Konsumen Adalah

By Guru Ekonomi #10 contoh konsumen, #10 manfaat mempelajari perilaku konsumen, #3 komponen perilaku konsumen, #9 tipe pelanggan, #analisis perilaku produsen, #apa arti konsumsi, #apa yang dimaksud citra toko, #apa yang dimaksud dengan konsumen dan jenis jenis konsumen, #apa yang dimaksud dengan perdagangan, #apa yang kamu ketahui tentang distributor, #apakah tujuan konsumsi, #apakah yang dimaksud dengan pedagang, #apakah yang dimaksud kegiatan industri barang, #apakah yang dimaksud konsumsi, #artikel Konsumen, #attitude perilaku konsumen, #bagaimanakah bunyi hukum gossen 1, #berikan 5 contoh perilaku konsumen, #Ciri – Ciri Konsumen, #ciri ciri konsumen, #ciri ciri konsumen dalam ekosistem, #ciri ciri pasar konsumen, #ciri-ciri konsumen, #ciri-ciri sikap dalam psikologi, #ciri-ciri sikap menurut para ahli, #contoh analisis perilaku konsumen, #contoh distributor, #contoh kasus pasar konsumen, #contoh konsumen, #contoh konsumen 1, #contoh konsumen dalam ekonomi, #contoh konsumen ekonomi, #contoh perilaku konsumen, #contoh perilaku konsumen bersifat dinamis, #contoh perilaku konsumen brainly, #contoh perilaku konsumen jasa, #contoh teori perilaku konsumen, #dimensi perilaku konsumsi, #Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen, #Fungsi Konsumen, #hak dan kewajiban konsumen, #hak hak dasar konsumen menurut para tokoh, #Hak Konsumen, #jelaskan beberapa strategi promosi, #jelaskan bentuk atau wujud konsumen, #jelaskan ciri-ciri pesaing, #jelaskan jenis-jenis pelanggan, #jelaskan jenis-jenis persaingan, #jelaskan kunci sukses pelayanan prima, #jelaskan macam macam produsen, #jelaskan mengenai pelanggan internal, #jelaskan ruang lingkup perilaku konsumen, #jelaskan tujuan utama promosi, #Jenis - Jenis Konsumen, #jenis jenis konsumen, #jenis jenis konsumen dalam ekosistem, #jenis jenis konsumen pdf, #jenis jenis pelanggan, #jenis jenis perilaku konsumen, #Karakteristik Konsumen, #kegiatan distribusi memiliki tujuan, #keputusan konsumen menurut para ahli, #kerangka analisis perilaku konsumen, #Kewajiban Konsumen, #komponen utama dari sikap, #Konsumen, #konsumen adalah, #konsumen adalah brainly, #konsumen adalah ipa, #konsumen eksternal dan internal, #konsumen industri adalah, #konsumen menurut para ahli, #konsumen rantai makanan adalah, #konsumen yang diarahkan dari dalam diri, #makalah Konsumen, #makalah pasar konsumen, #makalah perilaku konsumen, #manfaat keputusan pembelian, #Manfaat Konsumen, #manfaat mempelajari perilaku konsumen, #materi Konsumen, #model perilaku konsumen, #pasar bisnis, #pasar industri, #pasar pemerintah adalah, #pasar reseller adalah, #pelaku usaha adalah, #pelanggan adalah, #pendekatan perilaku konsumen, #Pengertian Konsumen, #pengertian konsumen brainly, #pengertian konsumen dan produsen, #pengertian konsumen menurut para ahli, #pengertian pelaku usaha, #pengertian pendidikan konsumen, #pengertian pengurai, #pengertian pesaing, #Pengertian Produsen, #Peran Konsumen, #peran konsumen dalam keputusan pembelian, #perilaku konsumen adalah, #perilaku konsumen ilmu ekonomi, #perilaku konsumen jasa pdf, #perilaku konsumen menurut para ahli, #perilaku konsumen pdf, #perilaku konsumen rasional dan irasional, #perilaku produsen, #pesaing adalah, #prinsip dasar perilaku konsumen, #rangkuman teori perilaku konsumen, #ruang lingkup bisnis secara umum, #sebutkan ciri-ciri konsumen dalam usaha, #sebutkan ciri-ciri perilaku konsumen rasional, #sebutkan contoh konsumen di bidang jasa, #sebutkan dan jelaskan 4 jenis persaingan, #sebutkan dan jelaskan empat jenis persaingan, #sebutkan fungsi-fungsi laporan hasil usaha, #sebutkan prinsip dasar perilaku konsumen, #sebutkan tiga jenis golongan pelanggan, #sebutkan tipe - tipe konsumen, #sejarah perilaku konsumen, #sifat perilaku konsumen, #simulasi promosi sebuah produk, #sumber hukum perlindungan konsumen, #Syarat - Syarat Konsumen, #teori perilaku konsumen, #teori perilaku konsumen pdf, #terangkan mengenai motif untuk membeli, #tingkatan persaingan dalam usaha, #tipe konsumen impulsif, #tipe konsumen the decided customer, #Tujuan Konsumen, #tuliskan 5 model pelanggan, #Unsur - Unsur Konsumen, #unsur ruang lingkup konsumen
√ Konsumen : Pengertian, Ciri, Peran, Jenis, Hak dan Kewajiiban Terlengkap
√ Konsumen : Pengertian, Ciri, Peran, Jenis, Hak dan Kewajiiban Terlengkap

Sarjana Ekonomi – Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Konsumen. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Konsumen : Pengertian, Ciri, Peran, Jenis, Hak dan Kewajiiban Terlengkap


Pengertian Konsumen

Konsumen merupakan salah satu pihak yang menggunakan barang atau jasa yang ada di masyarakat, baik untuk kepentingan pribadi, orang lain, dan mahluk hidup lainnya dan tidak untuk dijual kembali.

Istilah “konsumen” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “consumer” yang artinya adalah setiap orang yang menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk (barang atau jasa).


Pengertian Konsumen Menurut Para Ahli

1. Sri Handayani

Konsumen yaitu seseorang atau suatu organisasi yang membeli dan menggunakan sejumlah barang atau jasa dari pihak produsen.


2. Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Pasal 1 ayat 2 tentang Perlindungan Konsumen

Konsumen yakni setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia di masyarakat, baik bagi kebutuhan diri sendiri, keluarga, orang lain, atau mahluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.


3. Philip Kotler

Konsumen ialah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi secara pribadi.


4. Dewi

Konsumen merupakan seseorang yang menggunakan suatu produk baik barang atau jasa yang telah dipasarkan oleh pihak produsen.


5. Aziz Nasution

Konsumen adalah setiap individu dan rumah tangga yang mendapatkan barang atau jasa untuk digunakan dengan tujuan tertentu.


Ciri-Ciri Konsumen

  • Konsumen membeli dan menggunakan barang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Barang yang dipilih memberikan kegunaan optimal bagi dirinya.
  • Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin.
  • Konsumen membeli barang yang harganya sesuai.

Peran Konsumen

  • Sebagai pengguna dari barang atau jasa yang telah dihasilkan oleh pihak produsen.
  • Sebagai motivator bagi suatu perusahaan. Karena semakin banyak barang atau jasa yang digunakan konsumen, maka motivasi produsen dalam memproduksi barang atau jasa akan semakin tinggi.
  • Untuk dapat menciptakan peningkatan pendapatan nasional suatu negara.

Hak Konsumen

  • Konsumen memiliki hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam penggunaan barang maupun jasa.
  • Konsumen berhak untuk memilih barang atau jasa serta mendapatkan barang atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
  • Konsumen berhak untuk mendapatkan informasi yang benar, jelas, dan jujur tentang kondisi dan jaminan barang atau jasa yang dibeli.
  • Konsumen berhak untuk didengar pendapat dan keluhannya terkait barang atau jasa yang dipakai.
  • Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut.
  • Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan pembinaan dan pendidikan konsumen.
  • Konsumen berhak untuk mendapatkan perlakukan dan pelayanan yang benar dan jujur serta tidak diskriminatif.
  • Konsumen berhak mendapatkan kompensasi, ganti rugi, atau penggantian, jika barang atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan semestinya.
  • Hak-hak yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan lainnya.

Kewajiban Konsumen

  • Konsumen wajib membaca dan mengikuti petunjuk informasi maupun prosedur penggunaan atau pemanfaatan barang atau jasa, demi keamanan dan keselamatan.
  • Konsumen harus memiliki itikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang atau jasa.
  • Konsumen wajib membayar pembelian barang atau jasa sesuai dengan nilai tukar yang disepakati.
  • Konsumen wajib mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut.

Syarat-Syarat Konsumen

  • Pengguna barang atau jasa, baik cara mendapatkannya dengan pembelian maupun gratis.
  • Pemakaian barang atau jasa untuk kepentingan sendiri, orang lain atau mahluk hidup lainnya.
  • Tidak diperdagangkan kembali.

Jenis-Jenis Konsumen

1. Konsumen Perorangan (Personal Consumer)

Konsumen perorangan (personal consumer) ialah salah satu jenis konsumen yang membeli atau memakai suatu produk (barang atau jasa) untuk keperluan diri sendiri.

Personal consumer sering juga disebut dengan istilah end user. Contoh konsumen akhir, individu, keluarga.


2. Konsumen Organisasi (Organizational Consumer)

Pengertian konsumen organisasi (organizational consumer) yaitu suatu konsumen yang membeli atau memakai suatu produk (barang atau jasa) untuk keperluan operasional organisasi tersebut.

Misalnya perusahaan yang membeli bahan baku atau keperluan lain agar perusahaan dapat beroperasi. Contoh konsumen organisasi atau konsumen antara ialah distributor, agen, pengecer.


Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

1. Faktor Kebutuhan

Faktor ini berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam membeli suatu barang adalah kebutuhan.

Ia akan membeli apa yang memang sedang dibutuhkan, terlepas itu kebutuhan primer (rutin) maupun kebutuhan tak terduga.


2. Faktor Lingkungan

Lingkungan juga akan cukup berpengaruh karena tidak sedikit seseorang akan mengubah gaya hidup dan kebutuhannya akibat terpengaruh oleh lingkungan atau tempat ia berada.


3. Faktor Kualitas Produk

Tidak sedikit juga para konsumen yang memutuskan membeli suatu barang karena memang tergiur oleh kualitas produk yang ditawarkan.

Sehingga ketika ia tertarik dengan suatu barang yang menurutnya berkualitas, ia tak akan ragu untuk membelinya.


4. Faktor Harga

Harga menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan cukup penting. Karena umumnya harga menjadi patokan terpenting dan cukup berpengaruh bagi konsumen ketika akan membeli sesuatu.


5. Faktor Promosi

Promosi atau iklan tidak akan bisa dipungkiri juga mampu menghipnotis konsumen.

Tak heran jika banyak produk yang berusaha memaksimalkan promosi demi mendapatkan atau menjaring banyak konsumen.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Konsumen : Pengertian, Ciri, Peran, Hak, Kewajiban, Syarat, Faktor, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */