√ Lembaga Keuangan : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Peranannya Terlengkap

Diposting pada

√ Lembaga Keuangan : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Peranannya TerlengkapHai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Lembaga Keuangan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Lembaga Keuangan : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Peranannya Terlengkap
√ Lembaga Keuangan : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Peranannya Terlengkap

 

Pengertian Lembaga Keuangan

 

Lembaga Keuangan merupakan salah satu institusi atau badan usaha yang bergerak di bidang jasa keuangan yang menghimpun aset dalam bentuk dana dari masyarakat lalu menyalurkan dana tersebut untuk pendanaan kegiatan ekonomi dan proyek pembangunan dengan mendapatkan keuntungan dalam bentuk bunga dengan persentase tertentu dari dana yang disalurkan tersebut.

 

 

Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli

 

1. Dahlan Siamat

Lembaga Keuangan ialah suatu lembaga usaha yang aset tersebut dalam berupa aset finansial dibanding aset non-finansial atau konkret.

 

2. Ahmad Rodoni

Lembaga Keuangan merupakan salah satu lembaga usaha dimana aset berupa aset finansial dan aset non-finansial.

 

3. Pasal 1 UU no.14 tahun 1967

Lembaga Keuangan yaitu sebuah lembaga yang aktivitasnya memikat hasil-hasil dana dari klien atau penabung yang lalu disalurkan kembali pada masyarakat.

 

4. Kasmir

Lembaga Keuangan yakni segala lembaga setiap perusahaan yang berjalan dibidang aset dimana aktivitas yang dijalankan dapat hanya menggabungkan dana saja ataupun hanya memanifestasikan ataupun mungkin dapat semuanya.

 

5. SK Menkeu RI no. 792 Th 1990

Lembaga Keungan adalah semua badan usaha yang bergerak di bidang keuangan yang mana kegiatan menghimpun dana serta menyalurkan dana kepada masyarakat, terutama untuk pembiayaan investasi pembangunan.

 

 

Tujuan Lembaga Keuangan

  • Bank menghimpun dana dari masyarakat dengan mengeluarkan dokumen berharga sehingga dana masyarakat tersebut akan lebih aman.
  • Bank tersebut menyalurkan kembali dana yang terhimpun itu untuk digunakan didalam pembiayaan pada bidang-bidang ekonomi serta pembangunan.
  • Bank memberikan bantuan modal didalam bentuk kredit kepada masyarakat atau juga perusahaan untuk modal usaha.
  • Pegadaian memberikan pinjaman kepada nasabah dengan jaminan barang atau juga surat berharga.
  • Koperasi ini memberikan jasa simpan-pinjam bagi para anggotanya supaya penggunaan uang itu lebih produktif serta anggotanya terbebas dari rentenir.

 

 

Manfaat Lembaga Keuangan

  • Perusahaan Pegadaian untuk memberikan peminjaman kepada yang memerlukan dana
  • Untuk memberikan jaminan suatu risiko yang mungkin terjadi yang sesuai dengan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
  • Untuk memberikan suatu kesejahteraan kepada karyawan perusahaan yang terutama yang telah pensiun
  • Untuk memberikan suatu pinjaman kepada masyarakat dalam hal pendanaan suatu kegiatan konsumsinya.
  • Untuk memberikan suatu manfaat kepada semua anggota dalam hal kebersamaan dan sisa hasil usaha.

 

 

Peranan Lembaga Keuangan

 

1. Assets Transmutation

Assets transmutation atau dalam bahasa Indonesia nya adalah pengalihan aset adalah satu dari beberapa peranan lembaga keuangan.

Lembaga keuangan pastinya mempunyai suatu aset dalam bentuk pinjaman kepada pihak lain yang ditetapkan pada jangka waktu tertentu.

Dana yang dipakai untuk pembiayaan tersebut didapatkan dari tabungan masyarakat yang menyimpan dananya pada lembaga keuangan.

 

2. Liquidity

Liquidity atau likuiditas merupakan sesuatu yang berhubugan dekat dengan kemapuan mendapatkan uang tunai ketika diperlukan.

 

3. Income Reallocation

Peran penting selanjutnya dari lembaga kuangan yaitu income reallocation atau realokasi pendapatan. Dari peranan ini lembaga keuangan merupakan sebuah tempat realokasi pendapatan untuk mempersiapkan suatu masa depan yang akan datang.

 

4. Transaction

Suatu lembaga keuangan juga memiliki peran dalam penyediaan jasa dalam memudahkan suatu transaksi keuangan.

 

 

Fungsi Lembaga Keuangan

  • Memperlancar pertukaran produk (barang dan jasa) dengan menggunakan uang dan instrumen kredit
  • Menghimpun dana yang berasal dari masyarakat dalam bentuk simpanan kemudian menyalurkannya ke masyarakat berupa pinjaman. Atau dengan bahasa lain. Lembaga keuangan menghimpun dana dari pihak yang memiliki dana lebih dan menyalurkannya ke pihak yang kekurangan dana.
  • Memberikan pengetahuan dan informasi, yaitu:
  • Lembaga keuangan menjalankan suatu tugas sebagai pihak yang ahli didalam menganalisis ekonomi dan kredit untuk suatu keperluan sendiri dan keperluan lain (nasabah)
  • Lembaga keuangan wajib unyuk melakukan penyebaran informasi dan aktivitas yang bermanfaat dan memberikan keuntungan bagi nasabahnya.
  • Memberikan jaminan. Lembaga keuangan dapat memberikan suatu jaminan hukum dan moral tentang keamanan dana masyarakat yang memperoleh kepercayaan terhadap lembaga keuangan tersebut.
  • Menciptakan dan Memberikan Likuiditas. Lembaga keuangan dapat memberikan suatu keyakinan pada nasabahnya bahwa dana yang disimpan akan dikembalikan pada waktu diperlukan atua ketika waktu jatuh tempo.

 

 

Jenis – Jenis Lembaga Keuangan

 

1. Lembaga Keuangan Bank

Lembaga keuangan Bank ialah suatu lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote.

Lembaga keuangan Bank terdiri dari Bank Sentral, Bank Umum, Bank Perkreditan. Bank Sentral memiliki peranan penting untuk menjaga kestabilan perekonomian masyarakat, bank ini dikendalikan oleh Bank Indonesia (BI).

Bank umum berfungsi untuk memberikan layanan jasa keuangan dan lalu lintas pembayaran. Sedangkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan badan usaha yang menerima simpanan berbentuk depopsito berjangka.

 

2. Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga Keuangan Bukan Bank yakni salah satu lembaga keuangan yang memberikan berbagai jasa keuangan dan menarik dana dari masyarakat secara tidak langsung (non depository).

Beberapa jenis lembaga keuangan non bank diantaranya adalah perusahaan asuransi, perusahaan leasing, perusahaan dana pensiun, reksadana, bursa efek, pegadaian, perusahaan modal ventura, dan lain sebagainya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Lembaga Keuangan : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Peranannya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ 17 Ciri - Ciri Lembaga Keuangan Bank Terlengkap

Baca Juga :  √ 14 Pengertian Ergonomi Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Keuangan Bukan Bank : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Macam Terlengkap

Baca Juga :  √ Dokumentasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Contoh, Jenis dan Tugas Terlengkap