementrian BUMN yang diketuai oleh Menteri BUMN yang ditunjuk oleh presiden.

Contoh BUMN

1. PT Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) Tbk merupakan contoh BUMN di bidang konstruksi transportasi, khususnya perusahaan jalan tol. Tugas utama PT Jasa Marga adalah membangun, menyelenggarakan dan mengelola jalan tol sebagai jalur cepat transportasi.

2. PT Pelabuhan Indonesia I-IV

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau disingkat PT Pelindo merupakan BUMN yang bergerak pada jasa kepelabuhan.

Pelindo bertugas mengelola jasa pelabuhan yang ada di Indonesia. Terdapat 4 perusahaan PT Pelindo dari Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV, masing-masing memiliki wilayah operasi sendiri.

3. PT Pos Indonesia

PT Pos Indonesia (Persero) adalah contoh BUMN yang bergerak di sektor perposan, kurir dan jasa keuangan. Awalnya perusahaan ini berbentuk perusahaan umum (perum) namun kemudian berganti menjadi perseroan terbatas. Terdapat ribuan kantor pos yang dikelola di seluruh wilayah Indonesia.

4. PT PAL Indonesia

PT PAL Indonesia (Persero) merupakan BUMN yang bergerak di insutri galangan kapal. Kantor pusat dari PT PAL Indonesia terletak di Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan utamanya adalah memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu.

5. PT Kimia Farma

PT Kimia Farma (Persero) Tbk adalah jenis BUMN yang telah menjadi perusahaan publik. Kimia Farma bergerak di sektor farmasi. Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan farmasi pertama yang berdiri dalam sejarah Indonesia sampai sekarang.

6. PT Pindad

PT Pindad (Persero) merupakan salah satu contoh BUMN yang lebih berfokus pada bidang pertahanan. Pindad menjadi perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  √ Stock Opname : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Periode dan Prosedure Terlengkap

7. PT Bank Negara Indonesia (BNI)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dikenal sebagai salah satu BUMN di bidang perbankan. Bank BNI dikenal sebagai salah satu bank nasional yang banyak memiliki nasabah. BNI juga menjadi bank komersial tertua yang ada di Indonesia sampai saat ini.

8. PT Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan salah satu jenis BUMN lainnya yang bergerak di bidang keuangan dan perbankan yang dikelola pemerintah. Bank Mandiri dikenal sebagai bank terbesar di Indonesia dilihat dari jumlah aset, pinjaman dan deposit bank.

9. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI juga termasuk bank BUMN berikutnya. Sebagai salah satu bank BUMN, bank BRI juga termasuk salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia yang memiliki jutaan nasabah.

10. PT Bio Farma

PT Bio Farma (Persero) merupakan contoh BUMN yang ada di Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan. Tugas Bio Farma adalah memproduksi vaksin dan antisera. Bio Farma turut berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk Indonesia.

11. PT Dirgantara Indonesia

PT Dirgantara Indonesia (Persero) adalah jenis BUMN yang berfokus di sektor dirgantara dan pertahanan. Dirgantara Indonesia ini menjadi satu-satunya perusahaan pesawat terbang di Asia Tenggara. Dulunya perusahaan ini dikenal dengan nama Industri Pesawat Terbang Nusantara atau IPTN.

12. PT Pertamina

PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu contoh BUMN paling terkenal. Dulunya perusahaan ini dikenal dengan nama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara. Tugas Pertamina adalah untuk mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

13. PT Telekomunikasi Indonesia

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau Telkom merupakan contoh BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi. Telkom bertugas membangun dan meningkatkan layanan jaringan komunikasi telepon nasional di seluruh Indonesia.

14. PT Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia yang berstatus BUMN. Garuda Indonesia menyediakan layanan transportasi penerbangan pesawat baik secara domestik maupun internasional. Garuda Indonesia dikenal sebagai salah satu maskapai penerbangan terbaik di dunia.

15. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)

PT Perusahaan Listrik Negara atau disingkat PLN merupakan salah satu contoh BUMN yang bergerak di bidang energi listrik. Tugas PLN adalah mengurus ketersediaan energi listrik di seluruh Indonesia, mulai dari pengadaan, perbaikan dan penanggulangan.

16. PT Kereta Api Indonesia (KAI)

Baca Juga :  √ Sistem Ekonomi Komando : Pengertian, Ciri, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau disingkat PT KAI adalah salah satu BUMN yang bergerak di bidang transportasi. Tugas utama PT KAI adalah menyelenggarakan jasa angkutan transportasi kereta api secara nasional, baik angkutan barang atau penumpang.

17. PT Adhi Karya

PT Adhi Karya (Persero) Tbk menjadi contoh Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang konstruksi. Adhi Karya telah menjadi perusahaan publik dan didirikan sejak tahun 1960. Fokus utama PT Adhi Karya adalah dalam berbagai proyek pembangunan.

18. PT Wijaya Karya

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau disingkat WIKA menjadi perusahaan BUMN yang telah go public. Perusahaan ini bergerak di bidang konstruksi. Spesialisasi PT WIKA adalah konstruksi sipil, bangunan gedung, mekanikal elektrikal dan bidang konstruksi lainnya.

19. PT Waskita Karya

PT Waskita Karya (Persero) Tbk merupakan jenis BUMN lainnya yang bergerak di bidang konstruksi. BUMN ini juga telah menjadi perusahaan publik. Waskita Karya sering melaksanakan proyek-proyek strategis nasional yang vital dan penting.

20. PT Perusahaan Gas Negara

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau disingkat PGN merupakan contoh BUMN yang khusus bergerak di bidang gas. Tugas dari PT PGN adalah melakukan transmisi dan distribusi gas bumi serta mengolah sumber daya gas negara.

21. PT Angkasa Pura I dan II

PT Angkasa Pura (Persero) merupakan BUMN yang bergerak di sektor transportasi. Tugas Angkasa Pura adalah memberikan pelayanan lalu lintas udara dan bisnis bandar udara di Indonesia.

PT Angkasa Pura I beroperasi di Indonesia bagian tengah dan timur, sedangkan PT Angkasa Pura II beroperasi di Indonesia bagian barat.

22. PT Jasa Raharja

PT Jasa Raharja (Persero) merupakan contoh Badan Usaha Milik Negara di sektor asuransi sosial. Pertama kali didirikan sejak tahun 1961 lalu, perusahaan Jasa Raharja berfokus pada penyediaan layanan asuransi sosial pada masyarakat Indonesia.

23. PT Semen Indonesia

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menjadi contoh BUMN yang populer dan bergerak dalam produksi semen. Dulunya dikenal dengan nama PT Semen Gresik, perusahaan ini menjadi produsen semen terbesar di Indonesia.

Semen Indonesia menjadi BUMN pertama yang go public dan sahamnya dijual bebas. PT Semen Indonesia memiliki 4 anak perusahaan yaitu Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa dan Thang Long Cement Company.

24. PT Pegadaian

PT Pegadaian (Persero) merupakan contoh BUMN dalam sektor jasa keuangan. Pegadaian bergerak bergerak tiga lini bisnis perusahaan yaitu pembiayaan, emas dan aneka jasa. Slogan utama Pegadaian adalah mengatasi masalah tanpa masalah.

Baca Juga :  √ Perusahaan Umum (Perum) : Pengertian, Ciri, Tujuan, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

25. PT Bank Tabungan Negara (BTN)

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN menjadi contoh BUMN lain yang bergerak di bidang perbankan, selain bank BNI, bank BRI dan bank Mandiri. Bank BTN juga menyediakan layanan perbankan dan memiliki jutaan nasabah.

26. PT INALUM (Persero)

Secara de facto, perubahan status Inalum dari PMA menjadi BUMN terjadi pada 1 November 2013 sesuai dengan kesepakatan yang tertulis dalam Perjanjian Induk.

Pemutusan kontrak antara Pemerintah Indonesia dengan Konsorsium Perusahaan asal Jepang berlangsung pada 9 Desember 2013 dan pada akhirnya secara de jure Inalum resmi menjadi BUMN pada 19 Desember 2013.

Setelah Pemerintah Indonesia mengambil alih saham yang dimiliki pihak konsorsium. PT INALUM (Persero) resmi menjadi BUMN ke-141 pada tanggal 21 April 2014 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Indonesia No. 26 Tahun 2014.

27. PT Krakatau Steel Tbk

Saat ini, PT Krakatau Steel (Persero) memiliki kapasitas produksi baja sebesar 3,15 juta ton pertahun (tidak diaudit), memproduksi Baja Lembaran Panas, Baja Lembaran Dingin, dan Baja batang Kawat yang sebagiannya melalui anak usaha, Perseroan juga memproduksi jenis produk baja untuk industri-industri khusus, antara lain Pipa Spiral, Pipa ERW, Baja Tulangan, dan Baja Profil.

Selain memasarkan produk-produknya untuk pelanggan dan konsumen domestik. Perseroan juga memasarkannya ke pasar luar negeri atau ekspor.

Keahlian Perseroan untuk memproduksi baja dengan berkualitas dan memenuhi spesifikasi khusus, termasuk untuk keperluan pertahanan nasional, semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu industri strategis Indonesia.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 27 Contoh BUMN di Indonesia Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

Baca Juga Artikel :

√ BUMN : Pengertian, Fungsi, Ciri, Manfaat, Tujuan dan Jenis Terlengkap

√ Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) : Pengertian, Fungsi, Ciri, Peranan, Tujuan dan Bentuk Terlengkap

√ Pegadaian : Pengertian, Jenis, Fungsi, Sejarah, Peran dan Tujuan Terlengkap

√ Perusahaan : Pengertian, Jenis, Unsur dan Bentuknya Terlengkap